Pengembangan Media Komik Berbasis Etnosains Materi Usaha dan Pelestarian Lingkungan Kelas V Sekolah Dasar

Authors

  • Hasna Fauziah Universitas Negeri Malang
  • Sri Estu Winahyu Universitas Negeri Malang
  • Esti Untari Universitas Negeri Malang

Keywords:

learning media, comics, ethnoscience, media pembelajaran, komik, etnosains

Abstract

The research and development carried out aims to create comic learning media based on ethnoscience that is valid based on media and material experts, practical based on teachers, and creates interest for students. The research applies ADDIE modeling which consists of 5 stages: 1) analysis, 2) design, 3) development, 4) implementation, 5) evaluation. Instruments in research use questionnaires, then analyze them using qualitative and quantitative data analysis. The results of the development are in the form of ethnoscience-based comic learning media products with science content, especially business materials and environmental conservation. This media is in the form of printed books. The material is presented through a story with interesting color images. The average score of the product evaluated by media experts is 96 percent, material experts 100 percent, and teachers as end users 92.5 percent. The validity and suitability of the product for use, as indicated by the validation findings, does not include any changes to the product. Small-scale testing results in a 90 percent attractiveness score, while large-scale testing results in a 96 percent score. Based on the results of that percentage, it concludes that ethnoscience-based comic learning media is valid based on media and material experts, practical based on teachers as users, and creates interest for fifth grade elementary school students.

Penelitian dan pengembangan yang dilaksanakan bertujuan untuk menciptakan media pembelajaran komik berbasiskan etnosains yang valid berdasarkan ahli media dan materi, praktis berdasarkan guru, dan menciptakan ketertarikan untuk siswa. Riset menerapkan pemodelan ADDIE yang terdiri dari 5 tahap: 1) analysis, 2) design, 3) development, 4) implementation, 5) evaluation. Instrumen dalam riset mempergunakan angket, kemudian dianalisisnya mempergunakan menganalisis data kualitatif maupun kuantitatif. Hasil pengembangan berupa produk media pembelajaran komik berbasis etnosains dengan muatan IPA khususnya materi usaha dan pelestarian lingkungan. Media ini berupa buku cetak. Materi disajikan melalui cerita dengan gambar berwarna yang menarik. Skor rerata produk yang dievaluasi oleh ahli media adalah 96%, ahli materi 100%, dan guru sebagai pengguna akhir 92,5%. Validitas dan kesesuaian produk untuk digunakan, seperti yang ditunjukkan oleh temuan validasi, tidak termasuk perubahan apa pun pada produk. Pengujian skala kecil menghasilkan skor daya tarik 90%, sedangkan pengujian skala besar menghasilkan skor 96%. Didasarkan atas hasil persentase itu, menyimpulkan yakni media pembelajaran komik berbasis etnosains valid berdasarkan ahli media dan materi, praktis berdasarkan guru sebagai pengguna, dan menciptakan ketertarikan untuk siswa kelas V SD.

References

Abi Hamid, dkk. (2020). Media pembelajaran. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Adam, S., & Syastra, M. (2015). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Bagi Siswa Kelas X Sma Ananda Batam. CBIS Journal, Volume 3 No 2, ISSN 2337-8794. https://ejournal.upbatam.ac.id/index.php/cbis/article/view/400

Afifah, R. N. (2015). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (Lks) Ilmu Pengetahuan Alam Berbasis Metode Percobaan. Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas PGRI Yogyakarta.

Akbar, S. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya

Akbar, S. (2015). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Arifah, H. (2020). Pengembangan Media Interaktif dalam Pembelajaran IPA Materi Perpindahan Kalor di Sekolah. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(5), 1-13. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/36236

Arifin, I., Nurhayati, & Aswar. (2018). Komik Sebagai Media Pembelajaran Matematika Bagi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Imajinasi Volume 2, No 2, Jul-Des 2018.

Arikunto, S. (2015). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 2. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Arsyad, S. (2013). Media Pendidikan : Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali.

Audie, N. (2019). Peran media pembelajaran meningkatkan hasil belajar peserta didik. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP (Vol. 2, No. 1, pp. 586-595).

Branch, R. (2009). Instructional Design: The ADDIE Approach. In Encyclopedia of Creativity, Invitation, Innovation and Entrepreneurship. Springer US. https://doi.org/10.1007/978-3-319-15347-6_300893

Budiarti, W., & Haryanto. (2016). Pengembangan Media Komik Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas Iv. Jurnal Prima Edukasia Volume 4 – Nomor 2, Juli 2016, (233 - 242). Diakses pada 18 Mei 2022, dari https://journal.uny.ac.id/index.php/jpe/article/view/6295

Diana, D, dkk. (2022). Analisis Pemanfaatan Media Pembelajaran IPA di SD. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, dan Pengelolaan Pendidikan, 2(11), 1110-1120.

Ernawati, D. (2016). Pengembangan Media Komik Pembelajaran IPA Kelas IV Tahun Ajaran 2015/2016 di SD. Jurnal PGSD, 4(02), 95.

