Penerapan Online Collaborative Learning untuk Meningkatkan Technological dan Pedagogical Knowledge Bagi Guru PAUD

Authors

  • Herlina Ike Oktaviani Universitas Negeri Malang
  • Susilaningsih Susilaningsih Universitas Negeri Malang
  • Saida Ulfa Universitas Negeri Malang
  • Taufik Ikhsan Slamet Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um050v6i12023p68-73

Keywords:

Guru PAUD, kolaborasi pembelajaran, pembelajaran online

Abstract

Tantangan  Guru PAUD di era revolusi 4.0 adalah berhadapan langsung dengan generasi Alfa. Generasi Alfa adalah generasi yang lahir mulai tahun 2010 yang kelahirannya terpapar teknologi. Perlu adanya peningkatan kemampuan pedagogik dan teknologi untuk guru PAUD sehingga dapat menyesuaikan karakteristik peserta didiknya. Tujuan kegiatan pelatihan ini adalah guru dapat menerapkan pembelajaran online secara kolaborasi untuk menambah pengetahuan teknologi dan pedagogik. Metode pelatihannya adalah ceramah, role playing, dan praktek. Hasil dari kegiatan ini dilihat dari hasil pre-test dan postest yang menunjukkan dari 30 peserta pelatihan ada 3 orang guru yang nilainya menurun sedangkan 27 guru meningkat. Hal tersebut menunjukkan keberhasilan pelatihan ini dalam meningkatkan pengetahuan pedagogik dan teknologi untuk guru PAUD.

References

Azhar, A. (2014). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Baron, J.B. dan Stremberg, R.J. (1987). Teaching Thinking Skill: Theory and Practice. New York. W.H. Freeman and Company.

Departemen Pendidikan Nasional, (2005). Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005, Tentang Guru dan Dosen. Jakarta: Depdiknas.

Djamarah , Syaiful Bahri ., Zain, Aswan. (2010) . Strategi Belajar Mengajar. Cetakan keempat. Jakarta : Rineka Cipta.

Entwistle, N. (2000). Mempromosikan pembelajaran mendalam melalui pengajaran dan penilaian: kerangka kerja konseptual dan konteks pendidikan Leicester. UK: Konferensi TLRP

Howe, N., dan Strauss, W. (1992). Generations: The History of America's Future, 1584 to 2069. United States: HarperCollins.

Khadijah, 2016. Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini. Medan: Perdana Publishing.

Lang, H.R. & Evans, D.N. (2006). Models, Strategies, and Methods for Effective Teaching. Pearson/Allyn and Bacon.

Maeng, J.L., Mulvey, B.K., Smetana, L.K., & Bell, R.L. (2013). Preservice Teachers’ TPACK: Using Technology to Support Inquiry Instruction. Journal of Science Education and Technology, 22 (6), 838-857. https://doi.org/10.1007/s10956-013-9434-z

McCrindle, M. (2014). The ABC of XYZ: Understanding the Global Generations. Australia: McCrindle Research Pty Limited.

McCrindle, M. & Fell, A. (2019). Understanding Generation Z: Recruiting, Training and Leading the Next Generation. Researchgate.

Mishra, P. & Koehler, M.J. (2006). Technological pedagogical content knowledge: A framework for teacher knowledge. Teachers College Record, 108 (6) 1017- https://doi.org/10.1111/j.1467-9620.2006.00684.x

Tekos, G., & Solomonidou, C. (2009). Constructivist learning and teaching of optics concepts using ICT tools in Greek primary school: A pilot study. Journal of Science Education and Technology, 18, 415-428. http://dx.doi.org/10.1007/s10956-009-9158-2

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.

Downloads

Published

30-04-2023

How to Cite

Ike Oktaviani, H., Susilaningsih, S., Ulfa, S., & Ikhsan Slamet, T. (2023). Penerapan Online Collaborative Learning untuk Meningkatkan Technological dan Pedagogical Knowledge Bagi Guru PAUD. Abdimas Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 68–73. https://doi.org/10.17977/um050v6i12023p68-73

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)