PENGABDIAN CAKRAWALA NUSANTARA UNTUK MEMBANGKITKAN DAYA SAING ANAK PESISIR MELALUI PENDIDIKAN
DOI:
https://doi.org/10.17977/um050v2i12018p21-27Keywords:
Pendidikan, Daya saing, Cakrawala NusantaraAbstract
Indonesia sebagai negara kepulauan, secara geografis memiliki garis pesisir yang
panjang (lk 81.000 km) dan lautan yang luas (lk 5,8 juta km2) dengan kekayaan sumber
daya hayati laut yang besar tentu membutuhkan sumber daya manusia untuk menjaga dan
melestarikannya. Anak-anak pesisir merupakan generasi yang akan mengembangkan sumber
daya hayati laut tersebut. Mereka membutuhkan pengetahuan dan wawasan kemaritiman yang
disalurkan melalui pendidikan.Cakrawala Nusantara hadir sebagai komunitas yang bergerak
untuk mengembangkan dan membangkitkan daya saing anak peisisir melalui pendidikan.
Menawarkan 3 peogram unggulan yaitu, Talk Show Inspiratif, Character Building Training
(CBT), 3 B ( Bermain, Baca, Belajar). Melalui penelitian k`ualitatif deskriptif peneliti melihat
bagaimana Cakralawala Nusantara berperan penting dalam meningkatkan daya saing anak
pesisir Pulau Untung Jawa, Kepulauan Seribu, DKI Jakarta. Berdasarkan penelitian diperoleh
lebih dari 50% anak usia dini, anak sekolah dasar, dan anak tingkat sekolah menengah pertama
termotivasi untuk meraih cita-cita dan mengembangkan lingkungan laut mereka menjadi lebih
baik, hal ini merupakan bentuk dari membangkitkan daya saing mereka.
References
A. M, Sardiman. 2011. Interaksi dan Motivasi
Belajar-Mengajar. Rajawali Pers. Jakarta.
Diana Mutiah. 2010. Psikologi Bermain Anak Usia
Dini. Kencana.Jakarta.
Elizabeth B. Hurlock. 1978. Perkembangan Anak.
Penerbit Erlangga. Jakarta.
Hidayatullah, Furqon. 2010. Pendidikan Karakter:
Membangun Peradaban Bangsa. UNS
Press&Yuma Pustaka . Surakarta.
Komariah, Satori Djam’an & Aan. 2009.
Metodologi Penelitian Kualitatif.Alfabeta.
Bandung.
Muhammad Saroni. 2011. Orang miskin bukan
orang bodoh. BahteraBuku.Yogyakarta.
Musfiroh, Tadkiroatun. 2008. Cerdas Melalui
Bermain. Grasindo.Jakarta.
Notoatmodjo, S. 2010. Pendidikan dan Perilaku
Kesehatan. Rineka Cipta. Jakarta.
Sukamadinata.N.S.2013. Metode Penelitian
Pendidikan. Remaja Rosdakarya. Bandung.
Udik Budi Wibowo. 2010. Pendidikan dari Dalam:
Strategi Alternatif Pengembangan Karakter.
Diambil dari Jurnal Dinamika Pendidikan
No.01/Th.XVI/Mei 2010.
Yahya Khan. 2010. Pendidikan Karakter Berbasis
Potensi Diri Mendongkrak Kualitas
Pendidikan. Pelangi Publishing. Yogyakarta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Gemala Ranti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Generic License.