Fahrurrozi, M. (2015). Pembelajaran Berbasis Budaya: Model Inovasi Pembelajaran dan Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Malang: Surya Pena Gemilang.

Fitria, A. D., dkk. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Gambar Berbasis Potensi Lokal Pada Pembelajaran Materi Keanekaragaman Hayati di Kelas X di SMA 1 Pitu Riase Kab. Sidrap. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 4(2), 14-28. https://doi.org/10.24252/auladuna.v4i2a2.2017.

Haviz, M. (2013). Research and Development; Penelitian di Bidang Kependidikan yang Inovatif, Produktif dan Bermakna. Jurnal Ta’dib, 16(1), 28-43. https://ojs.iainbatusangkar.ac.id/ojs/index.php/takdib/article/view/235/233

Kristanti, & dkk. (2015). Pengembangan Modul IPA Terpadu Tema Pemanasan Global Berbasis Komik di SMPN 4 Delanggu. Jurnal Inkuiri, 4(1), 117-221.

Masita, M., & Wulandari, D. (2018). Pengembangan Buku Saku Berbasis Mind Mapping Pada Pembelajaran Ipa. Jurnal Kreatif 9 (1) 2018 | 75.

Nugraheni, N. (2017). Penerapan Media Komik Pada Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Jurnal Refleksi Edukatika 7 (2) (2017) p-ISSN: 2087-9385 e-ISSN: 2528-696X. https://doi.org/10.24176/re.v7i2.1587

Nuralita, A. (2020). Analisis penerapan model Pembelajaran berbasis etnosains dalam pembelajaran tematik SD. Mimbar Pgsd Undiksha, 8(1), 1-8. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i1.22972

Nurseto, T. (2011). Membuat Media Pembelajaran Yang Menarik. Jurnal Ekonomi & Pendidikan, 8(1), 19-35. https://doi.org/10.21831/jep.v8i1.706

Nurdyansyah. (2019). Media Pembelajaran Inovatif. Sidoarjo: UMSIDA PRESS.

Puspasari, A., Susilowati, I., Kurniawati, L., Utami, R., & Gunawan, I. (2019). Implementasi Etnosains dalam Pembelajaran IPA di SD Muhammadiyah Alam Surya Mentari. Science Education Journal (SEJ) j ojs.umsida.ac.id/index.php/SEJ. https://doi.org/10.21070/sej.v3i1.2426

Putri, T. A. (2021). Pengembangan Media Komik Bermuatan Etnosains Dalam Pembelajaran IPA Untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa Kelas V Di Sekolah Dasar. (Doctoral dissertation, STKIP PGRI PACITAN). https://repository.stkippacitan.ac.id/id/eprint/625/

Rahmawati, F., & Atmojo, I. (2021). Etnosains Pasar Terapung Kalimantan Selatan Dalam Materi Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1809

Rusman. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: KENCANA.

Sadiman, S. dkk. (2018). Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya, Cetakan ke-14. Jakarta: Rajawali pers.

Sinurat, M., & Syahputra, E. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbantuan Program Flash untuk Meningkatkan Kemampuan Matematika Siswa SMP. Jurnal Pendidikan TABULARASA, 12(2), 154-170. Doi: https://doi.org/10.24114/jt.v12i2.3247

Suartama, I. K. (2016). Evaluasi dan Kriteria Kualitas Multimedia Pembelajaran. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Sudjana, N. & Ahmad Rivai. (2019). Media Pengajaran, Cetakan ke-14. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Cetakan ke-19. Bandung: Alfabeta.

Sulistyani, N., & Retnawati, H. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Bangun Ruang Di SMP Dengan Pendekatan Problem-Based Learning. Jurnal Riset Pendidikan Matematika Volume 2 - Nomor 2, November 2015, (197 - 210). DOI: https://doi.org/10.21831/jrpm.v2i2.7334

Susilawati. (2013). Pembelajaran IPA di Madrasah Ibtidaiyah. Jakarta: Banteng Media.

Suwarti, dkk. (2020). Pengembangan Media Komik Berbasis Kearifan Lokal untuk Menentukan Pesan dalam Dongeng pada Siswa Sekolah Dasar. Profesi Pendidikan Dasar, 7(2), 140-151.

Wahyu, Y. (2017). Pembelajaran berbasis etnosains di sekolah dasar. JIPD (Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar), 1(2), 140-147.

Untari, E. (2017). Problematika dan pemanfaatan media pembelajaran sekolah dasar di kota Blitar. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 3(1), 259-270.

Downloads

Published

2023-05-31

How to Cite

Fauziah, H., Winahyu, S. E., & Untari, E. (2023). Pengembangan Media Komik Berbasis Etnosains Materi Usaha dan Pelestarian Lingkungan Kelas V Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 32(1), 88–103. Retrieved from https://journal-fip.um.ac.id/index.php/sd/article/view/788

Issue

Section

Articles