Pemanfaatan dan Pembuatan Media Matematika dan IPA Berbasis Inovasi bagi Guru Sekolah Dasar di Kota Blitar
DOI:
https://doi.org/10.17977/um050v2i32019p147-154Keywords:
Pemanfaatan, media, matematika, IPAAbstract
Program pengabdian masyarakat di Kota Blitar ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman pengetahuan pemanfaatan dan pembuatan media matematika dan IPA bagi guru SD. Terutama untuk dapat dimanfaatkan dalam kegiatan pembelajaran matematika dan IPA yang berbasis inovasi. Kelompok Sasaran dalam kegiatan pelatihan ini guru Sekolah Dasar di Kota Blitar dengan jumlah 20 peserta. Kegiatan dilakukan di Laboratorium Komputer PP3 Universitas Negeri Malang di Kota Blitar. Metode yang digunakan dalam pelatihan ini ceramah, tanya jawab, diskusi, peer teaching dan peer review. Hasil kegiatan pengabdian menghasilkan produk berupa media matematika dan IPA meliputi media bikastake, media pernapasan manusia, media dakota, dan media permainan pecahan. Pemahaman pengetahuan tentang pemanfaatan media terlihat dari hasil post test mengalami peningkatan sebesar 25 %.
References
Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Darsono. (2000). Belajar dan Pembelajaran. Semarang: IKIP Press
Hamalik, O. (1994). Media pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Nugraha, D. A., & Sudiyono, S. (2018). Pelatihan Dan Pendampingan Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Autoplay Media Studio Bagi Guru-Guru SDN Merjosari 1. Jurnal Terapan Abdimas, 3(2), 182-187.
http://lp2m.um.ac.id/pengabdian-2015/
http://www.jawapos.com/baca/artikel/13861/inovasi-pendidikan-wali-kota-blitar
Yuniawatika & Nuraini, N. L. S. 2017. Pendampingan Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Tematik Scientific Dengan Pembelajaran Karakter Terintegrasi. Abdimas Pedagogi, 1(1).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Esti Untari, Yuniawatika Yuniawatika, Lilik Bintartik
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Generic License.