Penerapan Teknik Token Ekonomi untuk Mengurangi Prokrastinasi Akademik: Sebuah Studi Meta-Analisis

Henny Indreswari, Shabrina Muyassirotul 'Aliyah

Abstract

Abstract: The habit of academic procrastination can occur when students have poor time management in studying and completing assignments. One technique school counselors can use to overcome this procrastination behavior is the token economy technique. Several previous studies have proven the effectiveness of this technique in reducing academic procrastination behavior. This research further evaluates the effectiveness of the token economy technique in reducing academic procrastination behavior in students. The method used in this research is meta-analysis, where data is taken from previous articles using coding worksheets as a research instrument. Data analysis was performed using the paired sample T-test and effect size calculations using Cohen's d formula. The results of the Paired Samples Test obtained a significance value of 0.048 less than 0.05, indicating that token economy techniques can be used to reduce academic procrastination behavior in students. Even so, the results of the effect size test using Cohen's d formula obtained a value of 0.43 which is included in the small category. Thus it can be concluded that the use of economic token techniques has a negligible effect on reducing academic procrastination behavior in students.


Abstrak: Kebiasaan prokrastinasi akademik dapat terjadi ketika peserta didik memiliki manajemen waktu yang buruk dalam belajar dan menyelesaikan tugas. Salah satu teknik yang dapat digunakan oleh konselor untuk mengatasi perilaku prokrastinasi ini adalah dengan teknik token ekonomi. Beberapa penelitian sebelumnya telah membuktikan efektivitas teknik ini dalam menurunkan perilaku prokrastinasi akademik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi lebih lanjut efektivitas teknik token ekonomi dalam menurunkan perilaku prokrastinasi akademik pada peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah meta-analisis, di mana data diambil dari artikel-artikel terdahulu menggunakan lembar kerja coding sebagai instrumen penelitian. Analisis data dilakukan menggunakan uji paired sample T test dan perhitungan effect size dengan rumus Cohen's d. Hasil uji Paired Samples Test diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,048 kurang dari 0,05, menunjukkan bahwa teknik token ekonomi dapat digunakan untuk menurunkan perilaku prokrastinasi akademik pada peserta didik. Meski begitu, hasil pengujian effect size menggunakan rumus Cohen’s d diperoleh nilai sebesar 0,43 yang mana termasuk dalam kategori kecil. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan teknik token ekonomi memberikan pengaruh yang kecil terhadap penurunan perilaku prokrastinasi akademik pada peserta didik.

