Pengembangan Konten Multimedia Berbasis Case Method pada Sistem Pengelolaan Pembelajaran (SIPEJAR) Mata Kuliah Konseling Humanistik

Rizka Apriani, M. Ramli, Henny Indreswari, Hengki Tri Hidayatullah, Salsabila Yuli Adys Hermawan

Abstract

Abstract: Guidance and counseling students as prospective counselors are required to have professional competence, especially in the process of counseling services. Humanistic counseling is one of the courses that must be mastered by students. This study aims to develop multi-media SIPEJAR content based on the case method for humanistic counseling courses. This research adapts the Research and Development model with stages of analysis, design, development, implementation, and evaluation. The instrument uses an accessibility rating scale to measure the acceptability of the prototype. The data uses percentage descriptive techniques and qualitative data to be obtained from criticism and suggestions. There are six types of media that are constructed into multimedia such as 1) motion graphics; 2) infographics; 3) presentation slides; 4) twelve handouts/handbooks; 5) audio; and 6) explainer videos. The results of the test assessment of media experts, materials, and prospective users showed a high score. It can be concluded that the case-method-based multimedia content for humanistic counseling courses developed meets accessibility including accuracy, usefulness, ease, and attractiveness and meets the criteria of being very accurate, very useful, very easy, and very interesting so that humanistic counseling learning can be implemented.


Abstrak: Mahasiswa bimbingan dan konseling sebagai calon konselor diharuskan memiliki kompetensi professional khususnya dalam proses layanan konseling. Konseling humanistik adalah salah satu mata kuliah yang harus dikuasi oleh mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan konten multimediea sipejar berbasis case method untuk mata kuliah konseling humanistik. Penelitian ini mengadaptasi model Research and Development dengan tahapan analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Instrumen mengunakan skala penilaian aksebilitas untuk mengukur dari keberterimaan prototipe. Data menggunakan teknik deskriptif persentase dan data kualitatif agar didapatkan dari kritik dan saran. Terdapat enam jenis media yang di konstruk menjadi multimedia seperti 1) motiongraphic; 2) infografis; 3) slide presentasi; 4) belas hand out/ hand book; 5) audio; dan 6) video explainer. Hasil penilaian uji ahli media, materi dan calon pengguna menunjukkan skor yang tinggi. Dapat disimpulkan konten multimedia sipejar berbasis case method untuk matakuliah konseling humanistik yang dikembangkan memenuhi aksebilitas meliputi ketepatan, kegunaan, kemudahan, dan kemenarikan dan memenuhi kriteria sangat akurat, sangat berguna, sangat mudah dan sangat menarik, sehingga dapat diimplementasikan pembelajaran konseling humanistik.

