Pendekatan Participatory Planning pada Perencanaan Ruang Belajar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)

Authors

  • Julindiani Iskandar Universitas Trisakti
  • Dedes Nur Gandarum Universitas Trisakti

DOI:

https://doi.org/10.17977/um050v2i32019p155-163

Keywords:

Perencanaan, ruang belajar, participatory planning

Abstract

Perencanaan ruang belajar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Ananda yang terletak di pemukiman padat penduduk dan padat bangunan Kecamatan Tambora, Jakarta Barat dilakukan karena kurangnya pengetahuan dan biaya untuk membangun dan melakukan perawatan. Oleh sebab itu diperlukan pengetahuan tambahan, pendampingan serta percontohan tentang fasilitas lingkungan belajar yang sehat. Penyuluhan, pendampingan serta percontohan yang dilakukan bersifat bottom up melalui pendekatan partisipatory planning. Hal ini dilakukan agar perencanaan, perancangan, dan perawatan fasilitas lingkungan tersebut sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan masyarakat, dapat diterima oleh masyarakat, serta menjadi media pembelajaran masyarakat atau transfer of knowledge terkait perencanaan, perancangan, dan perawatan fasilitas lingkungan, khususnya fasilitas PAUD. Selain itu dengan pendekatan partisipatif ini diharapkan timbul rasa kepemilikan yang kuat (sense of belonging) yang akan menjadi modal dasar bagi pemeliharaan dan pengembangan fasilitas publik secara swadaya dan berkelanjutan.

References

Birren, Faber. (1961). Colour Psychology and Colour Therapy. New York : University Books Inc

Ching, Francis, D.K. (1996). Ilustrasi Desain Interior. Jakarta : Erlangga

http://studyandlearningnow.blogspot.com/2013/01/dasar-dasar-perencanaan-partisipatif.html, diakses 19 Oktober 2018

https://www.canva.com/id_id/belajar/teori-warna/, diakses 19 Oktober 2018

https://www.dekoruma.com/artikel/64511/prinsip-dasar-desain-arsitektur, diakses 27 Oktober 2018

https://www.dekoruma.com/artikel/51959/trik-apik-ruang-tamu-kecil, diakses 27 Oktober 2018

https://elangfida.wordpress.com/2013/01/07/estetika/ diakses 28 oktober 2018

Kelurahan Angke. (2017). https://kelurahanangke.wordpress.com. diunduh 18 April 2017

Kelurahan Angke. (2016). Laporan Bulanan Kelurahan Angke Tahun 2016. Jakarta: Kelurahan Angke. Tidak Terpublikasi

Nurani, Y., & Sari, M. (2017). Pengembangan Model Kegiatan Sentra Bermain dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Usia Dini. DOI: https://doi.org/10.21009/JPUD.112. http://doi.org/10.21009/JPUD.112.15

Sari, S.M. (2004). Peran Warna Interior Terhadap Perkembangan dan Pendidik Anak di Taman Kanak-Kanak. Dimensi Interior, 2(1): 22-36

Winandari, MIR. (2014). Pemanfaatan Ruang Terbuka Publik Di Perumahan Dengan Tingkat Pendapatan Yang Berbeda Studi Kasus: Perumahan Menengah Atas Dan Perumahan Menengah Bawah Di Yogyakarta. Yogyakarta: Disertasi program pasca sarjana fakultas teknik. Tidak dipublikasikan.

Downloads

Published

30-10-2019

How to Cite

Iskandar, J., & Gandarum, D. N. (2019). Pendekatan Participatory Planning pada Perencanaan Ruang Belajar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Abdimas Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3), 155–163. https://doi.org/10.17977/um050v2i32019p155-163

Issue

Section

Articles