Keefektifan Konseling Kelompok Cognitive Behavior Teknik Cognitive Restructuring Untuk Meningkatkan Body Image Positif Siswa SMA

Eersta Tegar Chairunissa, Djoko Budi Santoso, Nugraheni Warih Utami

Abstract

Abstract: Body image is a form of individual perception or assessment of body condition including body size and shape. The student's body image shows a position in the negative range. The behavior shown includes students being embarrassed if they leave the house without wearing a mask, embarrassed if they talk about acne, feeling dissatisfied with their less than ideal body shape and height. The research aims to test the effectiveness of cognitive restructuring technique group counseling in improving high school students' negative to positive body image. One Group Pretest-Posttest research design. The sampling technique was purposive sampling, and 5 students were obtained who had a negative body image category. Data collection uses a body image scale. Data were analyzed using the Wilcoxon test. The analysis results show a sig value. = 0.042 in the research subject, which indicates that the probability is smaller than the significance value α = 0.05, thus it can be concluded that H0 is rejected and H1 is accepted. It can be concluded that cognitive behavior group counseling with the Cognitive Restructuring technique is effective in increasing students' positive body image.


Abstrak: Body image merupakan bentuk persepsi atau penilaian individu terhadap kondisi tubuh meliputi ukuran dan bentuk tubuh. Body image siswa menunjukkan posisi di rentang negatif. Perilaku yang ditunjukkan antara lain, siswa malu jika keluar rumah tidak memakai masker, malu jika membahas mengenai jerawat, merasa tidak puas dengan bentuk dan tinggi badan yang kurang ideal. Penelitian bertujuan untuk menguji keefektifan konseling kelompok teknik cognitive restructuring dalam meningkatkan body image negatif menjadi positif siswa SMA. Desain penelitian One Group Pretest-Postest design. Teknik penarikan sampel dengan purposive sampling, dan diperoleh 5 orang siswa  yang memiliki body image kategori negatif. Pengumpulan data menggunakan skala body image. Data dianalisis dengan menggunakan uji wilcoxon. Hasil analisis menunjukkan nilai sig. = 0.042 dalam subjek penelitian, yang menunjukkan bahwa probabilitas lebih kecil dari nlai signifikansi α = 0.05, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Dapat disimpulkan bahwa konseling kelompok cognitive behavior teknik Cognitive Restructuring efektif untuk meningkatkan body image positif siswa.