References

Alfiansyah, F., & Sitio, S. L. M. (2022). Implementasi Metode Multimedia Development Life Cycle (Mdlc) Pada Aplikasi Edukasi Interaktif Pengenalan Mental Health Kepada Masyarakat Berbasis Mobile. LOGIC: Jurnal Ilmu Komputer Dan Pendidikan, 1(1), 6–16. Retrieved from https://journal.mediapublikasi.id/index.php/logic
Angela, A., Tjun, L. T., Indrawan, S., & Krismawan, R. (2017). Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Berbasis Kasus Terhadap Efektivitas Pembelajaran Mahasiswa Akuntansi Universitas Kristen Maranatha. Jurnal Akuntansi Maranatha, 9(2), 104–113. doi: 10.28932/jam.v9i2.470
Ariyani, B., & Kristin, F. (2021). Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa SD. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(3), 353. doi: 10.23887/jipp.v5i3.36230
Cook, D. A., & Dupras, D. M. (2004). A practical guide to developing effective web-based learning. Journal of General Internal Medicine, 19(6), 698–707. doi: 10.1111/j.1525-1497.2004.30029.x
Dolasinski, M. J., & Reynolds, J. (2020). Microlearning: A New Learning Model. Journal of Hospitality & Tourism Research, 44(3), 551–561. doi: 10.1177/1096348020901579
Fitria, T. N. (2022). Microlearning in Teaching and Learning Process: A Review. CENDEKIA: Jurnal Ilmu Sosial, Bahasa Dan Pendidikan, 2(4), 114–135. doi: 10.55606/cendikia.v2i4.473
Garshasbi, S., Yecies, B., & Shen, J. (2021). Microlearning and computer-supported collaborative learning: An agenda towards a comprehensive online learning system. STEM Education, 1(4), 225–255. doi: 10.3934/steme.2021016
Hasri, S. A., Fitria, Y., Zen, Z., & Erita, Y. (2023). Keefektifan Penggunaan Multimedia Interaktif untuk Meningkatkan Hasil Belajar di Sekolah Dasar. Innovative: Journal Of Social Science Research 3(2), 4593–4599. doi: 10.31004/innovative.v3i2.823
Hikmah, A. S., & Hayudinna, H. G. (2022). Efektivitas Penggunaan Media Infografis Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Ipa. Dirasatul Ibtidaiyah, 2(2), 181–195. doi: 10.24952/ibtidaiyah.v2i2.5548
Ibrahim, I. (2023). Pengaruh Penerapan Metode Studi Kasus Dalam Efektifitas Pembelajaran. SOCIAL: Jurnal Inovasi Pendidikan IPS, 3(1), 1–10. doi: 10.51878/social.v3i1.2169
Jafnihirda, L., Suparmi, S., Ambiyar, A., Rizal, F., & Pratiwi, K. E. (2023). Efektivitas Perancangan Media Pembelajaran Interaktif E-Modul. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(1), 227–239. doi: 10.31004/innovative.v3i1.2734
Lee, Y.-M., Jahnke, I., & Austin, L. (2021). Mobile microlearning design and effects on learning efficacy and learner experience. Educational Technology Research and Development, 69(2), 885–915. doi: 10.1007/s11423-020-09931-w
Mohammed, G. S., Wakil, K., & Nawroly, S. S. (2018). The Effectiveness of Microlearning to Improve Students’ Learning Ability. International Journal of Educational Research Review, 3, 32–38. Retrieved from https://api.semanticscholar.org/CorpusID:73677653
Monica, S. Z., & Muryanti, E. (2023). Efektivitas Media Power Point Interaktif dalam Pengenalan Kosakata Bahasa Inggris Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak Negeri Pembina Kota Pariaman. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 4657–4664. doi: 10.31004/jptam.v7i1.5972
Nettana, A. B., Rumahlatu, D., & Talakua, M. (2023). Uji Efektivitas Penggunaan Media Audio Visual Dalam Pembelajaran Daring Menggunakan Platform Google Classroom. Sistem-Among: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 3(2), 56–65. doi: 10.56393/sistemamong.v3i2.494
Nurazizah, W. E., Purnamasari, A. Y., Supriatno, B., & Riandi. (2023). Inovasi Model Problem Based Learning (PBL) Menggunakan Microsoft Teams Berbantu Fishbone Diagram. Jurnal Ilimiah Wahana Pendidikan, 9(15), 654-671. doi: 10.5281/zenodo.8218325
Nurismawan, A. S., Purwoko, B., & Wiryosutomo, H. W. (2022). Supervisi Bimbingan Dan Konseling Di Indonesia: Problematika Dan Alternatif Solusi. Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia, 8(3), 9. doi: 10.31602/jmbkan.v8i3.7242
