Panduan Konseling Kelompok Teknik Self-Instruction untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri dan Sikap Asertif Santri Korban Bullying

Nurul Athifah, Muslihati Muslihati, Diniy Hidayatur Rahman

Abstract

Abstract: This development study aims to produce a collective self-education guide for counselors that is both interesting and easy to understand. Group counseling guidelines are used according to the evolution of Borg and Gall. The steps involved in developmental research up to the seventh level are as per requirements and are in the product review phase after materials expert testing, media expert testing, and product user candidate (consultant) testing at Izzat Batu Secondary School. school. Research and development results show that a group counseling guide to self-educational techniques scores from guidance and counseling experts with an agreement model among raters showing very high standards of 1 from media experts as 1 and from potential users (advisers) as 1. Based on the assessment of experts that the counseling guide for self  instruction is very feasible to use.


Abstrak: Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah produk panduan konseling kelompok teknik self-instruction untuk konselor yang menarik dan mudah dipahami. Panduan konseling kelompok tersebut digunakan sesuai dengan pengembangan Borg and Gall. Langkah-langkah yang digunakan dalam penelitian pengembangan sampai pada tahap ke tujuh sesuai dengan kebutuhan yaitu pada tahap revisi produk setelah dilakukan uji ahli materi, uji ahli media, dan uji calon pengguna produk (konselor) di SMP Al-Izzah Batu. Analisis data menggunakan inter-rater agreement. Hasil penilaian uji ahli dan pengguna secara keseluruhan menunjukkan bahwa indeks validasi yang sangat tinggi. Hal ini menunjukkan bahwa panduan konseling kelompok teknik self-instruction ini sangat tepat, berguna, mudah dan menarik untuk meningkatkan kepercayaan diri dan sikap asertif santri korban bullying

References

Bagas David, P. (2013). Keefektifan teknik self instruction untuk menurunkan kecemasan menghadapi ujian siswa kelas VII sekolah menengah pertama. Universitas Negeri Malang.
Borg, W. R., & Gall, M. D. (2003). Educational Research An Introduction (7th Edition) by Meredith D. Gall, Walter R. Borg, Joyce P. Gall (z-lib.org).pdf (p. 683).
Cormier, S., Nurius, P. S., & Osborn, C. J. (2009). Interviewing and change strategies for helpers: Fundamental skills and cognitive-behavioral interventions, Instructor’s ed., 6th ed. In Interviewing and change strategies for helpers: Fundamental skills and cognitive-behavioral interventions, Instructor’s ed., 6th ed. (pp. xiii, 622–xiii, 622). Brooks/Cole.
Fiorentika, K., Santoso, D., & Simon, I. (2016). Keefektifan Teknik Self-Instruction Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa Smp. Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling, 1(3), 104–111.
Fitriani, E. (2019). Peranan Layanan Bimbingan Kelompok dalam Mengendalikan Emosi dan Etika Komunikasi Siswa SMP Swasta Silinda. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Terpadu (JPPT), 1(2), 93–105.
Geldard, K. (2011). Pustaka Pelajar. Pustaka Pelajar.
Gregory, R. J. (2011). Psychological Testing: History, Principle and Aplication (6th ed). Allyn and Boston.
Habiba, A. (2013). Penerapan teknik self instruction untuk meningkatkan kepercayaan diri ketika pelajaran retell story pada siswa kelas VIII SMPN 5 Cepu. Jurnal BK Unesa, 3(1), 170–189.
Hurlock, E. (2014). Perkembangan Anak Edisi Keenam Jilid I. Jakarta. In Penerbit Erlangga.
Kemdikbud. (2016). Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan Dan Konseling Sekolah Menengah Pertama (SMP).
Kohlberg, L. (1995). Tahap-tahap Perkembangan Moral, diterjemahkan oleh Drs. John de Santo dan Drs. Agus Cremers SVD. Kanisius.
Lauster, P. (2008). Tes Kepribadian. Bumi Aksara.
Lindenfield, Gael; Yuwono, L. (1997). Confident children : a parent’s guide to helping children feel good about themselves. Arcan.
Nawantara, R. D., Arofah, L., & Setyaputri, N. Y. (2019). Penggunaan Panduan Teknik Self Instruction Sebagai Media Untuk Meningkatkan Disiplin Diri Siswa SMA. Nusantara of Research, 6(02), 88-94.
Papalia, D. E., Feldman, R. D; dan Martorell, G. (2015). Menyelami Perkembangan Manusia. Edisi 12 buku 2. Salemba Humanika.
Piaget, J. (2013). Child’s Conception of Space: Selected Works (4th ed.). Routledge.
Purnaminingtyas, K., & Winingsih, E. V. I. (2020). Penerapan Konseling Kelompok Self-Management terhadap Rendahnya Perilaku Sopan Santun Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Papar. Jurnal BK UNESA, 11(4).
Rofiq, A. A., Rahmawati, P., & Hidayah, N. (2020). Multicultural Counseling Based on The Book of Lontar Yusuf in Indonesia. Humanities & Social Sciences Reviews, 8(1), 197–201.
Santrock, J. W. (2017). Life-Span Development (13th ed.). McGraw-Hill.
Saputra, T. A. (2020). Jurnal Bimbingan dan Konseling. Bentuk Kecemasan Dan Resiliensi Mahasiswa Pascasarjana Aceh-Yogyakarta Dalam Menghadapi Pandemi Covid-19, 6(1), 55–61.
Setiyowati, A. J., Flurentin, E., Santoso, D. B., & Mappiare, A. (2019). Peningkatan Kemampuan Konselor untuk Memfasilitasi Perkembangan Moral Siswa SMP dengan Menggunakan Media Komik Moral. Abdimas Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3), 177–186.
Siradjuddin, H. K. (2017). Implementasi Prototype Aplikasi E-Konseling Untuk Menunjang Pelayanan Konseling Berbasis Jejaring Sosial. IJIS - Indonesian Journal On Information System, 2(2), 48–56.
Slavin, R. . . (2008). Psikologi Pendidikan: Teori dan Praktik. Indeks.
Sugiarto, E. (2009). How Confident Are You? Masmedia Buana Pustaka.
Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Alfabeta.
Wijayanti, W. A., & Nusantoro, E. (2022). Hubungan antara Kepercayaan Diri dengan Perilaku Asertif dalam Menyampaikan Pendapat di Kelas pada Siswa SMPN 21 Semarang. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 11(1), 17-24.
Zen, E. F., Muslihati, M., Hidayaturrahman, D., & Multisari, W. (2020). Pelatihan Perilaku Respek, Empati dan Asertif Melalui Metode Role Play untuk Mencegah Bullying Di Sekolah Menengah Pertama. Abdimas Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 40.

Authors

Nurul Athifah
nurulathifah.na@gmail.com (Primary Contact)
Muslihati Muslihati
Diniy Hidayatur Rahman
Athifah, N., Muslihati, M., & Rahman, D. H. (2023). Panduan Konseling Kelompok Teknik Self-Instruction untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri dan Sikap Asertif Santri Korban Bullying. Buletin Konseling Inovatif, 3(3), 237–246. Retrieved from http://journal-fip.um.ac.id/index.php/buseli/article/view/157

Article Details