ROMUSA KATULISTIWA (ROTI MUTER KADALUWARSA KANGGO TULIS TINULIS AKSARA JAWA): INOVASI MEDIA PEMBELAJARAN AKSARA JAWA DENGAN MODEL TANDUR BAGI SISWA SDN SRIWEDARI 2

Authors

  • Febri Kalingga Astriyanto Universitas Muhammadiyah Magelang
  • Dyas Anggraini Pandan Wangi Universitas Muhammadiyah Magelang
  • Isnaini Ulfa Universitas Muhammadiyah Magelang
  • Aulia Ira Sudiawati Universitas Muhammadiyah Magelang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um050v2i22019p77-83

Keywords:

Roti kadaluarsa, aksara jawa, media pembelajaran

Abstract

Program pengabdian masyarakat ROMUSA KATULISTIWA (Roti Muter Kadaluwarsa Kanggo Tulis Tinulis Aksara Jawa): Inovasi Media Pembelajaran Aksara Jawa Dengan Model TANDUR Bagi Siswa SDN Sriwedari 2. Media pembelajaran ini tercipta dari keprihatinan terhadap kurangnya kemapuan aksara jawa  pada kelas IV di SDN Sriwedari 2. Media pembelajaran yang telah diinovasikan dengan model TANDUR ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam penguasaan aksara jawa dan juga menjadikan pembelajaran yang lebih menarik bagi siswa kelas IV dengan model TANDUR. Pelaksanaan program pengabdian masyarakat ini dimulai dengan terjalinnya kordinasi dan komunikasi yang baik dengan pihak SDN Sriwedari 2, serta pembuatan media pembelajaran yang disesuaikan dengan karakteristik anak &lingkungan sekolah tersebut. Setiap kegiatan yang dilakukan dengan siswa terdapat pre test dan post test kegiatan pembelajaran yang dilakukan dengan media inovatif ini dilakukan 2 kali. Selain itu kegiatan pengabdian ini juga membentuk komunitas BINURAWA (bisa nulis aksara jawa) yang bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran inovatif khususnya untuk meningkatkan kemampuan aksara jawa. Pengabdian ini tidak hanya sampai pendampingan pembentukan komunitas saja, tetapi dilakukan pendampingan pengembangan media pembelajaran  melalui pertemuan rutin  ataupun melalui media sosial. Hasil pre test dan post test pada pembelajaran I dengan media inovatif ini menunjukan peningkatan kemampuan siswa terhadap aksara jawa dari angka 25 meningkat (32,66 %) menjadi 49,25. Pada pembelajaran II juga menunjukan peningkatan 54,25 meningkat (9,95%) menjadi 66,25.

References

Darmadi. (2017). Pengembangan Metode pembelajaran Dalam Dinamika Belajar Siswa. Jakarta : Depublish

Hamalik, Oemar. (2004). Inovasi Pendidikan: Perwujudannya dalam sistem pendidikan Nasional. Bandung: YP. Permindo.

Ismail. (2003). Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Dit. Pendidikan Lanjutan Pertama.

K, Komalasari. (2010). Pembelajaran kontekstual: Konsep dan Aplikasi. Bandung: Refika Aditama.

Nurdyasnyah, N., & Andiek, W. (2015). Inovasi teknologi pembelajaran. Sidoarjo: Nizamia learning center.

Nurdyansyah, N., & Fahyuni, E. F. (2016). Inovasi Model Pembelajaran Sesuai Kurikulum 2013. Sidoarjo: Nizamia Learning Center.

Downloads

Published

30-04-2019

How to Cite

Astriyanto, F. K., Wangi, D. A. P., Ulfa, I., & Sudiawati, A. I. (2019). ROMUSA KATULISTIWA (ROTI MUTER KADALUWARSA KANGGO TULIS TINULIS AKSARA JAWA): INOVASI MEDIA PEMBELAJARAN AKSARA JAWA DENGAN MODEL TANDUR BAGI SISWA SDN SRIWEDARI 2. Abdimas Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 77–83. https://doi.org/10.17977/um050v2i22019p77-83

Issue

Section

Articles