Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah Berpola 40 Jam bagi Guru TK/PAUD

Authors

  • Sa’dun Akbar Universitas Negeri Malang
  • Eny Nur Aisyah Universitas Negeri Malang
  • Wuri Astuti Universitas Negeri Malang
  • Rosyidamayani Rosyidamayani Universitas Negeri Malang
  • T. Maningtyas Universitas Negeri Malang
  • Lenita Puspitasari Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um050v3i22020p69-77

Keywords:

Karya tulis ilmiah, Guru PAUD

Abstract

Keberhasilan seorang guru dalam peningkatan kompetesi profeisonal secara akademik, pendagogik dan profesi salah satunya menuntut berupa kemampuan menulis karya tulis ilmiah. Keterbatasan wawasan dan kendala yang dihadapi terkait menulis karya ilmiah hingga mempublikasikannya menjadi faktor utama guru PAUD pada pengembangan professional karir yang mereka hadapi hingga saat ini. Metode In-1, On, dan In-2 dalam pendekatan andragogy yang berupa pendidikan dan pelatihan bagi orang dewasa kepada peserta pelatihan yang berjumlah 21 orang guru PAUD di Kota Malang dengan pola 40 jam, pelatihan ini berhasil menambah wawawan dan kemampuan guru untuk menyusun karya tulis ilmiah tersubmit di beberapa jurnal ilmiah dan seminar.

References

Empat Kompetensi Guru Berdasarkan Undang-Undang—Info Kompetensi. (n.d.). (2019) Retrieved November 15, 2019, from http://kompetensi.info/kompetensi-guru/empat-kompetensi-guru.html

Kurikulum 2013. (2014). Retrieved November 16, 2019, from Pemerintah.net website: https://pemerintah.net/kurikulum-2013/

Linieritas Kualifikasi Akademik dalam Kepangkatan Guru – Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Agam. (n.d.). Retrieved November 15, 2019, from http://bkpsdm.agamkab.go.id/?p=2074

Mannoia, V. J. (1980). What is science?: An introduction to the structure and methodology of science. Retrieved from http://catalog.hathitrust.org/api/volumes/oclc/5889837.html

Mapel, K., Sarahaswati, D. L. H., Pd, M., Kusumahwati, S., Pd, S., & Ed, M. (n.d.). MODUL PENGEMBANGAN KEPROFESIAN BERKELANJUTAN. 184.

Membangun Anak Menjadi Manusia Kritis dan Kreatif, Serta Pemecah Masalah melalui Pembaharuan Pendekatan, Stategi, Metode, dan Teknik Pembelajaran—Kompasiana.com. (n.d.). (2016). Retrieved November 16, 2019, from https://www.kompasiana.com/novasilviani/550046f9a333111e735104ab/membangun-anak-menjadi-manusia-kritis-dan-kreatif-serta-pemecah-masalah-melalui-pembaharuan-pendekatan-stategi-metode-dan-teknik-pembelajaran

Pedoman-Penulisan-Karya-Ilmiah-2017.pdf. (n.d.). (2017). Retrieved from http://fppsi.um.ac.id/wp-content/uploads/2019/04/Pedoman-Penulisan-Karya-Ilmiah-2017.pdf

Pendekatan saintifik. (2019). In Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas. Retrieved from https://id.wikipedia.org/w/index.php?title=Pendekatan_saintifik&oldid=15411520

Science. (2019). In Wikipedia. Retrieved from https://en.wikipedia.org/w/index.php?title=Science&oldid=926307835

Sinamora, Henry. 2010. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Tiga. Penerbit:STIE YKPN Yogyakarta.

What is research? (n.d.). (2019). Retrieved November 16, 2019, from http://www.personal.psu.edu/wxh139/research_talk.htm

Downloads

Published

29-10-2020

How to Cite

Akbar, S., Nur Aisyah, E., Astuti, W., Rosyidamayani, R., Maningtyas, T., & Puspitasari, L. (2020). Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah Berpola 40 Jam bagi Guru TK/PAUD. Abdimas Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 69–77. https://doi.org/10.17977/um050v3i22020p69-77

Issue

Section

Articles