Panduan Konseling dengan Teknik Coping Self-Talk untuk Mengatasi Body Dysmorphic Disorder Siswa Sekolah Menengah Kejuruan

Aidatul Fikriyah, Irene Maya Simon, Blasius Boli Lasan

Abstract

Abstract: This research and development aim to create a counseling guideline with coping self-talk technique to resolve vocational high school students' body dysmorphic disorder. It used a research and development model from Borg and Gall. The results of the assessment carried out by experts and field assessment on the user candidate were analyzed using the inter-rater agreement model. The validity index of the experts and users demonstrates very high criteria. This counseling guideline has followed the requirements from the National Education Standard Institution and four acceptability aspects so that it is feasible to be used.


Abstrak: Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan panduan konseling dengan teknik coping self-talk untuk mengatasi body dysmorphic disorder siswa sekolah menengah kejuruan (SMK). Penelitian ini menggunakan model research and development yang dikembangkan oleh Borg dan Gall. Uji ahli dan uji lapangan calon pengguna dianalisis menggunakan inter-rater agreement model. Indeks validitas uji ahli dan calon pengguna menunjukkan kriteria sangat tinggi. Produk panduan konseling sudah memenuhi kriteria Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) dan memenuhi empat aspek akseptabilitas sehingga produk sudah layak dan dapat digunakan.

References

Adityo, W. (2012). Pemaknaan ilustrasi sampul buku ”POCONGGG JUGA POCONG” (Studi semiotik ilustrasi sampul buku ”Poconggg Juga Pocong” Pada ”Bukune”).

Afriliya, D. F. (2018). Berpikir positif dan kecenderungan body dysmorphic disorder pada remaja putri.

Akbar, S., & Sriwiyana, H. (2010). Pengembangan kurikulum dan pembelajaran ilmu pengetahuan sosial. Malang: Cipta Media.

Aldwin, C. M. (2007). Stress, coping, and development: An integrative perspective. Guilford Press.

Andrianto, R. (2017). Hubungan antara self talk dengan kepercayaan diri pada atlet futsal. Character: Jurnal Penelitian Psikologi, 4(3).

Asnani, A. A., Triansyah, A., & Hidasari, F. P. (2019). Pengaruh strategi self talk terhadap kemampuan lompat tinggi. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 8(10).

Beck, J. S. (2011). Cognitive behavior therapy basics and beyond. New York.

Edmawati, M. D., Hambali, I. M., & Hidayah, N. (2018). Keefektifan konseling kelompok dengan teknik cognitive restructuring untuk mereduksi body dysmorphic disorder. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(8), 1076–1079.

Fadilati, S. (2020). Efektivitas teknik self talk dalam layanan konseling kelompok untuk meningkatkan adversity quotient pada siswa kelas X MIPA di SMAN 7 Banjarmasin. Jurnal Pelayanan Bimbingan dan Konseling, 2(3).135–145

Folkman, S., & Lazarus, R. S. (1984). Stress, appraisal, and coping. New York: Springer Publishing Company.

Gall, M. D., Borg, W. R., & Gall, J. P. (2003). Educational research: An introduction. White Plains, NY, England: Longman Publishing.

Gregory, R. J., & Wiechman, J. G. (2011). Pemasaran Ritel, Edisi Kesebelas. Jakarta: Gelora Aksara.

Hanifati, S. (2017). Self-Talk dan visual image pada siswa yang mengalami kecemasan berbicara di depan kelas SMP negeri 5 Purbalingga. Universitas Negeri Semarang.

Hariko, R. (2017). Landasan filosofis keterampilan komunikasi konseling. Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling, 2(2), 41–49. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/um001v2i22017p041

Harini, D., Trishinta, S. M., & Candrawati, E. (2018). Efektivitas latihan positive self talk terhadap pengelolaan emosi marah remaja. Nursing News: Jurnal Ilmiah Keperawatan, 3(3).

Khairat, M., & Adiyanti, M. G. (2015). Self-esteem dan prestasi akademik sebagai prediktor subjective well-being remaja awal. Gadjah Mada Journal of Psychology (GamaJoP), 1(3).180–191

Kurniawan, L. (2015). Pengembangan Program Layanan Bimbingan dan Konseling Komprehensif di SMA. Jurnal Psikologi Pendidikan & Konseling, 1(1), 1–8.

Leong, F. T. (2008). Encyclopedia of counseling (Vol. 2). Sage.

Nasional, D. P. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No 19 tahun 2005 tentang standar pendidikan nasional, Jakarta: Depdiknas § (2005).

Nasional, D. P. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 27 Tahun 2008 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Konselor (2008).

Putra, M. R. T., & Jannah, M. (2017). Pengaruh self talk positif terhadap konsentrasi pada atlet panahan. Character: Jurnal Penelitian Psikologi., 4(2), 1–5.

Radjah, C. L. (2016). Keterampilan konseling berbasis metakognisi. Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling, 1(3), 90–94. https://doi.org/10.17977/um001v1i32016p090

Rahim, M., & Puluhulawa, M. (2019). Pengembangan panduan bimbingan dan konseling untuk mengembangkan kecerdasan sosial siswa. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Konseling: Jurnal Kajian Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Konseling, 4(2), 77–87.

Reviliana, M. (2019). Penggunaan teknik positive self-talk untuk membantu mengembangkan motivasi belajar pada peserta didik kelas viii di smp negeri 1 pesawaran tahun pelajaran 2019/2020. UIN Raden Intan Lampung.

Rustiana, E. R., & Cahyati, W. H. (2012). Stress kerja dengan pemilihan strategi coping. KEMAS: Jurnal Kesehatan Masyarakat, 7(2), 149–155.

Sancaya, S. A., Krisphianti, Y. D., Hanggara, G. S., & Muzaki, M. F. (2019). Keberterimaan instrumen penilai kompetensi komunikasi dan interaksi positif konselor terhadap masyarakat sekolah. Nusantara of Research: Jurnal Hasil-Hasil Penelitian Universitas Nusantara PGRI Kediri (e-Journal), 6(2), 105–114.

Sihotang, N., Yusuf, A. M., & Daharnis, D. (2016). Pengaruh layanan bimbingan kelompok terhadap pencapaian tugas perkembangan remaja awal dalam aspek kemandirian emosional (Studi eksperimen di SMP Frater Padang). Konselor, 2(4), 186–192.

Simon, I. M. (2011). Penerapan model experiential learning sebagai strategi untuk meningkatkan kemampuan coping self-talk bagi calon konselor. Universitas Negeri Malang

Triyono, T. (2012). Perkembangan peserta didik. Malang: Universitas Negeri Malang.

Widodo, B. (2019). Manajemen konseling individual (studi kasus: pelaksanaan konseling individual di SMPN 7 Madiun). In Prosiding Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling (Vol. 3, pp. 24–30).

Wilhelm, S., Phillips, K. A., & Steketee, G. (2013). Cognitive-behavioral therapy for body dysmorphic disorder: A treatment manual. Guilford Press.

Wulaningsih, I. (2016). Efektivitas positive self talk terhadap motivasi belajar siswa kelas IX SMP. Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan dan Konseling, 5(12).544–556

Authors

Aidatul Fikriyah
Irene Maya Simon
irene.maya.fip@um.ac.id (Primary Contact)
Blasius Boli Lasan
Fikriyah, A., Simon, I. M., & Lasan, B. B. (2024). Panduan Konseling dengan Teknik Coping Self-Talk untuk Mengatasi Body Dysmorphic Disorder Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Buletin Konseling Inovatif, 1(1), 7–15. https://doi.org/10.17977/um059v1i12021p7-15

Article Details