ROMUSA KATULISTIWA (ROTI MUTER KADALUWARSA KANGGO TULIS TINULIS AKSARA JAWA): INOVASI MEDIA PEMBELAJARAN AKSARA JAWA DENGAN MODEL TANDUR BAGI SISWA SDN SRIWEDARI 2
DOI:
https://doi.org/10.17977/um050v2i22019p77-83Keywords:
Roti kadaluarsa, aksara jawa, media pembelajaranAbstract
Program pengabdian masyarakat ROMUSA KATULISTIWA (Roti Muter Kadaluwarsa Kanggo Tulis Tinulis Aksara Jawa): Inovasi Media Pembelajaran Aksara Jawa Dengan Model TANDUR Bagi Siswa SDN Sriwedari 2. Media pembelajaran ini tercipta dari keprihatinan terhadap kurangnya kemapuan aksara jawa pada kelas IV di SDN Sriwedari 2. Media pembelajaran yang telah diinovasikan dengan model TANDUR ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam penguasaan aksara jawa dan juga menjadikan pembelajaran yang lebih menarik bagi siswa kelas IV dengan model TANDUR. Pelaksanaan program pengabdian masyarakat ini dimulai dengan terjalinnya kordinasi dan komunikasi yang baik dengan pihak SDN Sriwedari 2, serta pembuatan media pembelajaran yang disesuaikan dengan karakteristik anak &lingkungan sekolah tersebut. Setiap kegiatan yang dilakukan dengan siswa terdapat pre test dan post test kegiatan pembelajaran yang dilakukan dengan media inovatif ini dilakukan 2 kali. Selain itu kegiatan pengabdian ini juga membentuk komunitas BINURAWA (bisa nulis aksara jawa) yang bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran inovatif khususnya untuk meningkatkan kemampuan aksara jawa. Pengabdian ini tidak hanya sampai pendampingan pembentukan komunitas saja, tetapi dilakukan pendampingan pengembangan media pembelajaran melalui pertemuan rutin ataupun melalui media sosial. Hasil pre test dan post test pada pembelajaran I dengan media inovatif ini menunjukan peningkatan kemampuan siswa terhadap aksara jawa dari angka 25 meningkat (32,66 %) menjadi 49,25. Pada pembelajaran II juga menunjukan peningkatan 54,25 meningkat (9,95%) menjadi 66,25.
References
Darmadi. (2017). Pengembangan Metode pembelajaran Dalam Dinamika Belajar Siswa. Jakarta : Depublish
Hamalik, Oemar. (2004). Inovasi Pendidikan: Perwujudannya dalam sistem pendidikan Nasional. Bandung: YP. Permindo.
Ismail. (2003). Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Dit. Pendidikan Lanjutan Pertama.
K, Komalasari. (2010). Pembelajaran kontekstual: Konsep dan Aplikasi. Bandung: Refika Aditama.
Nurdyasnyah, N., & Andiek, W. (2015). Inovasi teknologi pembelajaran. Sidoarjo: Nizamia learning center.
Nurdyansyah, N., & Fahyuni, E. F. (2016). Inovasi Model Pembelajaran Sesuai Kurikulum 2013. Sidoarjo: Nizamia Learning Center.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Febri Kalingga Astriyanto, Dyas Anggraini Pandan Wangi, Isnaini Ulfa, Aulia Ira Sudiawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Generic License.