Pendampingan Penyusunan Program Pengembangan Kelembagaan dan Pembelajaran POS PAUD yang Adaptif Terhadap Perkembangan Teknologi Informasi Terkini dan Potensi Lingkungan Sekitar
DOI:
https://doi.org/10.17977/um050v4i12021p18-25Keywords:
POS PAUD, pendampingan, teknologi informasiAbstract
Salah satu ciri keberhasilan dalam mengelola sekolah akan tampak pada kemampuan mengembangkan program kegiatan sekolah bagi keberlangsungan tercapainya proses belajar siswa. Minimnya pengetahuan dan kemampuan kepala sekolah, guru maupun pengasuh untuk mengidentifikasi dan mengembangkan kegiatan program kegiatan di sekolah, terjadinya pengulangan kegiatan yang sama pada setiap tahun pelajaran, dan lemahnya motivasi sumberdaya manusia untuk turut serta berperan dalam menyusun program kegiatan. Pendampingan Penyusunan Program Pengembangan Kelembagaan dan Pembelajaran POS PAUD di Kecamatan Sukun yang Adaptif terhadap Perkembangan Tekonologi Informasi Terkini dan Potensi Lingkungan Sekitar, merupakan pelatihan dan lokakarya pembuatan rencana pembelajaran POS PAUD yang benar-benar adaptif terhadap perkembangan informasi teknologi dan karakteristik anak didik (warga belajar) POS PAUD. Pendampingan pembuatan rencana pembelajaran tersebut dilakukan dengan teknik pendampingan klinis dengan melibatkan instruktur yang memiliki kapasitas dan kapabilitas memadai dari unsur satgas pengabdian masyarakat dan mahasiswa dari prodi yang relevan dengan karakteristik anak didik POS PAUD.
References
Sudiapermana, E. (2009). Pendidikan Informal. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 4(2).
Munandar Utami, S. C. (1999). Mengembangkan Bakat dan Kreativitas Anak Sekolah: Petunjuk Bagi Orang Tua dan Guru. Jakarta: PT. Gramedia.
Lipman, M. (2003). Thinking in education. Cambridge university press.
Hardika, H., Aisyah, E. N., & Gunawan, I. (2018, October). Facilitative Learning to Improve Student Learning Creativity. In 3rd International Conference on Educational Management and Administration (CoEMA 2018) (pp. 186-189). Atlantis Press.
Kecamatan dan kelurahan - Pemerintah Kota Malang. (2019, 14 Januari). Di Malangkota.go.id. https://malangkota.go.id/pemerintahan/kecamatan-dan-kelurahan/
Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2015). Petunjuk Teknis Penyelenggaraan Taman Penitipan Anak. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014 Tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. https://luk.staff.ugm.ac.id/atur/bsnp/Permendikbud137-2014StandarNasionalPAUD.pdf
Aisyah, E. N. (2017). Character Building in Early Childhood Through Traditional Games. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 128, 292-294. http://dx.doi.org/10.2991/icet-17.2017.51
Aisyah, E. N., Samawi, A., & Untariana, A. F. (2018, September). Efforts to Improve the Ability of The Teachers in Development Program for Strengthening Character Education (PPK) in Early Childhood Education (ECE) through Workshop Activities. In 1st International Conference on Early Childhood and Primary Education (ECPE 2018) (pp. 38-41). Atlantis Press.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Hardika Hardika, Eny Nur Aisyah, Kukuh Miroso Raharjo, Pramono Pramono
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Generic License.