Komunikasi Interpersonal bagi Siswa SMK untuk Meningkatkan Kesiapan Kegiatan Praktik Kerja Industri Sebagai Program Layanan Bimbingan dan Konseling

Authors

  • Elia Flurentin Universitas Negeri Malang
  • Djoko Budi Santoso Universitas Negeri Malang
  • Nugraheni Warih Utami Universitas Negeri Malang
  • Riskiyana Prihatiningsih Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um050v5i12022p10-14

Keywords:

Komunikasi, Prakerin, Program bimbingan dan konseling

Abstract

Kegiatan pelatihan komunikasi interpersonal pada siswa SMK, bertujuan untuk mengetahui tingkat kebutuhan siswa untuk pelaksanaan pelatihan komunikasi interpersonal. Keterampilan komunikasi dibutuhkan dalam pelaksanaan Praktek kerja industri (prakerin), hal tersebut akan memberikan pengaruh terkait kemampuan sosial siswa dalam pelaksanaan prakerin. Interaksi siswa pada saat pelaksanaan Prakerin memberikan pengaruh keberhasilan pelaksanaan prakerin, keberhasilan dalam pelaksanaa prakerin ialah penguasaan keterampilan dan networking. Pelaksanan pelatihan keterampilan komunikasi yang dibutuhkan oleh siswa SMK sebagai persiapan pelaksanaan prakerin, efektif dilaksanaan dengan durasi waktu yang lama dan proses pelatihan yang terstruktur. Sehingga, pelatihan keterampilan komunikasi interpersonal direkomenasikan untuk menjadi salah satu program layanan bimbingan dan konseling. Pelaksanaan pelatihan diharapkan akan lebih terstruktur dan terencana, sehingga siswa menguasi keterampilan ini lebih matang sebagai salah satu keterampilan dalam melaksanaan Prakerin.

References

Agustian, S., Putro, S. C., & Putranto, H. (2018). Hubungan Self-Regulated Learning, Kemampuan Komunikasi, dan Vocational Skills dengan Kemampuan Adaptasi terhadap Dunia Kerja pada Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori Dan Praktik Kependidikan, 3(1), 91–100.

Anggraeni, N. D., Yoto, Y., & Basuki, B. (2015). Studi Tentang Peran Serta Orang Tua Dan Dunia Usaha/Industri Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan di SMK Negeri 1 Singosari. Jurnal Teknik Mesin.

Devito, J. A. (2011). Komunikasi Antarmanusia. In Komunikasi Antarmanusia. Kuliah Dasar.

Fithriyana, A., & Sugiharto, D. Y. P. (2014). Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Permainan Simulasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Antar Pribadi Siswa. Jurnal Bimbingan Konseling(Semarang).

Handayani, S., & Wening, S. (2016). Kajian Perolehan Kompetensi Keahlian Busana Butik Siswa SMK: Studi Kasus Prakerin di Industri Pasangan. Jurnal Pendidikan Vokasi. https://doi.org/10.21831/jpv.v6i1.8116

Lubis, F. W. (2008). Peranan Komunikasi Dalam Organisasi. Jurnal Harmoni Sosial.

Molikavia, R., Putro, S. C., & Widiyaningtyas, T. (2015). Hubungan Kecakapan Sosial dan Kemampuan Logika dengan Keberhasilan Dalam Prakerin Siswa SMK. Teknologi Dan Kejuruan: Jurnal Teknologi, Kejuruan Dan Pengajarannya, 38(1).

Nurrohim, H., & Anatan, L. (2009). Efektivitas Komunikasi Dalam Organisasi. Jurnal Manajemen Maranatha.

Saldanha, E. de S. (2016). Manajemen Kelas. IAIN Tulungagung.

Susanto, A. (2018). Bimbingan dan konseling disekolah (konsep, teori, dan aplikasinya). Inprenada media group.

Wardhani, U. E., Viverawati, & Mustafa. (2008). Usaha Jasa Pariwisata Jilid 1. In Usaha Jasa Pariwisata Jilid 1.

Downloads

Published

13-04-2022

How to Cite

Flurentin, E., Budi Santoso, D., Warih Utami, N., & Prihatiningsih, R. (2022). Komunikasi Interpersonal bagi Siswa SMK untuk Meningkatkan Kesiapan Kegiatan Praktik Kerja Industri Sebagai Program Layanan Bimbingan dan Konseling. Abdimas Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 10–14. https://doi.org/10.17977/um050v5i12022p10-14

Issue

Section

Articles