Putri, R. A. M., Anwar, Z., & Purmadi, A. (2023). Pengaruh Penggunaan Explainer Video Terhadap Motivasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas X UPW. Jurnal Penelitian, Pengembangan Pembelajaran Dan Teknologi (JP3T), 1(2), 82–86. doi: 10.61116/jp3t.v1i2.113
Rahadi, I. N., Darwan, D., & Handoko, H. (2020). The Use of Learning Media Motion Graphics Towards Students Mathematical Understanding. ITEJ (Information Technology Engineering Journals), 5(2), 97–104. doi: 10.24235/itej.v5i2.45
Rosidah, C. T., & Pramulia, P. (2021). Team Based Project dan Case Method Sebagai Strategi Pengembangan Keterampilan Mengembangkan Pembelajaran Mahasiswa. MENDIDIK: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pengajaran, 7(2), 245–251. doi: 10.30653/003.202172.196
Saputra, A. B. (2018). Pembuatan Motion Graphic Sebagai Media Promosi Untuk Proyek Datsun Sigap. KOPERTIP : Jurnal Ilmiah Manajemen Informatika Dan Komputer, 2(2), 84–97. doi: 10.32485/kopertip.v2i2.51
Saputri, K. W., & Jumino. (2023). Efektivitas Infografis sebagai Media Penyebaran Informasi Bidang Perpustakaan pada Akun Instagram @ literatif.id. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 12(1), 64–76.
Setiawan, M. A. (2018). Pendekatan-Pendekatan Konseling (Teori Dan Aplikasi). Deepublish.
Srinivasan, M., Wilkes, M., Stevenson, F., Nguyen, T., & Slavin, S. (2007). Comparing problem-based learning with case-based learning: effects of a major curricular shift at two institutions. Academic Medicine : Journal of the Association of American Medical Colleges, 82(1), 74–82. doi: 10.1097/01.ACM.0000249963.93776.aa
Suryanto, S., Ariana, S., & Rizal, S. (2020). Pengembangan Sistem Pembelajaran Berbasis Multimedia. Jurnal Nasional Ilmu Komputer, 1(1), 49–58. doi: 10.47747/jurnalnik.v1i1.59
Syam, S. (2022). Penerapan Case Method Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(2), 1397–1401. https://doi.org/10.58258/jime.v8i2.3127
Thistlethwaite, J. E., Davies, D., Ekeocha, S., Kidd, J. M., MacDougall, C., Matthews, P., … Clay, D. (2012). The effectiveness of case-based learning in health professional education. A BEME systematic review: BEME Guide No. 23. Medical Teacher, 34(6), e421-44. doi: 10.3109/0142159X.2012.680939
Tumewu, W. A., Wowor, E. C., & Mokalu, Y. B. (2023). Minat Belajar Mahasiswa dalam Penggunaan Infografis Sebagai Media Pembelajaran IPA Pada Pembelajaran Daring. SCIENING : Science Learning Journal, 4(1), 38–45. doi: 10.53682/slj.v4i1.6641
Ulfiah, M. S., & Jamaluddin, H. (2022). Bimbingan Dan Konseling: Teori dan Praktik. Prenada Media.
Wahyuni, I., Megalina, Y., Tanjung, R., Amdani, K., & Lubis, R. H. (2023). Development of Interactive Multimedia based on Case Method Assisted by Articulate Storyline 3 in General Physics. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(11), 9652–9659. doi: 10.29303/jppipa.v9i11.5685
Wirnawa, K., & Dewi, P. S. (2022). Efektivitas Media Pembelajaran Power Point Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sma Negeri 1 Gedongtataan Di Era Pandemi Covid 19. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 3(2), 109–113.
Wulandari, D., & Syamsul, A. (2021). Program Bantuan Program Studi Menjadi Model Center of Excellence Merdeka Belajar-Kampus Merdeka. 1–17.
Yusnidar, Y., & Syahri, W. (2022). Implementasi Microlearning Berbasis Case Study Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Kimia. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 5(1), 71–77. doi: 10.30605/jsgp.5.1.2022.1530
Zulfikar, Hariko, R., Muwakhidah, & Aritonang, N. (2017). Konseling Humanistik: Sebuah Tinjauan Filosofi. Jurnal Konseling GUSJIGANG, 3(1), 146–151. doi: 10.24176/jkg.v3i1.1655

Authors

Rizka Apriani
rizka.apriani.fip@um.ac.id (Primary Contact)
M. Ramli
Henny Indreswari
Hengki Tri Hidayatullah
Salsabila Yuli Adys Hermawan
Apriani, R., Ramli, M., Indreswari, H., Hidayatullah, H. T., & Hermawan, S. Y. A. (2023). Pengembangan Konten Multimedia Berbasis Case Method pada Sistem Pengelolaan Pembelajaran (SIPEJAR) Mata Kuliah Konseling Humanistik. Buletin Konseling Inovatif, 3(3), 193–202. Retrieved from http://journal-fip.um.ac.id/index.php/buseli/article/view/486

Article Details