Keefektifan Konseling Kognitif Perilaku untuk Mengurangi Kecemasan Siswa dalam Pembelajaran Matematika Secara Daring Sinkronus

Ratna Afiah Awwalu Rohmah, Nur Hidayah, Fitri Wahyuni

Abstract

Abstract: The Covid-19 pandemic is currently sweeping the world in 2020, forcing it to carry out activities remotely and significantly impacting the world of education. This study aimed to determine the effectiveness of behavioural counseling in reducing the anxiety of junior high school students in synchronous mathematics learning during the new normal period of the Covid-19 pandemic. This research is included in quantitative research with experimental methods, and the research design used is one group pretest and posttest design. The research population was students at a junior high school in Malang, Indonesia, who were selected using a purposive sampling technique. Development of an anxiety scale instrument based on Hoeksema theory. The results of this study found that ten students experienced high anxiety. The counseling sessions for the ten students were carried out in 6 meetings. The results of the analysis show that cognitive behavioural counseling is effective in reducing students' anxiety levels in synchronous mathematics learning.


Abstrak: Pandemi Covid-19 saat ini sedang melanda dunia pada tahun 2020 yang memaksa melakukan kegiatan dengan jarak jauh dan berpengaruh besar terhadap dunia pendidikan. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui keefektifan konseling kognitif perilaku untuk mengurangi kecemasan siswa smp dalam pembelajaran matematika sinkronus di masa new normal pandemi covid-19. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen dan desain penelitian yang digunakan adalah one group pretest and posttest design. Populasi penelitian adalah siswa SMP Negeri di Malang yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Pengembangan instrumen skala kecemasan berdasarkan teori Hoeksema. Hasil dari penelitian menunjukkan 10 siswa mengalami kecemasan yang tinggi, sesi konseling terhadap 10 siswa tersebut dilakukan sebanyak 6 kali pertemuan. Hasil analisis menunjukkan bahwa konseling kognitif perilaku efektif untuk mengurangi tingkat kecemasan siswa dalam pembelajaran matematika sinkronus.

