Pengembangan Buku Panduan Konseling Kelompok Behavior dengan Teknik Pengkondisian Operant untuk Mengurangi Kecenderungan Perilaku Agresif Peserta didik SMK

Febriyanti Fitria Utami, Adi Atmoko, Ella Faridati Zen

Abstract

Penelitian ini merupakan jenis Pengembangan dengan tujuan untuk menghasilkan sebuah produk berupa Panduan Konseling Kelompok dengan Teknik Pengkondisian Operant untuk Mengurangi Kecenderungan Perilaku Agresif peserta didik di SMK. Prosedur penilitian ini mengambil penelitian dan pengembangan menggunakan model Reach and Development (R&D). Penelitian menggunakan 5 langkah, yaitu a) Mengetahui masalah dan potensi yang ditemukan, b) Pengumpulan informasi serta data, c) Membuat produk panduan, d) Menguji kepada para ahli, e) Revisi produk akhir. Peneliti menggunakan instrument penilaian, antara lain : penilaian ahli media, calon pengguna berdasar spesifikasi keberterimaan produk dengan empat aspek, ketepatan, kegunaan, kemudahan dan kemenarikan, dan penilaian ahli materi.  Hasil dari penelitian ini bertujuan untuk (1) Menciptakan sebuah buku panduan konseling kelompok behavior dengan teknik Pengkondisian Operant untuk mengurangi kecenderungan perilaku agresif peserta didik di SMK. (2) Produk yang di hasilkan memenuhi keberterimaan produk dari sisi teoritik yang telah di ujiahli materi Bimbingan dan Konseling dan ahlimedia pembelajaran dan keberterimaan secara praktik yang telah di uji oleh calon pengguna (konselor). Adanya penelitian bengembangan ini peserta didik dapat mengahasilkan panduan layanan konseling dimana sebagai upaya untuk menurunkan perilaku agresif siswa

References

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Berkowitz, L. (2013). Emotional Behavior. Jakarta : CV Taruna Grafica
Corey, G. (2010). Theory and Practice of Counseling and Psychoteraphy. (eigh edition). California: Thomson Brooks/cols.
Departemen Pendidikan Nasional. (2012). Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa Edisi keempat. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama
Desmita. (2009). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Dewi, N. L. (2013). Efektivitas penerapan model konseling behavioral teknik pengkondisian operant untuk meminimalisasi perilaku agresif siswa kelas X SMKN 3 Singaraja tahun 2012/2013. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha, 1(1).
Fahmi, N. N., & Slamet, S. (2016). Layanan Konseling Kelompok dalam Meningkatkan Rasa Percaya Diri Siswa SMK Negeri 1 Depok Sleman. Hisbah: Jurnal Bimbingan Konseling dan Dakwah Islam, 13(2), 69-84.
Febrianti, E. A., & Setyawati, S. P. (2022). Pemanfaatan Buku Panduan dalam Melaksanakan Konseling Kelompok. Prosiding Konseling Kearifan Nusantara (KKN), 2, 1-6.
Fitrianisa, A. (2018). Identifikasi Faktor-faktor Penyebab Perilaku Agresif Siswa SMK PIRI 3 Yogyakarta. Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling, 4(3), 166-179.
Hurlock, E. B. (2006). Psikologi perkembangan:suatu pendekatan sepanjang rentang kehidupan. Jakarta: Erlangga.
Juita, B. D., Susanti, R. H., & Permatasari, D. (2021). Upaya Meningkatkan Tanggung Jawab Akademik Mahasiswa Manggarai Universitas PGRI Kanjuruhan Malang Melalui Konseling Kelompok Realita. JKI (Jurnal Konseling Indonesia), 6(2), 56-61.
Karja, I. W. (2021, November). Makna warna. In Prosiding Seminar Bali-Dwipantara Waskita (Vol. 1, No. 1).
Lindawati, S., Lubis, D. P., & Fatchiya, A. (2022). Pengaruh Komunikasi Siswa SMK dengan Orang Tua, Guru, dan Teman Sebaya terhadap Kematangan Kariernya. Jurnal Komunikasi Pembangunan, 20(02), 140-154.
Prayitno. (2004). Layanan L1-L9. Padang: BK FIP UNP.
Putri, A. F. (2019). Konsep perilaku agresif siswa. SCHOULID: Indonesian Journal of School Counseling, 4(1), 28-32.
Sarwono, Sarlito W. 2002. Psikologi sosial. Jakarta. Balai pustaka
Sitepu, B. P. (2012). Penulisan Buku Teks Pelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Skinner, B.F (2013). Ilmu Pengetahuan dan perilaku manusia. Yogyakarta: Pustaka pelajar
Sugiyono, 2015. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung. Alfabeta
Sutianah, C. (2020). Pengembangan Karakter Kebangsaan dan karakter Wirausaha Melalui Implementasi Model Pembelajaran Teaching Factory 6 Langkah (TF-6M). Pasuruan: Penerbit Qiara Media.
TribunPalu.com 24 Oktober 2019. 71 Siswa di Manado Tikam Guru hingga Tewas, Pelaku alami gejala frustasi agresi. Website : https://palu.tribunnews.com/2019/10/24/kasus-sisa-smk-di-manado-tikam-guru-hingga-tewas.

Authors

Febriyanti Fitria Utami
febriyantifitriautami45@gmail.com (Primary Contact)
Adi Atmoko
Ella Faridati Zen
Utami, F. F., Atmoko, A., & Zen, E. F. (2023). Pengembangan Buku Panduan Konseling Kelompok Behavior dengan Teknik Pengkondisian Operant untuk Mengurangi Kecenderungan Perilaku Agresif Peserta didik SMK. Buletin Konseling Inovatif, 3(3), 217–225. Retrieved from http://journal-fip.um.ac.id/index.php/buseli/article/view/86

Article Details