193PENINGKATAN KOMPETENSI PENGASUH MELALUI PELATIHAN PENGASUHAN RAMAH ANAK PADA TAMAN PENITIPAN ANAK

Authors

  • Sri Wahyuni Universitas Negeri Malang
  • Ellyn Sugeng Desyanty Universitas Negeri Malang
  • Endang Sri Redjeki Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um050v1i22018p193-204

Keywords:

kompetensi pengasuh, pendidikan ramah anak, Taman Penitipan Anak

Abstract

Melalui pelatihan ini diharapkan mampu meningkatkan kualitas pengasuhan dari para pengasuh TPA, khususnya yang berada di Kota Malang. Kegiatan pelatihan dilakukan dalam bentuk in-on training , yaitu peserta pelatihan tidak hanya diwajibkan mengikuti pemaparan teori, namun juga diberi kesempatan untuk melakukan praktik pengasuhan ramah anak di lembaganya. Pemaparan teori tentang pengasuhan ramah anak disajikan dalam waktu sehari pada tanggal 27 Oktober 2016, kemudian dilanjutkan dengan praktek terbimbing selama 2 minggu tepatnya tanggal 2-15 Nopember 2016 yang dibimbing oleh kepala TPA. Peserta pelatihan berjumlah 45 orang berasal dari 15 lembaga TPA. Setiap lembaga diwakili 3 orang, terdiri dari 2 orang pengasuh dan seorang kepala lembaga.

References

Arifin, I. 2011. Kepemimpinan HIMPAUDI: Studi Kasus di Kota Malang. Malang: Aditya Media Publishing.Asmawati, L. 2008. Pengelolaan Kegiatan Pengembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Penerbit Universitas Terbuka.Brock, A. Building a Model of Early Years Professionalism from Practitioners Perspectives. 27 Nopember 2013 published online by Journal of Early Childhood Research:SAGE Publications.Brown, C., Lisa, A., & John, W. 2011. Introduction: Crossiy Boendaries and CollidingWorld: The Polities of Prekindergarten Education. Journal Educational Policy. Vol. 25. No. 1. pp. 3-8 Danesh, H.8.1994. The Psychology of Spirituality. Victoria Canada: Paradigm Publishing. Ottawa Canada: Nine Pines Publishing.Goleman, D. 1997, Kecerdasan Emoslonal: Mengapa EI lebih penting dori IQ? Diterjemalrkan dari Emotional Intellegence, alih batrasa oleh susi Purwoko, Jakarta: PT Crrarnedia Fustaka Utama.Hadad, L. 2001. An Integrated Approach to Early Childhood Education and Care; A Preleminary Study. Contribution to the workshop: Toward a systemicHasan, M. 2009. Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Diva Press. Yogyakarta.Janet, G., & Diane, W. 2001. Infant, Toddler, and Caregivers. London: Delmars Publishers.Kemdikbud, 2013. Rencana Strategis Pendidikan (http://www. kemdikbud.go.org)Kompas.com. 2013. Jumlah PAUD Terpadu Akan Dilipatgandakan.(http:/ kompas.com. diakses tgl 9 Oktober 2013).KPAI. 2015. Kekerasan Terhadap Anak: Upaya Preventif dan Kuratif (http:/ kpai.go.id diakses Megawangi, R. 2004. Pendidikan Karalder: Solusi yang Tepat untuk Membangun Bangsa. Jakarta: lndonesia Heritage Foundation.Santrock, J. W. 2007. Perkembangan Anak. Boston: Mc. Graw Hill.Sujiono, Yuliani, N.2009. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini.Jakarta: PT Indekstanggal 29 Oktober 2015).UNESCO. 2005. Policy Review Report: Early Childhood Care and Education inIndonesia. Early Childhood and Family Policy Series, No. 10.Wahyuni, S. 2013. Pembinaan Karakter Pendidik PAUD Berbasis Nilai-nilai Agamis. Laporan Penelitian. Malang: Universitas Negeri Malang.Wahyuni, S. 2014. Perencanaan Strategis Pengembangan Lembaga PAUD Terpadu: Studi multikasus pada Tiga Lembaga PAUD Terpadu di Kota Malang. Laporan Penelitian. Malang: Universitas Negeri Malang.Wahyuni, S. 2015. Peningkatan Nilai Strategis Jasa Layanan Lembaga PAUD: Studi Multisitus pada Tiga Lembaga PAUD di Kota Malang. Disertasi. Malang: Universitas Negeri Malang.

Downloads

Published

30-04-2018

How to Cite

Wahyuni, S., Desyanty, E. S., & Redjeki, E. S. (2018). 193PENINGKATAN KOMPETENSI PENGASUH MELALUI PELATIHAN PENGASUHAN RAMAH ANAK PADA TAMAN PENITIPAN ANAK. Abdimas Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 193–204. https://doi.org/10.17977/um050v1i22018p193-204

Issue

Section

Articles