Pemanfaatan Aplikasi Daring Thatquiz.Org untuk Mengembangkan Tes Berbasis Online pada Pembelajaran Matematika
DOI:
https://doi.org/10.17977/um050v4i12021p9-17Keywords:
Pembelajaran online, teknologi internet, matematika, aplikasi ThatquizAbstract
Kendala yang dialami pada Guru-guru matematika yang ada di sekolah di Sukabumi yaitu sebagian besar guru-guru belum memahami penggunaan internet untuk mengajar matematika dan aplikasi pembelajaran online berbasis teknologi internet. Oleh karena itu, tujuan dari pengabdian ini adalah untuk mengajarkan aplikasi daring thatquiz.org kepada guru matematika di Sukabumi untuk memudahkan mereka dalam mengajar matematika. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini meliputi paparan materi, diskusi, tanya jawab dan workshop dengan guru-guru matematika. Hasil pengabdian ini, peserta terlihat antusias dalam proses pelatihan terlihat ketika proses pelatihan peserta seminar aktif dan bertanya ketika ada langkah yang belum jelas kepada pemateri. Tetapi pada proses pengumpulan tugas hanya 8 peserta dari 10 peserta yang mengumpulkan dikarenakan terkendala pekerjaan. Dapat disimpulkan peserta pelatihan sudah mengusai langkah dan proses dalam membuat soal dengan menggunakan aplikasi thatquiz sebagai aplikasi pembelajaran online berbasis teknologi internet.
References
Agustina, L., & Rusmana, I. M. (2019). Pembelajaran Matematika Menyenangkan dengan Aplikasi Kuis Online Quizizz. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Sosiomadika, 1–7. Retrieved from http://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika
Angriani, A. D. (2014). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Pemberian Kuis dengan Umpan Balik Pada Siswa Kelas X6 SMA Negeri 2 Sinjai. Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 2(1), 1–16. https://doi.org/https://doi.org/10.24252/mapan.2014v2n1a1
Arifin, A. N., & Hala, Y. (2019). Pemanfaatan Kahoot sebagai Quiz Game Interaktif Bagi Pendidik di Kabupaten Gowa. Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 2019(8), 526–529.
Dafitri, H. (2017). Pemanfaatan Wondershare Quiz Creator Dalam Tes Berbasis Komputer. QUERY : Jurnal Sistem Informasi, 01(01), 8–18.
Maryana, Suaedi, & Nurdin. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Menggunakan Powerpoint dan Ispring Quizmaker pada Matero Teorema Pythagoras. Penelitian Pendidikan Dan Pendidikan Matematika, 2(3), 53–61.
Meryansumayeka, Virgiawan, M. D. &, & Marlini, S. (2018). Pengembangan Kuis Interaktif Berbasis E-Learning Dengan Menggunakan Aplikasi Wondershare Quiz Creator Pada Mata Kuliah Belajar dan Pembelajaran Matematika. Journal Pendidikan Matematika, 12(1), 29–42.
Muin, A., & Ulfah, M. R. (2012). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa dengan Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Moodle. Pythagoras, 7(1), 73–82. https://doi.org/10.21831/pg.v7i1.2838
Octafianti, M., & Sartika. (2017). Pemanfaatan Kahoot untuk Pembelajaran Matematika Siswa Kelas X pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Journal On Education, 01(03), 373–385.
Oktaviyanthi, R., Safaah, E., & Noviana Agus, R. (2017). Pemberdayaan Keterampilan Guru Matematika dalam Menyusun Bahan Ajar Berbantuan Mathematics Education Software. Wikrama Parahita:Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 19. https://doi.org/10.30656/jpmwp.v1i1.270
Oktaviyanthi, R., Supriani, Y., & Agus, R. N. (2015). Pemanfaatan ICT Oleh Guru Melalui Pembelajaran Matematika Berbantuan Microsoft Mathematics untuk Mendukung Implementasi Kurikulum 2013. Seminar Nasional Riset Terapan (SENASSET), (1), 92–97.
Purnanto, A. W., & Mahardika, A. (2017). Pelatihan Pembuatan Soal Interaktif Dengan Program Wondershare Quiz Creator Bagi Guru Sekolah Dasar Di Kota Magelang. Warta LPM, 19(2), 141–148. https://doi.org/10.23917/warta.v19i2.2748
RI, P. (2013). PP RI 32 2013 tentang standar nasional pendidikan.
Sapta, A. (2016). Pengaruh penggunaan quiz creator terhadap hasil belajar matematika siswa. Matematics Paedagogic, 1(1), 91–96. Retrieved from http://www.jurnal.una.ac.id/index.php/jmp/article/view/159
Sulistyawati, A., Wardono, & Kartono. (2018). Pemanfaatan ICT dalam Pembelajaran Matematika. PRISMA, 1(1), 853–859. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/
ThatQuiz.org. (2019). That Quiz. Retrieved from Tutorial website: thatquiz.org
Widiyasari, R. (2017). Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Mahasiswa Menggunakan Mind Map Berbantuan E-Learning. Teknodik, 21(1), 27–43.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Arlin Astriyani, Ririn Widiyasari, Viarti Eminita, Akmal Ramadhan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Generic License.