Pelatihan Google Classroom Bagi Guru Dan Siswa Sekolah Dasar Dalam Pembelajaran Online
DOI:
https://doi.org/10.17977/um050v6i12023p35-42Keywords:
Google classroom, media, praktek, diskusiAbstract
Pada masa Pandemi Covid-19 setiap sekolah terutama di tingkat sekolah dasar diberlakukan pembelajaran secara online. Oleh karena itu diperlukan media yang dapat membantu guru dan siswa agar tetap melakukan proses kegiatan belajar mengajar. Salah satu media yang dapat membantu guru dan siswa berinteraksi adalah google classroom. Tujuan pengabdian ini adalah membantu guru dan siswa dalam menggunakan media google classroom pada pembelajaran online. Tim pengabdian menggunakan metode praktek dan diskusi dalam kegiatan pelatihan ini. Hasil pengabdian menunjukkan guru merasa terbantu karena dengan menggunakan google classroom dapat mempermudah guru dalam memberikan materi, tugas, dan mempermudah proses penilaian. Selain itu siswa merasa senang karena dengan google classroom siswa dapat menanyakan materi yang belum dipahami.
References
Afnibar, Afnibar, dan Dyla. N. Fajhriani. (2020). “Pemanfaatan WhatsAPP sebagai Media Komunikasi Kegiatan Belajar ( Studi terhadap Mahasiswa UIN Imam Bonjol Padang ).” Al-Munir: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam 11(1):70–83.
A. H. Elyas. (2018). Penggunaan Model Pembelajaran E-Learning Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Jurnal Warta, 56 (4), pp. 1-11.
Anshori, Sodiq. (2018). “‘Civic-Culture: Jurnal Ilmu Pendidikan PKn dan Sosial Budaya’ Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Sebagai Media Pembelajaran.” Jurnal Ilmu Pendidikan PKn dan Sosial Budaya 2(1):88–100.
Anugrahana, Andri. (2020). “Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar.” Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan 10(3):282–89. doi: 10.24246/j.js.2020.v10.i3.p282-289.
Atikah, Rini., Prihatini, Titik, Rani., Hernayati, Herni., Jajang., Misbah. (2021). Pemanfaatan Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Petik, 7(1), pp 7-18
Atsani, KH. Lalu Gede Muhammad Zainuddin. (2020). “Transformasi Media Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19.” Al-Hikmah 1(1):82–93.
Ayu Larassati, Minten. (2020). “Evektifitas Media Pembelajaran Daring Edmodo Dalam Perkuliahan Pendidikan Agama Islam Pada Masa Pandemi Covid-19.” Jurnal TAMBORA 4(2A):77–82. doi: 10.36761/jt.v4i2a.777.
Basar, Afip Miftahul. (2021). “Problematika Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19 ( Studi Kasus di SMPIT Nurul Fajri – Cikarang Barat – Bekasi ).” Edunesia 2(1):208–18.
Brahma, Ismail Akbar. (2020). “Penggunaan Zoom Sebagai Pembelajaran Berbasis Online Dalam Mata Kuliah Sosiologi dan Antropologi Pada Mahasiswa PPKN di STKIP Kusumanegara Jakarta.” Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal 6(2):97–102. doi: 10.37905/aksara.6.2.97-102.2020.
Firmansyah, Yudi, dan Fani Kardina. (2020). “Pengaruh New Normal Ditengah Pandemi Covid-19 Terhadap Pengelolahan Sekolah Dan Peserta Didik.” Buana Ilmu 4(2):99–112. doi: 10.36805/bi.v4i2.1107.
Hafni, Rizky Nurul. (2020). “Matematika online: peran edmodo dalam pembelajaran.” Jurnal Analisa 6(2):153–62. doi: 10.15575/ja.v6i2.7781.
Handarini, Oktafia Ika, dan Siti Sri Wulandari. (2020). “Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home ( SFH ) Selama Pandemi Covid 19.” Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran 8(3):496–503.
Handayani, Lina. (2020). “Keuntungan , Kendala dan Solusi Pembelajaran Online Selama Pandemi Covid-19 : Studi Ekploratif di SMPN 3 Bae Kudus Lina Handayani.” Journal Industrial Engineering & Management Research 1(2):16–23.
Haqien, Danin, dan Aqiilah Afiifadiyah Rahman. (2020). “Pemanfaatan Zoom Meeting Untuk Proses Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19.” SAP (Susunan Artikel Pendidikan) 5(1):51–56.
Juliya, Mira, dan Yusuf Tri Herlambang. (2021). “Analisis problematika pembelajaran daring dan pengaruhnya terhadap motivasi belajar siswa.” Genta Mulia 12(1):281–94.
Mu’minah, Iim Halimatul, dan Aden Arif Gaffar. (2020). “Optimalisasi Penggunaan Google Classroom Sebagai Alternatif Digitalisasi Dalam Pembelajaran Jarak Jauh (Pjj).” BIO EDUCATIO : (The Journal of Science and Biology Education) 5(2):23–36. doi: 10.31949/be.v5i2.2610.
Mulyawan, Ulfan. (2020). “Problematika Online Learning: Hambatan Pembelajaran bahasa Inggris Siswa.” Hospitaly 9(2):301–3018.
Nirfayanti, Nirfayanti, dan Nurbeti Nurbaeti. (2019). “Pengaruh Media Pembelajaran Google Classroom Dalam Pembelajaran Analisis Real Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa.” Proximal Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika 2(1):50–59.
Prawiyogi, Anggy Giri, Andri Purwanugraha, Ghulam Fakhry, dan Marwan Firmansyah. (2020). “Efektifitas Pembelajaran Jarak Jauh Terhadap Pembelajaran Siswa di SDIT Cendekia Purwakarta.” Jurnal Pendidikan Dasar 11(01):94–101.
Rozak, Abd., dan Azkia Muharom Albantani. (2018). “Desain Perkuliahan Bahasa Arab Melalui Google Classroom.” Arabiyat : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban 5(1):83–102. doi: 10.15408/a.v5i1.7481.
Sadikin, Ali, dan Afreni Hamidah. (2020). “Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19.” Biodik 6(2):109–19. doi: 10.22437/bio.v6i2.9759.
Salsabila, Unik Hanifah., Lestari, Mega, Windi., Habibah, Riasatul. (2020). “Pemanfaatan Teknologi Media Pembelajaran di Masa Pandemi.” Jurnal Pendidikan Dasar 2(2):1–13.
Santoso, Putri, Tegariyani, Sandi., Samawi, Ahmad., Anisa Nur, dan Wulandari, Tri, Retno. (2019). “Workshop Penyusunan Dan Penulisan.” Abdimas Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat 2(2):97–102.
Sukmawati, Sukmawati. (2020). “Implementasi Pemanfaatan Google Classroom Dalam Proses Pembelajaran Online di Era Industri 4 . 0.” Jurnal Kreatif Online 8(1):39–46.
Widhiasih, Luh Ketut Sri. (2020). “Peran Ibu Bali Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Di Masa Pandemi Covid-19.” Prosiding Webinar Nasional Universitas Mahasaraswati 2020 61–70.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Denni Ismunandar, Aan Juhana Senjaya, Mochammad Taufan, Luthfiyati Nurafifah, Siti Nurhasanah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Generic License.