Meningkatkan Kompetensi Guru melalui Workshop Pemanfaatan Kecerdasan Artifisial secara Bertanggungjawab di Sekolah Dasar

Authors

  • Yuris Indria Persada Universitas Negeri Malang
  • Rika Mellyaning Khoiriya Universitas Negeri Malang
  • Andi Wibowo Universitas Islam Raden Rahmat

DOI:

https://doi.org/10.17977/um050v8i12025p18-23

Keywords:

Kompetensi guru, Pemanfaatan AI , Workshop

Abstract

Meningkatkan kompetensi guru harus dilakukan secara mandiri maupun secara lembaga baik institusi maupun pihak pemerintah. Hal ini bertujuan agar guru mampu mewujudkan tujuan Pendidikan dan mampu mengimplementasikan kurikulum Merdeka secara utuh. Peningkatan kompetensi pedagogi sangat wajib dilakukan oleh guru guna mencapai tujuan tersebut. Kompetensi merupakan kemampuan yang harus dimiliki oleh guru dalam mengelola pembelajaran di dalam kelas. Kompeten artinya guru mampu melaksanakan proses pembelajaran sesuai dengan tujuan Pendidikan dan kurikulum yang berlaku. Sumber dan media belajar merupakan hal yang penting untuk pelaksanaan pembelajaran di dalam kelas. Sumber belajar tidak hanya berasal dari buku guru dan buku siswa, sumber belajar bisa berasal dari video, gambar, lingkungan maupun kecerdasan artifisial. Media pembelajaran interaktif juga memiliki peranan penting dalam mencapai tujuan pembelajaran, maka dalam penyusunannya juga diperlukan keterampilan dan sumber yang cukup, sehingga media interaktif dan sesuai dengan kemajuan zaman. Salah satu Upaya pengembangan kompetensi guru yakni melalui kegiatan workshop. Pengabdian ini bertujuan untuk mengetahui dampak yang muncul pasca kegiatan pelatihan kepada dewan guru di SDN 01 Glanggang. Berdasarkan hasil kegiatan, yang awalnya guru merasa canggung dan kurang memahami tentang pemanfaatan kecerdasan artifisial untuk Menyusun sumber dan media pembelajaran menjadi paham dan mudah dalam penggunaannya. Hal ini jelas membuktikan bahwa kegiatan ini menjadi penunjang pengembangan kompetensi bagi guru.

References

Anderson, J., & Rainie, L. (2020). The future of artificial intelligence and ethics in education (1st ed., Vol. 1). Pew Research Center.

Holmes, W., Bialik, M., & Fadel, C. (2019). Artificial intelligence in education: Promises and implications for teaching and learning (1st ed., Vol. 1). Center for Curriculum Redesign.

McKinsey, & Company. (2020). How AI could personalize learning in schools (1st ed., Vol. 1). Global Editorial Services.

Nugroho, A. (2022). Pendekatan holistik dalam pengembangan profesional guru era digital. Jurnal Inovasi Pendidikan, 7(3), 312–328.

Pusat Penelitian Kebijakan Pendidikan. (2022). Tantangan penerapan teknologi di sekolah dasar di Indonesia (1st ed., Vol. 1). Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Putri, L. A., Suyanto, S., & Supriyadi, E. (2023). Pemanfaatan teknologi digital dalam pembelajaran di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 8(2), 201–215.

Rahmawati, D., Kusuma, I. J., & Pratama, H. (2023). Dampak pelatihan kecerdasan artifisial terhadap kompetensi guru sekolah dasar. Jurnal Teknologi Pendidikan, 8(2), 201–215.

Santoso, B. (2024). Studi komparatif implementasi program pelatihan kecerdasan artifisial untuk guru sekolah dasar di Indonesia. Jurnal Pendidikan Dan Teknologi, 9(1), 87–102.

The AI governance journey: Development and opportunities. (2022).

UNESCO. (2021). AI and the future of education: Ensuring inclusion and equity (1st ed., Vol. 1). UNESCO Publishing.

Wijaya, T. T., & Sari, Y. S. (2021). Potensi dan tantangan integrasi kecerdasan artifisial dalam pendidikan dasar Indonesia. Jurnal Teknologi Pendidikan, 6(1), 45–60.

Downloads

Published

25-01-2025

How to Cite

Persada, Y. I., Mellyaning Khoiriya, R., & Wibowo, A. (2025). Meningkatkan Kompetensi Guru melalui Workshop Pemanfaatan Kecerdasan Artifisial secara Bertanggungjawab di Sekolah Dasar. Abdimas Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 8(1), 18–23. https://doi.org/10.17977/um050v8i12025p18-23

Issue

Section

Articles