Pembinaan Guru Pendidik Anak Usia Dini Dalam Penyelenggaraan Program Parenting Education
DOI:
https://doi.org/10.17977/um050v4i22021p97-104Keywords:
Anak usia dini, parenting education, pembinaan guruAbstract
Permasalahan yang dihadapi guru pendidik anak usia dini adalah kurang mampu dalam hal menyelenggarakan kegiatan parenting education karena kurang adanya pembinaan dari pihak yang terkait. Tujuan pembinaan ini ialah memfasilitasi guru pendidik anak usia dini dengan mengambil subyek yaitu guru di RA Muslimat dalam menyelenggarakan program parenting education. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah identifikasi dan sosialisasi kegiatan, diskusi, praktek, serta evaluasi dan refleksi dengan pendekatan share and care. Hasil pelaksanaan kegiatan memberikan perubahan pada guru RA Muslimat dalam bentuk mampu merancang program parenting education sesuai kebutuhan wali murid/orangtua dan berkomitmen untuk melaksanakan program parenting education di lembaga secara periodik. Kegiatan pembinaan semacam ini dapat dilaksanakan secara periodik untuk menjaga dan memberikan informasi terkait dengan pengasuhan anak usia dini yang melibatkan orangtua atau wali murid.
References
Handayani, O. D. (2020). Edukasi dan Workshop Pembuatan Makanan Bergizi bagi Anak “Homemade Healthy Child Food” bagi Tumbuh Kembang Anak di BKB dan Gugus PAUD di Cilandak, Jakarta Timur. E-Dimas: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 11(2), 144–148. https://doi.org/10.26877/e-dimas.v11i2.2760
Khasanah, I., Tika Damayani, A., Mushafanah, Q., & . V. (2014). IbM Pembelajaran Ramah Anak Bagi Orang Tua Dan Guru Tk-Paud Di Kec. Godong Kabupaten Grobogan. E-DIMAS, 5(1), 35. https://doi.org/10.26877/e-dimas.v5i1.742
Muthmainnah, M. (2015). Peran Orang Tua dalam Menumbuhkan Pribadi Anak yang Androgynius Melalui Kegiatan Bermain. Jurnal Pendidikan Anak, 1(1). https://doi.org/10.21831/jpa.v1i1.2920
Prasetyo, A., Khasanah, I., Karmila, M., & Rakhmawati, E. (2012). Pentingnya Bintek (Bimbingan Teknis) Dalam Pengembangan Karakteristik Tenaga Pengajar Di Pos Paud Sebagai Perwujudan Mutu Pendidik Profesional. E-DIMAS, 3(1), 31. https://doi.org/10.26877/e-dimas.v3i1.251
Retnaningtya, M. S., & Paramitha, P. P. (2015). Keterlibatan Orang Tua Dalam Pendidikan Anak Di TK Anak Ceria. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Perkembangan, 4(1), 9
Rihatno, T., Yufiarti, Y., & Nuraini, S. (2017). Pengembangan Model Kemitraan Sekolah Dan Orangtua Pada Pendidikan Anak Usia Dini. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 11(1), 117–128. https://doi.org/10.21009/JPUD.111.08
Sujiono, Y. N. (2013). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini, Edisi Revisi. Indeks
Suyadi. (2017). Manajemen PAUD. Pustaka Pelajar
Undang-undang No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen
Undang-undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
Yetti, R. (2009). Pengaruh Keterlibatan Orang Tua Terhadap Minat Membaca Anak Ditinjau Dari Pendekatan Stres Lingkungan. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 9(1), 12
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Rezka Arina Rahma, Sucipto Sucipto, Achmad Rasyad, R. Anggia Listyaningrum, Savira Widya Puspitasari, Roza Ghozwatul
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Generic License.