Hubungan antara Religiusitas dan Adversitas dengan Adaptabilitas Karier Siswa SMK

Naufal Rifqi Firdaus, Muslihati Muslihati, Rizka Apriani

Abstract

Abstract: This study aimed to determine the partial and simultaneous relationship between religiosity and adversity on the career adaptability of students in vocational high schools. This study used a correlational descriptive approach with a total sample of 138 students. The sampling technique used a proportional random sampling technique. The instruments used were the religiosity, adversity, and career adaptability scales. Research data were analyzed using descriptive analysis, assumption test, multiple regression test, and hypothesis testing. The research results show that; (1) most students have moderate levels of religiosity, adversity, and career adaptability; (2) there is a partial and simultaneous positive relationship between religiosity and adversity variables on the career adaptability of vocational high school students.


Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan secara parsial dan simultan dari religiusitas dan adversitas terhadap adaptabilitas karier siswa di SMK. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif korelasional dengan jumlah sampel sejumlah 138 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik proportional random sampling. Instrumen yang digunakan skala religiusitas, skala adversitas, dan skala adaptabilitias karier. Data penelitian dianalisis menggunakan analisis deskriptif, uji asumsi, uji regresi berganda, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) mayoritas siswa di SMK mempunyai tingkat religiusitas, adversitas, dan adaptabilitas karier yang sedang; (2) ada hubungan positif secara parsial dan simultan dari variabel religiusitas dan adversitas terhadap adaptabilitas karier siswa di SMK.

References

Cahyawulan, W., & Wahyuni, E. (2021). Optimisme, kepuasan hidup, dan resiliensi terhadap adaptabilitas karier remaja dari kelas sosio-ekonomi bawah. Jurnal Penelitian Bimbingan Dan Konseling, 6(1), 39–43.
Candra, I., Bernhard, J., & Kurniawan, H. (2021). Hubungan antara kecerdasan adversitas dengan adaptabilitas karier pada karyawan BNI cabang Rengat. Psyche 165 Journal, 14(1), 79–87. doi: 10.35134/jpsy165.v14i1.98
Devitasari, A. H. (2022). Pengaruh optimisme dan religiusitas terhadap subjective well-being mahasiswa tahun pertama. UIN Sunan Ampel Surabaya.
Dluha, M. S., Suminar, D. R., & Hendriyani, W. (2020). Pengaruh adversity quotient dan dukungan sosial terhadap adaptabilitas karir siswa di SMK “X” Gresik. Jurnal Psikologi: Media Ilmiah Psikologi, 18(01), 49–57.
Fatmawiyati, J., Ratu, R. S., Putra, A. G. P., Pires, C. da A. P., Muqoddam, F., & Wicaksono, I. A. (2018). Adaptabilitas karir. Filsafat Ilmu dan Manusia, 1–25.
Fitriyanti, A. F., & Chusairi, A. (2022). Hubungan adaptabilitas karir terhadap employabilitas pada siswa SMKN 3 Buduran Sidoarjo. BRPKM (Buletin Riset Psikologi dan Kesehatan Mental), 1–13.
Fradani, A. C. (2016). Pengaruh dukungan keluarga, kecerdasan adversitas dan efikasi diri pada intensi berwirausaha siswa SMK Negeri 2 Bojonegoro. Jurnal Pendidikan Edutama, 3(1), 47–62.
Mandriesa, C. (2020). Identifikasi religiusitas siswa di SMA Adhyaksa 1 Jambi. Journal Evaluation in Education (JEE), 1(1), 15–20. doi: 10.37251/jee.v1i1.25
Mastiyah, I. (2018). Religiusitas siswa madrasah aliyah dan sekolah menengah atas. EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan, 16(3), 232–246. doi: 10.32729/edukasi.v16i3.484
Nabila, T. S. (2020). Hubungan antara adversity quotient dengan career adaptability mahasiswa tingkat akhir jurusan teknik biomedik. UIN Sunan Ampel Surabaya.
Najib, M. A. (2018). Konsep dan implementasi pembinaan religiusitas siswa di SMA. Jurnal Tawadhu, 2(2), 556–571.
Palupi, A. O., Purwanto, E., & Noviyani, D. I. (2013). Pengaruh religiusitas terhadap kenakalan remaja. Educational Psychology Journal, 2(1), 7–12.
Prapanca, P. (2017). Pengaruh tingkat religiusitas terhadap self resiliensi siswa kelas x sekolah menengah atas negeri 2 Karanganyar. Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan dan Konseling, 3(1), 62–70.
Purnomo, F. H., & Suryadi, B. (2018). Uji validitas konstruk pada instrumen religiusitas dengan metode confirmatory factor analysis (CFA). Jurnal Pengukuran Psikologi dan Pendidikan Indonesia (JP3I), 6(2). doi: 10.15408/jp3i.v6i2.9190
Safi’i, A., Muttaqin, I., Sukino, Hamzah, N., Chotimah, C., Junaris, I., & Rifa’i, M. K. (2021). The effect of the adversity quotient on student performance, student learning autonomy and student achievement in the covid-19 pandemic era: Evidence from Indonesia. Heliyon, 7(12), 1–8. doi: 10.1016/j.heliyon.2021.e08510
Salsabila, D., Desmita, D., Irman, I., & Sisrazeni, S. (2022). Hubungan antara adversity quotient dan career adaptability pada mahasiswa tingkat akhir prodi psikologi islam IAIN Batusangkar. JPI: Jurnal Psikologi Islam, 1(1), 1–10.
Santoso, D. B. (2013). Dasar-dasar bimbingan dan konseling. Malang: Universitas Negeri Malang.
Savickas, M. L. (2013). The 2012 Leona Tyler Award address: Constructing careers—actors, agents, and authors. The Counseling Psychologist, 41(4), 648–662. doi: 10.1177/0011000012468339
Stoltz, P. G. (2000). Adversity quotoient: Mengubah hambatan menjadi peluang. In T. Hermaya (Ed.), Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.
Suci, F. (2022). Korelasi antara kecerdasan adversitas dengan religiusitas peserta didik kelas XI IPA di MAN 01 Lampung Utara. UIN Raden Intan Lampung.
Ukhtia, F., Reza, I. F., & Zaharuddin, Z. (2016). Hubungan antara religiusitas dengan kecemasan akademik pada siswa madrasah aliyah negeri. Psikis : Jurnal Psikologi Islami, 2(2), 149–160. doi: 10.19109/psikis.v2i2.1186
Zahra, A. (2018). Hubungan antara dukungan orang tua dengan adaptabilitas karir pada siswa. UIN Sunan Ampel Surabaya.

Authors

Naufal Rifqi Firdaus
Muslihati Muslihati
Rizka Apriani
rizka.apriani.fip@um.ac.id (Primary Contact)
Firdaus, N. R., Muslihati, M., & Apriani, R. (2023). Hubungan antara Religiusitas dan Adversitas dengan Adaptabilitas Karier Siswa SMK. Buletin Konseling Inovatif, 3(2), 103–113. https://doi.org/10.17977/um059v3i22023p103-113

Article Details