Pengaruh Teks Multimodal Terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.17977/um027v9i22024p77-83Keywords:
Membaca pemahaman, Multimodal text, Reading comprehension, Siswa, Students, Teks multimodalAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil keterampilan membaca pemahaman siswa kelas VI. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh teks multimodal terhadap keterampilan membaca pemahaman di kelas VI SDN Wangkelang III. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen. Sampel pada penelitian ini yaitu siswa kelas VIA dan siswa kelas VIB SDN Wangkelang III tahun ajaran 2023/2024 dengan subjek penelitian sebanyak 17 siswa kelas eksperimen dan 17 siswa kelas kontrol yang ditentukan melalui pengambilan sampel purposive sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini melalui tes keterampilan membaca pemahaman siswa. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data kuantitatif pada data pretest dan posttest. Hasil analisis menunjukkan terdapat perbedaan signifikan dalam keterampilan membaca pemahaman antara siswa yang belajar menggunakan teks multimodal dan siswa yang belajar menggunakan teks unimodal. Penarikan kesimpulan dibuktikan dengan Uji Idependent Sample T-test menunjukan nilai signifikansi sebesar 0.031 yang lebih kecil dari batas nilai signifikansi yaitu 0.05. Berdasarkan data yang diperoleh, penggunaan teks multimodal memberikan dampak yang lebih besar dibandingkan dengan penggunaan teks unimodal. Artinya, siswa yang belajar dengan teks multimodal memiliki keterampilan membaca pemahaman yang lebih baik dibandingkan dengan siswa yang belajar dengan teks unimodal.
References
Al Fajri, T. A. (2018). Pentingnya Penggunaan Pendekatan Multimodal Dalam Pembelajaran. WASKITA: Jurnal Pendidikan Nilai Dan Pembangunan Karakter, 2(1), 57–72. https://doi.org/10.21776/ub.waskita.2018.002.01.5
Ang, T., & Yunus, M. M. (2018). Blended Learning: To Read or Not To Read. IJIE (Indonesian Journal of Informatics Education), 2(1), 29. https://doi.org/10.20961/ijie.v2i1.20348
Aquino, C. J., & Salvador, R. (2024). Exploring the Interrelated Roles of Text, Author, and Reader in Identity Formation through Literature. Journal of Interdisciplinary Perspectives, 2(3), 142–153. https://doi.org/10.69569/jip.2024.0042
Ardhian, T., Ummah, I., Anafiah, S., & Rachmadtullah, R. (2020). Reading and critical thinking techniques on understanding reading skills for early grade students in elementary school. International Journal of Instruction, 13(2), 107–118. https://doi.org/10.29333/iji.2020.1328a
Bello, I. M., & Rasheed, D. (2023). An Empirical Analysis Of The Impact Of Simulation Techniques On Business Studies Students’ Academic Performance In Upper Basic Schools. International Journal of Research in Education Humanities and Commerce, 04(05), 213–223.
Desy, H. (2021). Mengembangkan Minat Baca Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Literasi Perpustakaan Di Paud Hasanuddin Majedi Banjarmasin. Jambura Journal of Linguistics and Literature, 1(2), 37–44. https://doi.org/10.37905/jjll.v1i2.9227
Febriyanto, B., & Yanto, A. (2019). Penggunaan media Flash Card untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 3(2), 108. https://doi.org/10.32585/jkp.v3i2.302
Fedorenko, S. V. (2019). Experience of Developing Students’ Multimodal Literacy in the Digital Learning Environment of Higher Education Institutions. Information Technologies and Learning Tools, 69(1), 12. https://doi.org/10.33407/itlt.v69i1.2405
Gerde, H. K., Seymour, T., Bingham, G. E., & Quinn, M. F. (2024). Promoting Early Writing Across the School Day. Reading Teacher, 77(5), 588–600. https://doi.org/10.1002/trtr.2277
Gunawan, D., Musthafa, B., & Wahyudin, D. (2022). Improving Language Skills Through Linguistic Intelligence Learning Design. Jurnal Ilmiah Peuradeun, 10(3), 579–602. https://doi.org/10.26811/peuradeun.v10i3.772
Hadini, N. (2017). Meningkatkan Kemampuan Membaca Anak Usia Dini melalui Kegiatan Permainan Kartu Kata di TK Al-Fauzan Desa Ciharashas Kecamatan Cilaku Kabupaten Cianjur. Jurnal Empowerment, 6(1), 19–24. https://doi.org/10.22460/empowerment.v6i1p%25p.370
Harianto, E. (2020). Keterampilan membaca dalam pembelajaran bahasa. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 9(1). https://doi.org/10.58230/27454312.73
Kayati, A. N. (2022). Pemanfaatan teks multimodal dalam pembelajaran bahasa Indonesia untuk penguatan literasi peserta didik. SANDIBASA I (Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia I), 4(April), 385–398.