References

Anggraini, W. (2017). Token Ekonomi Sebagai Upaya Mereduksi Prokrastinasi Akademik. Seminar Nasional Bimbingan Konseling FIP-UPGRIS.
Anggraini, W., I Wayan, D., & Rita, S. (2016). Keefektifan Teknik Token Ekonomi Untuk Meningkatkan Keterlibatan Akademik Dalam Mereduksi Prokrastinasi Akademik Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Kota Bengkulu. Universitas Bengkulu.
Anisa, & Ernawati. (2018). Pengaruh Prokrastinasi Akademik Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa SMA Negeri di Kota Makassar. Jurnal Biotek, 6(2).
Cohen, J. (1988). Stafisfical Power Analysis for the Behavioral Sciences (2nd edn.). Hillsdale. NJ: Erlbaum.
Fitri, A. S. (2020). Penerapan Teknik Token Economy untuk Mengurangi Prokrastinasi Akademik Siswa di SMK Negeri 6 Bulukumba. Universitas Negeri Makasar.
Khuzaimah, K. (2017). Efektivitas Penggunaan Teknik Token Ekonomi Terhadap Perilaku Prokrastinasi Akademik Mahasiswa Program Studi Psikologi FKIK Universitas Jambi. Psycho Idea, 15(1), 32. doi: 10.30595/psychoidea.v15i1.2238
Laia, B., Zagoto, S. F. L., Fau, Y. T. V., Duha, A., Telaumbanua, K., Ziraluo, M., … Fai, S. (2022). Prokrastinasi Akademik Siswa SMA Negeri di Kabupaten Nias Selatan. Jurnal Ilmiah Aquinas, 162–168.
Marsilia, & Mahmudi, I. (2015). Perubahan Perilaku Prokrastinasi Akademik Melalui Konseling Kelompok Dengan Teknik Token Ekonomi Pada Siswa Kelas X TP SMK Negeri I Wonoasri Kabupaten Madiun. Counsellia: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 40–57.
Mirnawati. (2020). Modifikasi Perilaku Anak Berkebutuhan Khusus Melalui Teknik Reinforcement, Exstinction, Punishment, Shaping, Prompting, Token Ekonomi, dan Managemen Diri. Sukoharjo: CV Oase Pustaka.
Mujiyati. (2015). Mereduksi Prokrastinasi Akademik Mahasiswa Melalui Teknik Token Economy. Jurnal Fokus Konseling, 1(2), 142–150.
Muyana, S. (2018). Prokrastinasi Akademik dikalangan Mahasiswa Program Studi Bimbingan Dan Konseling. Counsellia: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 8(1), 45–52.
Nurjannah. (2017). Pengaruh Teknik Token Ekonomi terhadap Perilaku Prokrastinasi Akademik Siswa Kelas IX SMP Negeri 8 Tarakan Tahun Pelajaran 2017/2018. Universitas Borneo Tarakan.
Retnawati, H., Apino, E., Kartianom, Djidu, H., & Anazifa, R. D. (2018). Pengantar Analisis Meta. Yogyakarta: Parama Publishing.
Sarafino, E. P. (2012). Applied Behavior Analysis. Principles and Procedures of Modifying Behavior. USA: John Wiley & Sons, Inc. doi: 10.1016/S0140-6736(06)69007-7
Sari, N. Y. (2020). Perilaku Prokrastinasi Akademik Pada Siswa Kelas VII di SMP Negeri 10 Palembang. Sriwijaya University.
Sidiq, M. S., Mulawarman, M., & Awalya, A. (2020). The Effectiveness of Behavioral Counseling With Token Economy and Behavior Contract Techniques to Reduce Academic Procrastination. Jurnal Bimbingan Konseling, 9(2), 76–84.
Soben, G., Solang, D. J., & Narosaputra, D. A. N. (2021). Pengaruh Dukungan Sosial Teman Sebaya Terhadap Prokrastinasi Akademik Mahasiswa Program Studi Psikologi UNIMA. PSIKOPEDIA, 2(3).
Sunarya, P. A., Ladjamudin, A.-B. bin, & Dewanto, I. J. (2017). Hubungan antara Manajemen Waktu dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Program Studi DIII Komputerisasi Akuntansi Amik Raharja Informatika. Cyberpreneurship Innovative and Creative Exact and Social Science, 3(2), 115–121.
Yunanto, A. R. (2020). Pengaruh Layanan Konseling Kelompok Dengan Teknik Token Economy Untuk Mereduksi Perilaku Siswa Berprokrastinasi Akademik Tinggi (Penelitian pada Siswa Kelas VII SMP Persatuan Mertoyudan). Universitas Muhammadiyah Magelang.
Yunanto, A. R., Tawil, & Putro, H. E. (2021). Konseling Kelompok Teknik Token Economy untuk Mereduksi Prokrastinasi Akademik Siswa. Borobudur Counselling Review, 1(1), 1–11.
Zega, Y. X. G. H., & Kurniawati, G. E. (2022). Pentingnya Manajemen Waktu Bagi Mahasiswa Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar di Sekolah Tinggi Teologi Duta Panisal Jember. Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 4(1).

Authors

Henny Indreswari
henny.indreswari.fip@um.ac.id (Primary Contact)
Shabrina Muyassirotul 'Aliyah
Indreswari, H., & ’Aliyah, S. M. (2023). Penerapan Teknik Token Ekonomi untuk Mengurangi Prokrastinasi Akademik: Sebuah Studi Meta-Analisis. Buletin Konseling Inovatif, 3(1), 45–52. https://doi.org/10.17977/um059v3i12023p45-52

Article Details