Pendampingan Penulisan Karya Ilmiah bagi Guru Berbasis Constructivist Approach di Sekolah Dasar Negeri

Authors

  • Erika Mei Budiarti Universitas Hasyim Asy’ari Tebuireng
  • Abdullah Aminuddin Aziz Universitas Hasyim Asy’ari Tebuireng
  • Dewi Nurus Sho Imah Universitas Hasyim Asy’ari Tebuireng
  • Ixora Chinensis Azis Universitas Hasyim Asy’ari Tebuireng

DOI:

https://doi.org/10.17977/um050v6i12023p50-58

Keywords:

Pendampingan, karya ilmiah, jurnal, pendekatan konstruktivistik

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan melalui kerjasama tim pengabdian dengan lembaga mitra melalui proses pendampingan penulisan karya ilmiah kepada para guru di lingkungan lembaga mitra (SDN Blimbing) berlangsung secara efektif dan efisien. Hasil pretest dan postest yang dilakukan pada saat pendampingan, dapat diketahui bahwa proses kegiatan pendampingan penulisan karya ilmiah ini berjalan dengan sukses. Pemahaman peserta tentang konsep karya ilmiah, penulisan artikel ilmiah, serta penelusuran artikel pada jurnal bereputasi internasional mengalami peningkatan yang signifikan. Namun demikian masih memerlukan pendampingan penuh dalam pelaksanaan penulisan artikel, mengingat latar belakang guru yang memang belum pernah melakukan penelitian bahkan penulisan artikel ilmiah.

References

Darling, L.H. 2006. . Constructing 21st Century Teacher Education. Journal of Teacher Education, 57(300-314).

Fahyuni, E. F. (2017). Teknologi, Informasi, dan Komunikasi (Prinsip dan Aplikasi dalam Studi Pemikiran Islam). Sidoarjo: UMSIDA Press.

Matondang, Z. (2009). Evaluasi Pembelajaran. Medan: Program Pascasarjana Unimed.

Pedoman Pelaksanaan Penilaian Kinerja Guru (PK Guru). Kementerian Pendidikan Nasional Derektorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidikan dan Tenaga Kependidikan, Jakarta 2010.

Pedoman Pengelolaan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) (Buku 1), Pusat Pengembangan Profesi Pendidik Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Penjaminan Mutu Pendidikan Kemendiknas, Jakarta 2011.

Pedoman Pengelolaan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) (Buku 4), Pusat Pengembangan Profesi Pendidik Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Penjaminan Mutu Pendidikan Kemendiknas, Jakarta 2011.

Pedoman Pengelolaan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) (Buku 5), Pusat Pengembangan Profesi Pendidik Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Penjaminan Mutu Pendidikan Kemendiknas, Jakarta 2011.

Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009 Tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya, Pusat Pengembangan Profesi Pendidik Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Penjaminan Mutu Pendidikan Kemendiknas, Jakarta 2011.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 35 Tahun 2010 Tentang Petunjuk Teknis Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya, Kemendiknas,

Peraturan Pemerintah RI Nomor 74 Tahun 2008 tentang Guru (Lembaran Negera RI Tahun 2008 Nomor 194).

Sagala, S. 2009. Manajemen Strategik dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Sonhadji, A. (2013). Manusia, Teknologi, dan Pendidikan Menuju Peradaban Baru. Malang: Penerbit Universitas Negeri Malang (UM Press).

Suciati dan Prasetya Irawan (2001). Teori Belajar dan Motivasi. Jakarta: PAU-PPAI, Universitas Terbuka.

Sudjana. (1996). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Downloads

Published

30-04-2023

How to Cite

Mei Budiarti, E., Aminuddin Aziz, A., Sho Imah, D. N., & Chinensis Azis, I. (2023). Pendampingan Penulisan Karya Ilmiah bagi Guru Berbasis Constructivist Approach di Sekolah Dasar Negeri. Abdimas Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 50–58. https://doi.org/10.17977/um050v6i12023p50-58

Issue

Section

Articles