Pelatihan Pembuatan Video Animasi Gambar “Powtoon” bagi Guru PAUD

Authors

  • Waode Eti Hardiyanti Universitas Negeri Gorontalo
  • Muhammad Ilham IAIN Kendari
  • Waode Ekadayanti Universitas Sulawesi Tenggara
  • Jafarudin Jafarudin Universitas Sulawesi Tenggara

DOI:

https://doi.org/10.17977/um050v3i22020p78-86

Keywords:

Pembelajaran daring, powtoon, PAUD

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memaksimalkan kegiatan pembelajaran daring di PAUD khususnya selama dan setelah pandemik COVID-19. Guru-guru PAUD harus dapat memanfaatkan teknologi sebagai media dengan tepat, salah satunya adalah aplikasi powtoon untuk membuat media video animasi gambar yang dapat dibuat sesuai dengan tema dan minat anak dalam pembelajaran dengan menyajikan gambar-gambar yang bergerak. Metode pengabdian menggunakan ceramah tutorial dengan bantuan Power Point, aplikasi powtoon dan diskusi dengan peserta. Peserta kegiatan merupakan 25 guru-guru PAUD dan SD di sekolah Kingdom Academy. Hasil dari kegiatan ini adalah 1) guru menjadi lebih percaya diri dan termotivasi menggunakan teknologi, 2) guru dapat merancang dan membuat video animasi pembelajaran sederhana yang menarik sesuai tema dan kebutuhan anak, 3) guru dapat merancang video interaktif dan melibatkan anak dalam pembelajaran.

References

Animasi Dalam Pembelajaran. (2011). Majalah ilmiah pembelajaran.

Cai, J., Xu, J., Lin, D., Yang, Z., Xu, L., Qu, Z., … Zeng, M. (2020). A Case Series of children with 2019 novel coronavirus infection: clinical and epidemiological features. Clinical Infectious Diseases : An Official Publication of the Infectious Diseases Society of America. https://doi.org/10.1093/cid/ciaa198

Hardiyanti, W. E., Ilham, M., Suziman, A., & Astriyani, A. (2020). Penggunaan Emoji Untuk Meningkatkan Perilaku Baik (Well-Being) dan Kemampuan Bahasa Anak Usia Dini. Early Childhood : Jurnal Pendidikan. https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v3i2.653

Haug, B. S. (2014). Inquiry-Based Science: Turning Teachable Moments into Learnable Moments. Journal of Science Teacher Education. https://doi.org/10.1007/s10972-013-9375-7

Masdudi. (2015). Karakteristik Perkembangan Pendidikan Anak Usia Dini. AWLADY : Jurnal Pendidikan Anak. https://doi.org/10.24235/awlady.v1i2.739

Putra, I. K.A., & Negara, I. G. A. (2017). Pengaruh penerapan model pembelajaran quantum menggunakan media film animasi terhadap perkembangan kemampuan kosakata pada anak kelompok B di TK Gugus Jempiring kecamatan denpasar barat tahun pelajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha. https://doi.org/10.23887/PAUD.V5I1.11558

Rosdiana, R. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Komputer. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v1i2.95

World Health Organization. (2020). WHO Coronavirus Disease (COVID-19) Dashboard.

Yulianingsih., Hayati, Y., Kurnia, T., & Nursihah, A. (2020). Pengenalan Covid-19 pada Anak Usia Dini melalui Metode Bercerita. Digital Library UIN Sunan Gunung Jati.

Downloads

Published

29-10-2020

How to Cite

Eti Hardiyanti, W., Ilham, M., Ekadayanti, W., & Jafarudin, J. (2020). Pelatihan Pembuatan Video Animasi Gambar “Powtoon” bagi Guru PAUD. Abdimas Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 78–86. https://doi.org/10.17977/um050v3i22020p78-86

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)