Penerapan Media Wayang Bungkus Dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Sekolah Dasar/ Madrasah Ibtidaiyah pada Materi Bangun Ruang

Authors

  • Rif’an Kristiawan Universitas Negeri Semarang
  • Alviyatun Ni’mah Universitas Negeri Semarang
  • Rokhaniyah Rokhaniyah Universitas Negeri Semarang
  • Fitriyani Pnca Suraya Universitas Negeri Semarang
  • Wahyu Prasojo Universitas Negeri Semarang
  • Bambang Eko Susilo Universitas Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um050v3i22020p87-94

Keywords:

Media wayang bungkus, pemahaman siswa, bangun ruang

Abstract

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa MI Roudlotul Huda Semarang pada materi Bangun Ruang melalui penerapan media Wayang Bungkus (Wayang Bangun Ruang Kardus). Kegiatan ini menerapkan metode PALS ( Participatory Action and Learning System) yang melibatkan siswa dan guru sebagai objek dan subjek kegiatan. Metode ini terbagi meliputi tahap : penyadaran, pengkapasitasan, pendampingan, dan pelembagaan. Hasil dari kegiatan ini adalah (1) terciptanya media Wayang Bungkus yang dilengkapi bahan ajar, lembar kerja siswa, dan naskah cerita (2) peningkatan pemahaman siswa terhadap materi bangun ruang, (3) pemahaman guru terkait tahapan pembuatan dan pembelajaran menggunakan media Wayang Bungkus, serta (4) perjanjian kerjasama dan pembentukan tim pelaksanana pembelajaran, pengembangan, penelitian, dan pengabdian media Wayang Bungkus antara Jurusan Matematika UNNES dan MI Roudlotul Huda Semarang.

References

Baharsyah, Moh. Nasrul, dkk.(2017). Peningkatan Kemampuan Membaca Ruang melalui Delta-Net bagi Siswa Tunanetra SLBN Kota Semarang. Edu Geography, 5(2), 60-68.

Lestari, Dewi.(2013). Penerapan Teori Brunner untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Simetri Lipat di Kelas IV SDN 02 Makmur Jaya Kabupaten Mamuju Utara. Jurnal Kreatif Tadulako, 3(2), 129-141.

Mursalin.(2016). Pembelajaran Geometri Bidang Datar di Sekolah Dasar Berorientasi Teori Belajar Piaget. Jurnal Dikma, 4(2), 250-258.

Nisa, Atsani Rohmatun, Triyono, dan Joharman. (2016).Penerapan Pendekatan Kontekstual dengan Media Konkret dalam Peningkatan Pembelajaran Bangun Ruang pada Siswa Kelas V SDN Gumilir 04 Tahun Ajaran 2015/2106. Kalam Cendekia, 4(2.1), 191-197.

Purnama, Martini Dwi, Edy Bambang Irawan, dan Cholis Sa’dijah. (2017). Pengembangan Media Box Mengenal Bilangan dan Operasinya bagi Siswa Kelas 1 di SDN Gadang 1 Kota Malang. Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika, 1(1), 46-51. http://journal2.um.ac.id/index.php//jkpm

Downloads

Published

29-10-2020

How to Cite

Kristiawan, R., Ni’mah, A., Rokhaniyah, R., Pnca Suraya, F., Prasojo, W., & Eko Susilo, B. (2020). Penerapan Media Wayang Bungkus Dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Sekolah Dasar/ Madrasah Ibtidaiyah pada Materi Bangun Ruang. Abdimas Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 87–94. https://doi.org/10.17977/um050v3i22020p87-94

Issue

Section

Articles