References

Adriansyah, M. A., Rahayu, D., & Prastika, N. D. (2015). Pengaruh terapi berpikir positif dan cognitive behavior therapy (cbt) terhadap penurunan kecemasan pada mahasiswa Universitas Mulawarman. Psikostudia: Jurnal Psikologi, 4(2), 105–125.
Beck, J. S., & Beck, A. T. (2011). Cognitive behavior therapy basics and beyond (2nd ed.). New York: Guilford Press.
Carpenter, J. K., Andrews, L. A., Witcraft, S. M., Powers, M. B., Smits, J. A. J., & Hofmann, S. G. (2018). Cognitive behavioral therapy for anxiety and related disorders: A meta‐analysis of randomized placebo‐controlled trials. Depression and Anxiety, 35(6), 502–514. doi: 10.1002/da.22728
Chaeruman, U. A. (2017). PEDATI: Model desain sistem pembelajaran blended, prosedur merancang pembelajaran blended mata kuliah daring dan terbuka, SPADA Indonesia (Vol. 53). Jakarta: Direktorat Pembelajaran KEMRISTEKDIKTI. doi: 10.13140/RG.2.2.15595.90408
Erfantinni, I. H., Purwanto, E., & Japar, M. (2016). Konseling kelompok cognitive-behavior therapy dengan teknik cognitive restructuring untuk mereduksi prokrastinasi akademik. Jurnal Bimbingan Konseling, 5(2), 119–125.
Fitri, D. (2017). Efektivitas cognitive behavior therapy untuk menurunkan kecemasan berbicara di depan umum pada mahasiwa. Jurnal Psikologi, 10(1), 64–73.
Fitria, L., & Ifdil, I. (2020). Kecemasan remaja pada masa pandemi Covid-19. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 6(1), 1–4. doi: 10.29210/120202592
Hidayati, R., Hidayah, N., Ramli, M., Hambali, I., & Triyono, T. (2020). Efektifitas cognitive behaviour therapy di sekolah: Meta analisis review. Biblio Couns : Jurnal Kajian Konseling Dan Pendidikan, 3(1), 31–40. doi: 10.30596/bibliocouns.v3i1.4668
Hirsch, C. R., Beale, S., Grey, N., & Liness, S. (2019). Approaching cognitive behavior therapy for generalized anxiety disorder from a cognitive process perspective. Frontiers in Psychiatry, 10, 1–14. doi: 10.3389/fpsyt.2019.00796
Hofmann, S. G., Asnaani, A., Vonk, I. J. J., Sawyer, A. T., & Fang, A. (2012). The efficacy of cognitive behavioral therapy: A review of meta-analyses. Cognitive Therapy and Research, 36(5), 427–440. doi: 10.1007/s10608-012-9476-1
Irawan, A. W., & Irani, L. C. (2019). Urgensi beginning stage dalam konseling kelompok sebagai prevensi problematika multibudaya. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 1, 55–61.
Jalal, N. M. (2020). Kecemasan siswa pada mata pelajaran matematika (Student anxiety in mathematics subjects). J-PiMat : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 256–264. doi: 10.31932/j-pimat.v2i2.886
Kaczkurkin, A. N., & Foa, E. B. (2015). Cognitive-behavioral therapy for anxiety disorders: An update on the empirical evidence. Dialogues in Clinical Neuroscience, 17(3), 337–346. doi: 10.31887/DCNS.2015.17.3/akaczkurkin
Muhyiddin. (2020). Covid-19, New normal, dan perencanaan pembangunan di indonesia. Jurnal Perencanaan Pembangunan: The Indonesian Journal of Development Planning, 4(2), 240–252. doi: 10.36574/jpp.v4i2.118
Mukholil, M. (2018). Kecemasan dalam proses belajar. Eksponen, 8(1), 1–8. doi: 10.47637/eksponen.v8i1.135
Nabilah, E., Umam, K., Azhar, E., & Purwanto, S. E. (2021). Kecemasan siswa dalam menyelesaikan masalah modelling matematika pada praktek kelas virtual. International Journal of Progressive Mathematics Education, 1(1), 41–62. doi: 10.22236/ijopme.v1i1.6595
Nolen-Hoeksema, S. (2007). Abnormal psychology (4th ed.). Boston: McGraw Hill.
Otte, C. (2011). Cognitive behavioral therapy in anxiety disorders: Current state of the evidence. Dialogues in Clinical Neuroscience, 13(4), 413–421. doi: 10.31887/DCNS.2011.13.4/cotte
Rambe, A., & Syarqawi, A. (2023). Efektivitas layanan konseling individu dengan pendekatan cognitive behavioral therapy untuk mengurangi kecemasan berkomunikasi siswa SMA Negeri 4 Tebing Tinggi. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling Dan Pendidikan, 6(2), 90–101.
Rosani, I. A. D. (2019). Efektivitas group cognitive behavioral therapy untuk menurunkan intensitas nyeri pada penderita osteoartritis. Universitas Sumatera Utara.
Rufaidah, A., & Karneli, Y. (2020). Penerapan teknik cognitive restructuring dalam konseling perorangan untuk mereduksi gangguan kecemasan. TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 4(2), 214–222.
Wahid, S. N. S., Yusof, Y., & Razak, M. R. (2014). Math anxiety among students in higher education level. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 123, 232–237. doi: 10.1016/j.sbspro.2014.01.1419

Authors

Ratna Afiah Awwalu Rohmah
ratna.rohmah@gmail.com (Primary Contact)
Nur Hidayah
Fitri Wahyuni
Rohmah, R. A. A., Hidayah, N., & Wahyuni, F. (2023). Keefektifan Konseling Kognitif Perilaku untuk Mengurangi Kecemasan Siswa dalam Pembelajaran Matematika Secara Daring Sinkronus. Buletin Konseling Inovatif, 3(2), 149–158. https://doi.org/10.17977/um059v3i22023p149-158

Article Details