Pembinaan Guru Pendidik Anak Usia Dini Dalam Penyelenggaraan Program Parenting Education

Authors

  • Rezka Arina Rahma Universitas Negeri Malang
  • Sucipto Sucipto Universitas Negeri Malang
  • Achmad Rasyad Universitas Negeri Malang
  • R. Anggia Listyaningrum Universitas Negeri Malang
  • Savira Widya Puspitasari Universitas Negeri Malang
  • Roza Ghozwatul Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um050v4i22021p97-104

Keywords:

Anak usia dini, parenting education, pembinaan guru

Abstract

Permasalahan yang dihadapi guru pendidik anak usia dini adalah kurang mampu dalam hal menyelenggarakan kegiatan parenting education karena kurang adanya pembinaan dari pihak yang terkait. Tujuan pembinaan ini ialah memfasilitasi guru pendidik anak usia dini dengan mengambil subyek yaitu guru di RA Muslimat dalam menyelenggarakan program parenting education. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah identifikasi dan sosialisasi kegiatan, diskusi, praktek, serta evaluasi dan refleksi dengan pendekatan share and care. Hasil pelaksanaan kegiatan memberikan perubahan pada guru RA Muslimat dalam bentuk mampu merancang program parenting education sesuai kebutuhan wali murid/orangtua dan berkomitmen untuk melaksanakan program parenting education di lembaga secara periodik. Kegiatan pembinaan semacam ini dapat dilaksanakan secara periodik untuk menjaga dan memberikan informasi terkait dengan pengasuhan anak usia dini yang melibatkan orangtua atau wali murid.

References

Handayani, O. D. (2020). Edukasi dan Workshop Pembuatan Makanan Bergizi bagi Anak “Homemade Healthy Child Food” bagi Tumbuh Kembang Anak di BKB dan Gugus PAUD di Cilandak, Jakarta Timur. E-Dimas: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 11(2), 144–148. https://doi.org/10.26877/e-dimas.v11i2.2760

Khasanah, I., Tika Damayani, A., Mushafanah, Q., & . V. (2014). IbM Pembelajaran Ramah Anak Bagi Orang Tua Dan Guru Tk-Paud Di Kec. Godong Kabupaten Grobogan. E-DIMAS, 5(1), 35. https://doi.org/10.26877/e-dimas.v5i1.742

Muthmainnah, M. (2015). Peran Orang Tua dalam Menumbuhkan Pribadi Anak yang Androgynius Melalui Kegiatan Bermain. Jurnal Pendidikan Anak, 1(1). https://doi.org/10.21831/jpa.v1i1.2920

Prasetyo, A., Khasanah, I., Karmila, M., & Rakhmawati, E. (2012). Pentingnya Bintek (Bimbingan Teknis) Dalam Pengembangan Karakteristik Tenaga Pengajar Di Pos Paud Sebagai Perwujudan Mutu Pendidik Profesional. E-DIMAS, 3(1), 31. https://doi.org/10.26877/e-dimas.v3i1.251

Retnaningtya, M. S., & Paramitha, P. P. (2015). Keterlibatan Orang Tua Dalam Pendidikan Anak Di TK Anak Ceria. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Perkembangan, 4(1), 9

Rihatno, T., Yufiarti, Y., & Nuraini, S. (2017). Pengembangan Model Kemitraan Sekolah Dan Orangtua Pada Pendidikan Anak Usia Dini. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 11(1), 117–128. https://doi.org/10.21009/JPUD.111.08

Sujiono, Y. N. (2013). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini, Edisi Revisi. Indeks

Suyadi. (2017). Manajemen PAUD. Pustaka Pelajar

Undang-undang No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen

Undang-undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

Yetti, R. (2009). Pengaruh Keterlibatan Orang Tua Terhadap Minat Membaca Anak Ditinjau Dari Pendekatan Stres Lingkungan. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 9(1), 12

Downloads

Published

27-10-2021

How to Cite

Arina Rahma, R., Sucipto, S., Rasyad, A., Listyaningrum, R. A., Puspitasari, S. W., & Ghozwatul, R. (2021). Pembinaan Guru Pendidik Anak Usia Dini Dalam Penyelenggaraan Program Parenting Education. Abdimas Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 97–104. https://doi.org/10.17977/um050v4i22021p97-104

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)