Kirschmann, N., Lenhard, W., & Suggate, S. (2021). Influences from working memory, word and sentence reading on passage comprehension and teacher ratings. Journal of Research in Reading, 44(4), 817–836. https://doi.org/10.1111/1467-9817.12373
Lenaini, I. (2021). Teknik Pengambilan Sampel Purposive Dan Snowball Sampling. HISTORIS: Jurnal Kajian, Penelitian & Pengembangan Pendidikan Sejarah, 6(1), 33–39. http://journal.ummat.ac.id/index.php/historis
Lubis, L. E. S. (2019). Peran Guru dalam Menciptakan Pembelajaran Literasi Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas V SD Negeri 050718 Cempa. Jurnal Sintaksis , 1(1), 1–7. http://jurnal.stkipalmaksum.ac.id/
Maulfani, C. P., Rahmad, & Sulistyowati. (2023). Pendampingan Kegiatan Membaca Siswa Kelas III SDN Pilang 1 Melalui Kegiatan Pengabdian Mahasiswa IAIN Palangka Raya. Jurnal Pendidikan Masyarakat Dan Pengabdian, 3(1), 113–118. http://dx.doi.org/10.37905/dikmas.3.1.113-118.2023
Nisa, S. Z., Enawar, & Latifah, N. (2022). Analisis Kemampuan Membaca Pemahaman Berdasarkan Taksonomi Barret pada Siswa Kelas 4 SDN Karangharja 2. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 7893–7899. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/3689
Novrista, D. (2020). Hubungan antara Minat dengan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 1(1), 104–124. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jrpp/article/view/168/164
Permadi, T. (2017). Teks, tekstologi, dan kritik teks. In Modul (p. 1). FBSS, Universitas Pendidikan Indonesia.
Pham, C. T., & Nguyen, C. T. (2023). The Efl 9Th Graders’ Attitudes Toward the Use of Visual Aids in Reading Comprehension At a Secondary School in Kien Giang, Vietnam. European Journal of Education Studies, 10(4), 201–218. https://doi.org/10.46827/ejes.v10i4.4762
Pohan, A. A., Abidin, Y., & Sastromiharjo, A. (2020). Model Pembelajaran RADEC dalam Pembelajaran Membaca Pemahaman Siswa. Seminar Internasional Riksa Bahasa XIV, 496, 250–258.
Pradana, F. (2020). Pengaruh Budaya Literasi. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 2(menerapkan budaya literasi), 81–85.
Rafika, N., Kartikasari, M., & Lestari, S. (2020). Analisis kesulitan membaca permulaan pada siswa sekolah dasar. … Konferensi Ilmiah Dasar. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/KID/article/view/1580
Riyanto, S., & Nur’anisa, A. (2023). Analisis Keterampilan Membaca Peserta Didik Kelas IV Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD Muhammadiyah Kadisoka Yogyakarta. 3, 106–115.
Sahidah, N., Kirana, T., & Suryanti. (2021). Pengembagan Bahan Ajar Berbasis Teks Multimodal Untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa SD/MI. Education and Development, 9(1), 370–374.
Seger, B. T., Wannagat, W., & Nieding, G. (2021). Children’s surface, textbase, and situation model representations of written and illustrated written narrative text. Reading and Writing, 34(6), 1415–1440. https://doi.org/10.1007/s11145-020-10118-1
Setiyadi, D. (2021). Pemanfaatan Teks Multimodal Sebagai Inovasi Materi Pembelajaran Bahasa Indonesia Pada Masa Pandemi Covid-19. MARDIBASA: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(1), 1–24. https://doi.org/10.21274/jpbsi.2021.1.1.1-24
Suparlan, S. (2021). Ketrampilan Membaca pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD/MI. Fondatia, 5(1), 1–12. https://doi.org/10.36088/fondatia.v5i1.1088
Suwarsi, E., M, R. D., & Rini, D. (2020). Implementasi Sumber Pembelajaran Berbasis Teks Multimodal Tema Hewan Endemik Hutan Manggrove Pascapandemi Covid19 (PROSNAMPAS) (Vol. 3, No. 1, pp.
Syafitri, C. R., & Mansurdin, M. (2020). Model Cooperative Integrated Reading and Composition sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai. https://mail.jptam.org/index.php/jptam/article/view/600