Pengelolaan Inventarisasi Perpustakaan Sekolah Berbasis Komputer di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.17977/um050v6i12023p43-49Keywords:
Inventarisasi, perpustakaan, sekolah, berbasis komputerAbstract
Dilatarbelakangi oleh ekspekstasi dalam Standar Nasional Perpustakaan tidak sesuai dengan realita perpustakaan SD di SDN Karanganyar 2, Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang. Untuk dapat mencapai atau menanggulangi permasalahan dan memaksimalkan perpustakaan SDN Karanganyar 2, maka tergagaslah program Inventarisasi Perpustakaan Sekolah berbasis Komputer. Program ini bertujuan untuk memaksimalkan pengelolaan perpustakaan, mempermudah pustakawan atau seluruh pihak untuk berkontribusi dalam pengelolaan perpustakaan, efisiensi pengelolaan, serta menghindari kemungkinan adanya kehilangan data atau kerusakan data pada perpustakaan. Metode yang digunakan adalah implementasi langsung. Melalui kegiatan pengabdian ini telah dilakukan inventarisasi perpustakaan sekolah berbasis komputer, termasuk penataan ulang ruangan dengan mendekorasi perpustakaan, dan pemasangan papan nama untuk memudahkan pencarian letak dan posisi buku. Hasil dari kegiatan pengabdian ini pengelolaan perpustakaan berjalan lebih baik, meningkatnya motivasi pengunjung perpustakaan terutama anggota perpustakaan SDN Karanganyar 2, dan koleksi sudah tersusun dengan teratur dan rapi.
References
Ajar, B. (2007). Manajemen perpustakaan sekolah.
Erviantono, T. (2011). Inventarisasi Dan Katalogisasi Koleksi Pustaka/Buku Bacaan Perpustakaan Kelurahan Serangan, Kecamatan Denpasar Selatan, Kota Denpasar. Buletin Udayana Mengabdi, 11(1).
Ihsan, M., Setiawan, D., & Safelia, N. (2016). Ibm Pada Sekolah Dasar Di Kota Jambi Dalam Rangka Pen Gembangan E-Library. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 31(2).
Intensani, R. (2016). Hubungan Program Duta Perpustakaan Dengan Pemanfaatan Koleksi Perpustakaan SMPN 15 Bandung (PhD Thesis). Universitas Pendidikan Indonesia.
Jubile Enterprise. 2017. Membuat Aplikasi Perpustakaan dengan MS Access. Jakarta: Elex Media Komputindo
Lance, K. C., Rodney, M. J., & Hamilton-Pennell, C. (2000). How School Librarians Help Kids Achieve Standards: The Second Colorado Study.
Mishra, R.N dan C. Mishra. 2010. Relevance of information literacy in digital environment. Journal of Emerging Trends in Computing and Information Sciences, 1, 48-54, Diakses dari http://www.cisjournal.org
Nabila, N, H, H., Sholihah, B. (2021). Optimalisasi Pengelolaan Koleksi Perpustakaan di SMP Negeri 1 Bawen. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 7(2), 1-25
Prastowo, Andi. (2012). Manajemen Perpustakaan Sekolah Profesional. Yogyakarta: Diva Press.
Rahmah, E., Emidar, Zulfikarni. (2018). Pengembangan Perpustakaan Sekolah Berbasis Teknologi Informasi Di SMA Negeri 2 dan SMA Negeri 3 Padang. Dinamisia, 2(1), pp 6-13.
Restanti, A. S., Astuti, E. Y., Munjiati, M., Nurwijayanti, U., & Widianingtias, S. (2017). Pengelolaan Perpustakaan Di Sekolah Dasar Negeri 02 Karangwangkal Purwokerto. Prosiding, 7(1).
Safaruddin, M., Golung, A. M., & Harindah, S. (2016). Kajian pentingnya penataan koleksi untuk temu kembali informasi di perpustakaan SMK Negeri 1 Manado. Acta Diurna Komunikasi, 5(3).
Silvana, T., Rohman, A. S., & Rosfiantika, E. (t.t.). Manajemen Perpustakaan Sekolah Berbasis Sistem Informasi Guna Meningkatkan Kemandirian Dan Optimalisasi Tata Kelola Perpustakaan Sekolah Dasar Se-Kecamatan Jatinangor. Edulib, 4(2).
Supriyanto. (2008). Teknologi Informasi Perpustakaan. Yogyakarta: Kanisius.
Susanti, D. A. (2018). Perpustakaan, Garda Budaya Literasi Indonesia. Edulib, 8(2), 180-193.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Wenny Kurniawati, Yuniawatika Yuniawatika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Generic License.