Penerapan Online Collaborative Learning untuk Meningkatkan Technological dan Pedagogical Knowledge Bagi Guru PAUD
DOI:
https://doi.org/10.17977/um050v6i12023p68-73Keywords:
Guru PAUD, kolaborasi pembelajaran, pembelajaran onlineAbstract
Tantangan Guru PAUD di era revolusi 4.0 adalah berhadapan langsung dengan generasi Alfa. Generasi Alfa adalah generasi yang lahir mulai tahun 2010 yang kelahirannya terpapar teknologi. Perlu adanya peningkatan kemampuan pedagogik dan teknologi untuk guru PAUD sehingga dapat menyesuaikan karakteristik peserta didiknya. Tujuan kegiatan pelatihan ini adalah guru dapat menerapkan pembelajaran online secara kolaborasi untuk menambah pengetahuan teknologi dan pedagogik. Metode pelatihannya adalah ceramah, role playing, dan praktek. Hasil dari kegiatan ini dilihat dari hasil pre-test dan postest yang menunjukkan dari 30 peserta pelatihan ada 3 orang guru yang nilainya menurun sedangkan 27 guru meningkat. Hal tersebut menunjukkan keberhasilan pelatihan ini dalam meningkatkan pengetahuan pedagogik dan teknologi untuk guru PAUD.
References
Azhar, A. (2014). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Baron, J.B. dan Stremberg, R.J. (1987). Teaching Thinking Skill: Theory and Practice. New York. W.H. Freeman and Company.
Departemen Pendidikan Nasional, (2005). Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005, Tentang Guru dan Dosen. Jakarta: Depdiknas.
Djamarah , Syaiful Bahri ., Zain, Aswan. (2010) . Strategi Belajar Mengajar. Cetakan keempat. Jakarta : Rineka Cipta.
Entwistle, N. (2000). Mempromosikan pembelajaran mendalam melalui pengajaran dan penilaian: kerangka kerja konseptual dan konteks pendidikan Leicester. UK: Konferensi TLRP
Howe, N., dan Strauss, W. (1992). Generations: The History of America's Future, 1584 to 2069. United States: HarperCollins.
Khadijah, 2016. Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini. Medan: Perdana Publishing.
Lang, H.R. & Evans, D.N. (2006). Models, Strategies, and Methods for Effective Teaching. Pearson/Allyn and Bacon.
Maeng, J.L., Mulvey, B.K., Smetana, L.K., & Bell, R.L. (2013). Preservice Teachers’ TPACK: Using Technology to Support Inquiry Instruction. Journal of Science Education and Technology, 22 (6), 838-857. https://doi.org/10.1007/s10956-013-9434-z
McCrindle, M. (2014). The ABC of XYZ: Understanding the Global Generations. Australia: McCrindle Research Pty Limited.
McCrindle, M. & Fell, A. (2019). Understanding Generation Z: Recruiting, Training and Leading the Next Generation. Researchgate.
Mishra, P. & Koehler, M.J. (2006). Technological pedagogical content knowledge: A framework for teacher knowledge. Teachers College Record, 108 (6) 1017- https://doi.org/10.1111/j.1467-9620.2006.00684.x
Tekos, G., & Solomonidou, C. (2009). Constructivist learning and teaching of optics concepts using ICT tools in Greek primary school: A pilot study. Journal of Science Education and Technology, 18, 415-428. http://dx.doi.org/10.1007/s10956-009-9158-2
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Herlina Ike Oktaviani, Susilaningsih Susilaningsih, Saida Ulfa, Taufik Ikhsan Slamet
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Generic License.