Keefektifan Konseling Kelompok Cognitive Behavioral dengan Teknik Self-Talk untuk Mengurangi Kecemasan Mahasiswa Semester Akhir dalam Penyelesaian Skripsi

Lia Luthfi Savitri, M. Ramli, Widya Multisari

Abstract

Abstract: This study aimed to determine the effectiveness of cognitive behavioral group counseling with self-talk techniques to reduce anxiety in final-semester students. This research is included in quantitative research with experimental methods, and the research design used is one group pretest and posttest design. The research population is 2018 class students at Universitas Negeri Malang who are completing their thesis. We are taking research subjects using a purposive sampling technique. The subjects in this study were five students with high anxiety levels. Cognitive behavioral group counseling with self-talk techniques was carried out in seven sessions: one pre-counseling session, five counseling sessions, and one post-counseling session. We developed an anxiety scale instrument based on Nolen's theory. Based on the pretest and posttest results, it is known that cognitive-behavioral group counseling with self-talk techniques effectively reduces final semester student anxiety in completing thesis.


Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan konseling kelompok cognitive behavioral dengan teknik self-talk untuk mengurangi kecemasan mahasiswa semester akhir. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen dan desain penelitian yang digunakan adalah one group pretest and posttest design. Populasi penelitian adalah mahasiswa angkatan 2018 Universitas Negeri Malang yang sedang menyelesaikan skripsi. Pengambilan subjek penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Subjek dalam penelitian ini berjumlah lima mahasiswa yang memiliki tingkat kecemasan tinggi. Konseling kelompok kognitif behavioral dengan teknik self-talk dilakukan sebanyak tujuh sesi yaitu, satu sesi pra konseling, lima sesi konseling, dan satu sesi pasca konseling. Pengembangan instrumen skala kecemasan berdasarkan teori Nolen. Berdasarkan hasil pretest dan posttest diketahui bahwa konseling kelompok kognitif behavioral dengan teknik self-talk efektif untuk mengurangi kecemasan mahasiswa semester akhir dalam penyelesaian skripsi.

