PELATIHAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN DAYA SAING PRODUK UKM DI KAMPUNG WISATA BISNIS TEGALWARU BOGOR
DOI:
https://doi.org/10.17977/um050v2i12018p15-20Keywords:
daya saing, pelatihan, pemasaran, kewirausahaan, UKMAbstract
Tujuan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk meningkatkan daya saing
produk UKM kampung Wisata Bisnis Tegalwaru Bogor. Metode yang dipergunakan adalah
pelatihan dan pendampingan tentang pemasaran dan kewirausahaan. Hasil yang dicapai
adalah meningkatnya pemahaman pelaku UKM kampung Wisata Bisnis tentang pemasaran
dan kewirausahan yang meliputi aspek: pemasaran era digital, pemasaran berbasis teknologi
informasi, branding, inovasi dan kreativitas, daya saing produk. Kegiatan pengabdian masyarakat
ini sangat bermanfaat bagi pelaku UKM di kampung Wisata Bisnis Tegalwaru Bogor dalam
meningkatakan daya saing produk yang dihasilkan.
References
Agusta, L., & Sutanto, E. M. (2013). Pengaruh
Pelatihan dan Motivasi Kerja Terhadap
Kinerja Karyawan CV Haragon Surabaya.
AGORA, 1(3).
Hermawati, T. (2007). Budaya Jawa dan Kesetaraan
Gender. Jurnal Komunikasi Massa, 1(1), 18-
Prasetyo, E. P. (2008). Peran Usaha Mikro
Kecil dan Menengah (UMKM) dalam
Kebijakan Penanggulangan Kemiskinan dan
Pengangguran. Akmenika UPY, 2(1), 1-13.
Utari, T., Dewi, N. P. M. (2014). Pengaruh
Modal, Tingkat Pendidikan dan Teknologi
Terhadap Pendapatan Usaha Mikro Kecil
dan Menengah (UMKM) Di Kawasan Imam
Bonjol Denpasar Barat. E-Jurnal Ekonomi
Pembangunan, 3(12), 549-623.
Wulandari, R. (2005). Penilaian Kebutuhan
Pelatihan: Tantangan dan Solusi. Jurnal
Siasat Bisnis, 75-86
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Rini Hidayati, Muslikh Muslikh, Nazwirman Nazwirman
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Generic License.