Pembinaan Penyusunan Perangkat Pembelajaran Berbasis Scientific Approach bagi Guru Sekolah Dasar

Authors

  • Putri Mahanani Universitas Negeri Malang
  • Muchtar Muchtar Universitas Negeri Malang
  • Ratna Trieka Agustina Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um050v3i12020p54-58

Keywords:

Rancangan pembelajaran, pendekatan saintifik, kurikulum 2013, sekolah dasar

Abstract

Sekolah Dasar di Gugus I Kecamatan Ngoro Kabupaten Jombang menjadi sasaran pengabdian karena pada SD tersebut masih awal dalam menerapkan kurikulum 2013. Oleh karenanya, guru-guru tersebut masih membutuhkan pembinaan penyusunan rancangan yang sesuai dengan kurikulum 2013 yang menjadi kebijakan pemerintah Indonesia saat ini. Sasaran pengabdian ini adalah perwakilan yang ditentukan secara bertujuan (purposive) yaitu kepala dan guru SDN Kertorejo 1 dan 2 yang berada di gugus I Kecamatan Ngoro Kabupaten Jombang. Sasaran berjumlah 20 peserta. Sekolah ini berada di Dusun Kedawung, Desa Kertorejo, Kecamatan Ngoro, Kabupaten Jombang. Adapun metode kegiatan yang dirancang yakni: (1) paparan scientific approach pada Kurikulum 2013 di SD; (2) paparan perangkat pembelajaran berbasis scientific approach berlandaskan kurikulum 2013; (3) workshop pembuatan perangkat pembelajaran berbasis scientific approach berlandaskan kurikulum 2013. Hasil pengabdian ini berupa pemahaman dan keterampilan Guru SD Gugus I Kecamatan Ngoro dalam membuat perangkat pembelajaran berbasis Pendekatan Saintifik berlandaskan kurikulum 2013.

References

Pendidikan, L.P.M. and Nomor, K.R.I., 57. Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah. Jakarta: Depdikbud.

Permendikbud Nomor 20 Tahun 2016 tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah

Permendikbud Nomor 21 Tahun 2016 tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah

Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah

Permendikbud Nomor 23 Tahun 2016 tentang Standar Penilaian Pendidikan

Permendikbud Nomor 24 Tahun 2016 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar pelajaran pada Kurikulum 2013 pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah

Peraturan Pemerintah RI No. 32 Tahun 2013 tentang Perubahan Standar Nasional Pendidikan

Wakhid, A.R. (2014). Generating libraries of highly correct and safe functions by using proof-based formal methods (Doctoral dissertation).

Downloads

Published

16-04-2020

How to Cite

Mahanani, P., Muchtar, M., & Agustina, R. T. (2020). Pembinaan Penyusunan Perangkat Pembelajaran Berbasis Scientific Approach bagi Guru Sekolah Dasar. Abdimas Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 54–58. https://doi.org/10.17977/um050v3i12020p54-58

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)