References

Ahmad, A., Mappeasse, M. Y., & Ruslan. (2021). Prokrastinasi akademik dalam menulis skripsi pada mahasiswa program studi pendidikan teknik informatika dan komputer FT UNM. Junral Media TIK: Jurnal Media Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, 4(2), 1–6.
Aini, F. N. (2021). Implementasi teknik self talk untuk meningkatkan self awareness pada seorang mahasiswi UIN Sunan Ampel Surabaya. UIN Sunan Ampel Surabaya.
Apriliana, I. P. A., Suranata, K., & Dharsana, I. K. (2019). Mereduksi kecemasan siswa melalui konseling cognitive behavioral. Indonesian Journal of Educational Counseling, 3(1), 21–30. doi: 10.30653/001.201931.46
Arfani, F. F. (2021). Pengaruh pelaksanaan layanan responsif dengan teknik self talk dalam mereduksi kecemasan dampak pandemi Covid-19 pada peserta didik di SMA Bhayangkari Kotabumi Lampung Utara. UIN Raden Intan Lampung.
Damayanti, R., & Nurjannah, P. A. (2016). Pengaruh konseling kognitif perilaku dengan teknik restrukturisasi kognitif terhadap harga diri peserta didik kelas VIII Di MTs N 2 Bandar Lampung. KONSELI : Jurnal Bimbingan dan Konseling (E-Journal), 3(2), 219–232. doi: 10.24042/kons.v3i2.567
Daniswari, H. P. (2018). Efektivitas teknik self talk untuk mengurangi kecemasan menghadapi ujian pada siswa SMA Negeri 2 Pasuruan. Universitas Negeri Malang.
Dwi Ananda, S. S., & Apsari, N. C. (2020). Mengatasi stress pada remaja saat pandemi Covid-19 dengan teknik self talk. Prosiding Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(2), 248–256. doi: 10.24198/jppm.v7i2.29050
Etika, N., & Hasibuan, W. F. (2016). Deskripsi masalah mahasiswa yang sedang menyelesaikan skripsi. KOPASTA: Journal of the Counseling Guidance Study Program, 3(1), 40–45.
Fikry, T. R., & Khairani, M. (2017). Kecerdasan emosional dan kecemasan mahasiswa bimbingan skripsi di Universitas Syiah Kuala. JURKAM: Jurnal Konseling Andi Matappa, 1(2), 108–115. doi: 10.31100/jurkam.v1i2.60
Fitria, L., & Ifdil, I. (2020). Kecemasan remaja pada masa pandemi Covid -19. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 6(1), 1–4. doi: 10.29210/120202592
Hidayati, R., Hidayah, N., Ramli, M., Hambali, I., & Triyono, T. (2020). Efektifitas cognitive behaviour therapy di sekolah: Meta analisis review. Biblio Couns : Jurnal Kajian Konseling Dan Pendidikan, 3(1), 31–40. doi: 10.30596/bibliocouns.v3i1.4668
Hindradjat, J., Ramli, M., & Radjah, C. L. (2021). Case study on the use of cognitive behavior therapy (CBT) in reducing depression levels in adult women. Jurnal Ilmu Keperawatan Jiwa, 4(2), 263–272.
Husainiah, S. H., Flurentin, E., & Ramli, M. (2020). Keefektifan konseling kelompok behavioral teknik self-management untuk meningkatkan kemampuan manajemen waktu siswa SMA yang tinggal di pondok pesantren. Teacher in Educational Research, 2(2), 79–84. doi: 10.33292/ter.v2i2.97
Ishtifa, H. (2011). Pengaruh self-efficacy dan kecemasan akademis terhadap self-regulated dan learning mahasiswa fakultas psikologi Universitas Islam Negeri Jakarta. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta: Fakultas Psikologi, 2011.
Klemanski, D. H., Curtiss, J., McLaughlin, K. A., & Nolen-Hoeksema, S. (2017). Emotion regulation and the transdiagnostic role of repetitive negative thinking in adolescents with social anxiety and depression. Cognitive Therapy and Research, 41, 206–219.
Lulu, S. A. (2021). Pengaruh layanan konseling kelompok dengan teknik positive self talk untuk mengurangi kecemasan saat presentasi peserta didik kelas XI MA Al-Khairiyah Natar tahun ajaran 2019/2020. UIN Raden Intan Lampung.
Maba, A. P. (2017). Paradoxical intervention dalam bimbingan dan konseling untuk mengatasi kecemasan. Counsellia: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 7(2), 99–109. doi: 10.25273/counsellia.v7i2.1852
Marimbuni, M., Syahniar, S., & Ahmad, R. (2017). Kontribusi konsep diri dan kematangan emosi terhadap penyesuaian diri siswa dan implikasinya dalam bimbingan dan konseling. Insight Jurnal Bimbingan Konseling, 6(2), 165–175. doi: 10.21009/INSIGHT.062.05
Mingtio, S. M., & Muhid, A. (2022). Efektivitas layanan konseling kelompok dengan positive self talk untuk meningkatkan afikasi diri siswa. Jurnal Bimbingan dan Konseling Pandohop, 2(1), 1–8. doi: 10.37304/pandohop.v2i1.3804
Oktapiani, N., & Putri P, A. (2018). Gangguan kecemasan sosial dengan menggunakan teknik rasional emotif terapi. FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling Dalam Pendidikan), 1(6), 227–232. doi: 10.22460/fokus.v1i6.3024
Putra, M. R. T., & Jannah, M. (2017). Pengaruh self talk positif terhadap konsentrasi pada atlet panahan. Character: Jurnal Penelitian Psikologi, 4(2), 1–5.
Putri, M., & Bachri, Y. (2022). Efektifitas penerapan terapi self talk dan manajemen stres terhadap penurunan tingkat kecemasan remaja. Jurnal Keperawatan Jiwa, 10(1), 23–28. doi: 10.26714/jkj.10.1.2022.23-28
Rahmania, I. (2022). Pendekatan cognitive behavior therapy (CBT) melalui teknik positive self-talk dalam meningkatkan self-efficacy pada mahasiswa (studi pada mahasiswa prodi bimbingan konseling Islam fakultas dakwah Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten). UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
Setiari, C., Wagimin, W., & Hidayat, R. R. (2019). Efektivitas teknik self-talk untuk mengembangkan kepercayaan diri dalam belajar siswa. Jurnal Psikoedukasi dan Konseling, 3(2), 60–67. doi: 10.20961/jpk.v3i2.34335
Situmorang, D. D. B. (2018). Academic anxiety sebagai distorsi kognitif terhadap skripsi: Penerapan konseling cognitive behavior therapy dengan musik. Journal of Innovative Counseling: Theory, Practice, and Research, 2(02), 100–114.
Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Wahyuni, F., & Kurniawan, C. (2022). Asesmen self-efficacy konselor dalam konseling : Pengembangan dan validasi. Bulletin of Counseling and Psychotherapy, 4(1), 235–241. doi: 10.51214/bocp.v4i2.196
Wahyuni, N. (2020). Penerapan teknik self talk untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa di SMP Negeri 18 Makassar.
Wibowo, A., Atieka, N., & Pranoto, H. (2018). Peningkatan kapasistas konselor di perguruan tinggi dalam kompleksitas problematika mahasiswa. Prosiding Seminar Nasional Bimbingan Dan Konseling Di Perguruan Tinggi Bandung, 6, 1–11.
Widigda, I. R., & Setyaningrum, W. (2018). Kecemasan mahasiswa pendidikan matematika Universitas Riau Kepulauan dalam menghadapi skripsi. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 6(2), 190–199.

Authors

Lia Luthfi Savitri
M. Ramli
m.ramli.fip@um.ac.id (Primary Contact)
Widya Multisari
Savitri, L. L., Ramli, M., & Multisari, W. (2023). Keefektifan Konseling Kelompok Cognitive Behavioral dengan Teknik Self-Talk untuk Mengurangi Kecemasan Mahasiswa Semester Akhir dalam Penyelesaian Skripsi. Buletin Konseling Inovatif, 3(1), 37–44. https://doi.org/10.17977/um059v3i12023p37-44

Article Details