References

Amalia, L. (2007). Citra Tubuh (Body Image) Remaja Perempuan. Musãwa Jurnal Studi Gender Dan Islam, 5(4), 441. https://doi.org/10.14421/musawa.2007.54.441-464
Andi Mappiare. (2011). Pengantar Konseling dan Psikologi. Jakarta :Rajawali Pers
Anggraini, Dian Willianto. 2013. Hubungan Antara Konsep Diri dan Citra Tubuh pada Perempuan Dewasa Awal. Skripsi Tidak di terbitkan. Yogyakarta : Universitas Sanata Dharma, dalam (https://repository.usd.ac.id/10079/2/129114031_full.pdf)
Baimi, C. (2013). Hubungan Antara Citra Tubuh (Body Image) Dengan Penerimaan Diri Pada Remaja Putri Kelas Viii Di Smp N 6 Yogyakarta (p. 171). https://core.ac.uk/download/pdf/33513037.pdf
Bastian, V. M. (2017). Konseling kelompok untuk meningkatkan resiliensi remaja perantauan tingkat SMP. Skripsi tidak diterbitkan.
Bestiana, D. (2012). Citra Tubuh dan Konsep Tubuh Ideal Mahasiswa FISIP Universitas Airlangga Surabaya. Antro Unair DotNet, 1(1), 1–12.
Chairiah, P. (2012). Hubungan Gambaran Body Image dan Pola Makan Remaja Putri di SMAN 38 Jakarta. Universitas Indonesia, 1–84.
Denich, A. U., & Ifdil, I. (2015). Konsep Body Image Remaja Putri. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 3(2), 55. https://doi.org/10.29210/116500
Fitri, Susi, dkk. (2017). Pengaruh Konseling Kelompok dengan Pendekatan Body Image-Cognitive Behavioral Therapy (BI-CBT) Terhadap Siswa SMK yang memiliki Citra Tubuh Negatif. Jurnal Bimbingan dan Konseling, 6 (2) (Online), (http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/insight/article/view/3817), diakses pada 26 Juli 2022.
Hati, Isnaini. (2019). Pengaruh Konseling Kelompok dengan Teknik Cognitive Restructuring dalam Meningkatkan Body Image yang Negatif pada Siswa Kelas IX di SMP Perintis 2 Bandar Lampung. Skripsi tidak diterbitkan. Lampung : Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, dalam (http://repository.radenintan.ac.id/8036/1/skripsi%20pdf.pdf), diakses pada 28 Juli 2022.
Himmah, Fa’iqotul. (2019). Pengaruh Konseling Kelompok dengan Teknik Self Management terhadap Penurunan Perilaku Membolos. Skripsi tidak diterbitkan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan : Universitas Muhammadiyah Magelang
Hurlock, E, B. (2017). Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan (edisi ke – 5). Jakarta: Erlangga
Lilis Rahayu Widyawati. (2019). Efektivitas Layanan Konseling Kelompok Dengan Teknik Cognitive Restructuring Untuk Mereduksi Prokrastinasi Akademik Siswa Kelas VIII SMP Negeri 7 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2019/2020.
Mauludina, Gema, dkk. (Tanpa Tahun). Pengaruh Kelompok Psikoedukasi dengan Cognitive Behavioral Therapy Terhadap Body Image Siswa Kelas X SMAN 32 Jakarta. Jurusan Bimbingan dan Konseling UNJ, (Online) (http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/insight/article/download/1670/1340), diakses 26 Juli 2022
Mufidatu Z, F. (2015). Studi kasus penerimaan diri remaja yang memiliki keluargatiri di desa banjarsari kabupaten tulungagung. Skripsi tidak diterbitkan.
Muhsin Akhmada. (2015). Studi Kasus Ketidakpuasan Remaja Putri Terhadap Keadaan Tubuhnya (Body Image Negative pada Remaja Putri. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Bimbingan. (Online), dalam (http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13253), diakses pada 26 Juli 2022.
Pusparini, Refdanita, Tonny, & Dodik. (2013). Studi Kualitatif Persepsi Citra Tubuh Remaja Yang Kurus Dan Gemuk Serta Upaya Untuk Mencapai Tubuh Ideal Pada Siswa Sma Negeri 1 Kota Bogor. Studi Kualitatif Persepsi Citra Tubuh Remaja, 6, 15–28.
Rahmania, & Yuniar, I. (2012). Hubungan antara Harga diri dengan Kecenderungan Body Dysmorphic Disorder pada Remaja Putri. Jurnal Psikologi Klinis Dan Kesehatan Mental, 1(02), 110–117.
Ridha, M. (2012). Hubungan Antara Citra Tubuh dengan Penerimaan Diri pada Mahasiswa Aceh di Yogyakarta. Empathy,1, 112-121.
Sampurno, Imam. (2018). Penerapan Konseling Kelompok terhadap Pembentukan Konsep Diri Siswa di SMA NEGERI 9 MEDAN. Skripsi tidak diterbitkan. Medan : Universitas Islam Negeri Sumatra Utara Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, dalam (http://repository.uinsu.ac.id/5907/1/SKRIPSI%20FIX.pdf)
Sofyan, (2015), Kapital Selekta Bimbingan dan Konseling, Bandung: Alfabeta
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung : ALFABETA, CV.
Sulistiya, Elis, dkk. (2017). Dampak Konseling Kelompok Cognitive Behavior Therapy (CBT) Teknik Cognitive Restructuring untuk Meningkatkan Body Image. Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling, 6(2), (Online), (http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jubk), diakses pada 27 Juli 2022.
Supriatna, Mamat. (2013). Bimbingan dan Konseling Berbasis Kompetensi Orientasi Dasar Pengambangan Profesi Konselor. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Tohirin. (2013). Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah. Rajawali pers. Jakarta.

Authors

Eersta Tegar Chairunissa
eerstategar@gmail.com (Primary Contact)
Djoko Budi Santoso
Nugraheni Warih Utami
Chairunissa, E. T., Santoso, D. B., & Utami, N. W. (2023). Keefektifan Konseling Kelompok Cognitive Behavior Teknik Cognitive Restructuring Untuk Meningkatkan Body Image Positif Siswa SMA. Buletin Konseling Inovatif, 3(3), 247–256. Retrieved from http://journal-fip.um.ac.id/index.php/buseli/article/view/90

Article Details