Hubungan antara Dukungan Keluarga dan Academic Burnout Dengan Motivasi Belajar Siswa SMK pada Masa Pandemi

Authors

  • Noferica Dian Mandasari Universitas Negeri Malang
  • Arbin Janu Setiyowati Universitas Negeri Malang
  • Riskiyana Prihatiningsih Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um027v7i22022p119-133

Keywords:

learning motivation, family support, academic burnout, motivasi belajar, dukungan keluarga

Abstract

Abstract: Problems caused by policy changes, which affect student learning. The learning tendency felt by students today is a decrease in self-learning motivation, due to the many demands and changes in the learning system, which occurred during the pandemic. The purpose of this study was to determine the relationship between family support and academic burnout with the learning motivation of state vocational high school students in Malang during the pandemic. The research design uses quantitative methods with correlation research. The total population is 1,707 students with a total sample of 280 students, with simple random sampling. The research instrument uses a psychological scale, namely the family support scale, the academic burnout scale and the learning motivation scale. The results of the study found a relationship between the three variabels, namely family support and academic burnout with learning motivation with a value of 0.604. Based on the results of the study, there is a significant relationship between family support and academic burnout with learning motivation, which influence each other.

Abstrak: Problematika yang yang ditimbulkan oleh perubahan kebijakan, yang mempengaruhi pembelajaran siswa. Kecenderungan belajar yang dirasakan siswa saat ini yaitu menurunnya motivasi belajar dalam diri, dikarenakan banyaknya tuntutan dan perubahan sistem pembelajaran, yang terjadi selama pandemi. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui hubungan antara dukungan keluarga dan academic burnout  dengan motivasi belajar siswa SMKN negeri di kota Malang pada masa pandemi. Rancangan penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan penelitian korelasi.  Jumlah populasi yaitu 1.707 siswa dengan jumlah sampel sebanyak 280 siswa, dengan pengambilan sampel adalah simple random sampling.  Instrumen penelitian menggunakan skala psikologis, yaitu skala dukungan keluarga, skala academic burnout  dan skala motivasi belajar. Hasil penelitian terdapat hubungan antara ketiga variabel yaitu dukungan keluarga dan academic burnout dengan motivasi belajar dengan nilai 0,604. Berdasarkan hasil penelitian terdapat hubungan signifikan antara dukungan keluarga dan academic burnout dengan motivasi belajar, yang saling mempengaruhi satu sama lain.

Downloads

Published

2022-12-26

Issue

Section

Articles