Bimbingan Teknis Implementasi Kurikulum 2013 Dalam Publikasi Ilmiah Berbasis Karakter untuk Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru Sekolah Dasar

Authors

  • M. Zainuddin Universitas Negeri Malang
  • Sutansi Sutansi Universitas Negeri Malang
  • Puri Selfi Cholifah Universitas Negeri Malang
  • Mohamad Fatih Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
  • Achmad Ryan Fauzi Universitas Nahdlatul Ulama Blitar

DOI:

https://doi.org/10.17977/um050v3i22020p95-101

Keywords:

Blitar raya, bimbingan teknis, publikasi ilmiah, kompetensi professional, guru SD

Abstract

Program Pengabdian Masyarakat ini ditujukan kepada guru-guru SD di Blitar karya ilmiah berupa PTK dan publikasi ilmiah sebagai syarat peningkatan Raya khususnyaSDI Garum (Mitra 1) dan MI Hidayatullah (Mitra 2), dimana keduanya mengalami kegagalan dalam mengajukan profesi (jabatan) guru. Pelaksanaan bimbingan terbagi menjadi dua sesi. Tahapan kemitraan yang dilakukan untuk Mitra I yaitu: (1) melakukan pelatihan terkait urgensi, komponen, dan kiat-kiat penyusunan PTK, (2) memberikan penugasan dan pendampingan penyusunan PTK, dan (3) pendampingan dalam melakukan seminar hasil PTK. Sedangkan tahapan kemitraan yang dilakukan untuk Mitra II yaitu: (1) melakukan pelatihan terkait urgensi dan kiat dalam melakukan publikasi ilmiah, (2) pendampingan penyusunan artikel ilmiah, dan (3) pendampingan dalam melakukan publikasi di jurnal ilmiah. Pengabdian telah dilaksankan dengan lancar selama 3 hari.Hari pertama pemberian materi (tatap muka), hari kedua dan ketiga merupakan penugasan. Pada penugasan ini, peserta telah menghasilkan produk  yang diharapkan.Dengan demikian dapta diambil suatu kesimpulan bahwa pelaksanan pengabdian ini telah berhasil meningkatkan kemampuan guru dalam menulis karya ilmiah.Sehingga denagn bekal yang telah dimiliki ini dapat meningkatkan kompetensi professional guru-guru.

References

Kementerian Negara Pendayagunaan Aparatur Negara. (2009). Keputusan Menteri Negara Pemberdayaan Aparatur Negara RI No.16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya.

Komariyah, A. (2014). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional, Iklim Sekolah, Kinerja Mengajar Guru Terhadap Produktivitas Sekolah. Mimbar, 30 (1): 118-125.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.. (2016). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI No. 20 tahun 2016 tentang Standart Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2016). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI No. 22 tahun 2016 tentang Standart Proses Pendidikan Dasar dan Menengah.

Sekertariat Negera Republik Indonesia. (2017). Peraturan Presiden No. 87 tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter.

Smiles, Tracy, L. & Short, Kathy, G. (2006). Transforming Teacher Voice trough Writingfor Publication. Teacher Education Quarterly, Summer: 133-147. Retrieved from https://files.eric.ed.gov/fulltext/EJ795219.pdf.

Sudarti, A. (2016). Peningkatan Kemampuan Profesional Guru Melalui Supervisi Akademik Teknik Individual Conference. Jurnal Riset Pendidikan dan Pembelajaran, 7 (2): 7-21.

Whitney, Anne Elrod. (2012). Lawnmowers, Parties, and Writing Groups: What Teacher-Authors Have to Teach Us about Writing for Publication. English Journal, 101(5) 51–56. Retrieved from http://www.ncte.org/library/NCTEFiles/Resources/Journals/EJ/1015-may2012/EJ1015 Lawnmowers.pdf.

Downloads

Published

29-10-2020

How to Cite

Zainuddin, M., Sutansi, S., Cholifah, P. S., Fatih, M., & Ryan Fauzi, A. (2020). Bimbingan Teknis Implementasi Kurikulum 2013 Dalam Publikasi Ilmiah Berbasis Karakter untuk Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru Sekolah Dasar. Abdimas Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 95–101. https://doi.org/10.17977/um050v3i22020p95-101

Issue

Section

Articles