Pengembangan Online Quiz untuk Guru Sebagai Penunjang Pembelajaran dalam Melatih Kecepatan Berpikir Siswa

Authors

  • Herlina Ike Oktaviani Universitas Negeri Malang
  • Agus Wedi Universitas Negeri Malang
  • Eka Pramono Adi Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um050v5i22022p48-54

Keywords:

Evaluasi pembelajaran, online quiz, guru

Abstract

SD Modern Al-Rifa’ie merupakan salah satu sekolah dalam naungan yayasan pondok pesantren dengan jumlah guru 20 orang. Beberapa diantara guru tersebut belum selesai mencapai jenjang S1 sedangkan evaluasi pembelajaran yang dilakukan di sekolah dibuat sendiri oleh guru. Untuk itu perlunya suatu pemaparan materi terkait pengembangan soal evaluasi berbasis online karena sekolah sudah menggunakan platform google form ketika ujian sekolah. Tujuan dari kegiatan pelatihan ini yaitu: 1) guru memiliki kemampuan dasar tentang evaluasi pembelajaran, 2) meningkatkan kompetensi guru dalam mengembangkan online quiz untuk meningkatkan kemampuan berpikir cepat siswa. Metode pelatihan adalah dengan menggunakan ceramah, kelompok terbimbing dan praktik pembuatan online quiz. Hasil dari kegiatan ini semua guru mampu membuat online quiz melalui platform kahoot dan quizizz. Selain itu dari hasil pre-test dan post-test menunjukkan bahwa 3 orang peserta mengalami penurunan dan 17 orang peserta mengalami peningkatan hasil belajar. Maka dapat disimpulkan bahwa pelatihan ini dapat meningkatkan kemampuan guru dalam pembuatan soal evaluasi dan online quiz.

References

Arsyad, A. (2013). Media Pembelajaran. Rajagrafindo Persada.

Bencsik, A., Csikos, G., & Juhaz, T. (2016). Y and Z Generations at Workplaces. Journal of Competitiveness, 8(3), 90–106.

Brown, G. A., Bice, M., Shaw, B. S., & Shaw, I. (2015). Online quizzes promote inconsistent improvements on in-class test performance in introductory anatomy and physiology. Advances in Physiology Education, 39(2), 63–66.

Cahyanti, A. D., Farida, & Rakhmawati, R. (2019). Pengembangan Alat Evaluasi Berupa Tes Online/Offline Matematika Dengan Ispring Suite 8. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 2(3), 363–371.

Desyanty, E. S., Wahyuni, S., Redjeki, E. S., & Zulkarnain. (2019). Modul Pengembangan Inovasi Belajar Matakuliah Identifikasi Kebutuhan Belajar Masyarakat Melalui Metode Experiential Learning Berbasis Kearifan Lokal. Bentara Pustaka.

Dobson, J. L. (2008). The use of formative online quizzes to enhance class preparation and scores on summative exams. Advances in Physiology Education, 32(4), 297–302.

Kibble, J. (2007). Use of Unsupervised Online Quizzes as Formative Assessment in a Medical Physiology Course: Effects of Incentives on Student Participation and Performance. Advances in Physiology Education, 31(3), 253–260.

Meriyati. (2015). Memahami Karakteristik Anak Didik. Fakta Press lAIN Raden lntan Lampung.

Metz, M. A. (2008). The Effect of Access Time on Online Quiz Performance in Large Biology Lecture Courses. Biochemistry and Molecular Biology Education, 36(3), 196–202.

Noor, M. (2010). Media Pembelajaran Berbasis Teknologi. PT. Multi Kreasi.

Nurhayati, Saputri, D. F., & Assegaf, S. L. H. (2019). Pengembangan Instrumen Tes Keterampilan Proses Sains Pada Materi Fisika Untuk Siswa Sekolah Menengah Pertama. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 17(2), 145–158.

Putra, Y. S. (2016). Theoritical Review: Teori Perbedaan Generasi. Jurnal Ilmiah Among Makarti, 9(18), 123–134.

Suprihatiningrum, J. (2016). Guru Profesional: Pedoman Kinerja, Kualifikasi & Kompetensi Guru. Ar-Ruzz Media.

Downloads

Published

15-10-2022

How to Cite

Ike Oktaviani, H., Wedi, A., & Pramono Adi, E. (2022). Pengembangan Online Quiz untuk Guru Sebagai Penunjang Pembelajaran dalam Melatih Kecepatan Berpikir Siswa. Abdimas Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 48–54. https://doi.org/10.17977/um050v5i22022p48-54

Issue

Section

Articles