PELATIHAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN DAYA SAING PRODUK UKM DI KAMPUNG WISATA BISNIS TEGALWARU BOGOR

Authors

  • Rini Hidayati Universitas YARSI
  • Muslikh Muslikh Universitas YARSI
  • Nazwirman Nazwirman Universitas YARSI

DOI:

https://doi.org/10.17977/um050v2i12018p15-20

Keywords:

daya saing, pelatihan, pemasaran, kewirausahaan, UKM

Abstract

Tujuan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk meningkatkan daya saing
produk UKM kampung Wisata Bisnis Tegalwaru Bogor. Metode yang dipergunakan adalah
pelatihan dan pendampingan tentang pemasaran dan kewirausahaan. Hasil yang dicapai
adalah meningkatnya pemahaman pelaku UKM kampung Wisata Bisnis tentang pemasaran
dan kewirausahan yang meliputi aspek: pemasaran era digital, pemasaran berbasis teknologi
informasi, branding, inovasi dan kreativitas, daya saing produk. Kegiatan pengabdian masyarakat
ini sangat bermanfaat bagi pelaku UKM di kampung Wisata Bisnis Tegalwaru Bogor dalam
meningkatakan daya saing produk yang dihasilkan.

References

Agusta, L., & Sutanto, E. M. (2013). Pengaruh

Pelatihan dan Motivasi Kerja Terhadap

Kinerja Karyawan CV Haragon Surabaya.

AGORA, 1(3).

Hermawati, T. (2007). Budaya Jawa dan Kesetaraan

Gender. Jurnal Komunikasi Massa, 1(1), 18-

Prasetyo, E. P. (2008). Peran Usaha Mikro

Kecil dan Menengah (UMKM) dalam

Kebijakan Penanggulangan Kemiskinan dan

Pengangguran. Akmenika UPY, 2(1), 1-13.

Utari, T., Dewi, N. P. M. (2014). Pengaruh

Modal, Tingkat Pendidikan dan Teknologi

Terhadap Pendapatan Usaha Mikro Kecil

dan Menengah (UMKM) Di Kawasan Imam

Bonjol Denpasar Barat. E-Jurnal Ekonomi

Pembangunan, 3(12), 549-623.

Wulandari, R. (2005). Penilaian Kebutuhan

Pelatihan: Tantangan dan Solusi. Jurnal

Siasat Bisnis, 75-86

Downloads

Published

30-10-2018

How to Cite

Hidayati, R., Muslikh, M., & Nazwirman, N. (2018). PELATIHAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN DAYA SAING PRODUK UKM DI KAMPUNG WISATA BISNIS TEGALWARU BOGOR. Abdimas Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 15–20. https://doi.org/10.17977/um050v2i12018p15-20

Issue

Section

Articles