Pelatihan Peningkatan Keterampilan Berpikir Kreatif Dalam Pengambilan Keputusan Karir Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA)
DOI:
https://doi.org/10.17977/um050v2i22019p109-116Keywords:
Keterampilan berpikir kreatif, mind mapping, pengambilan keputusan karirAbstract
Pengabdian pada masyarakat ini merupakan penerapan hasil penelitian tentang kemampuan berpikir kreatif dalam pengambilan keputusan karir siswa dengan strategi mind mapping. Pelatihan dilakukan melalui kegiatan psikoedukasi. Pelatihan keterampilan berpikir kreatif ini diperuntukkan kepada siswa SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang, kelas XII MIPA, IPS, IBB, dan ICP. Tujuan yang diharapkan adalah meningkatnya keterampilan berpikir kreatif siswa SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang dalam pengambilan keputusan karir. Berdasarkan hasil pelatihan keterampilan berpikir kreatif sebelum dan sesudahnya ada peningkatan keterampilan berpikir kreatif siswa SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang ditunjukkan oleh besarnya selisih skor pasca tes dan pra tes. Demikian kuatnya beda antara prates dan pascates dengan signifikansi 0.000.
References
Buzan, T. (1993). The Mind Map Book. London: BBC Books.
Buzan, T. (2011). Mind Maps® : A Powerful Approach to Note-Taking, (Online), (http://www.mindtools.com/pages/article/newISS_01.htm).
Davies, M. (2010). Concept Mapping, Mind Mapping and Argument Mapping: What Are The Differences and Do They Matter?. Springer Science and Business Media: 01-23.
Davies, M. (2010). Concept Mapping, Mind Mapping and Argument Mapping: What Are The Differences and Do They Matter?. Springer Science and Business Media: 01-23.
Gardner, H. (1993). Creating Minds. An Anatomy of Creativity Seen Through the Lives of Freud, Einstein, Picasso, Stravinsky, Eliot, Graham, and Gandhi. New York: Basic Books.
Gardner, H. (2007). Five Minds For the Future (Lima Jenis Pikiran yang Penting di Masa Depan). Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Hidayah, N. (2015). Mengasah Keterampilan Berpikir Kritis dan Kreatif. Dalam ABKIN. 2015. Prosiding Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling: Revolusi Mental dalam Bimbingan dan Konseling. Surabaya. Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.
Kampylis, P. & Berki, E. (2014). Nurturing Crettive Thingking. International Academy of Education.(Online), (http://unesdoc.unesco.org/images-/0022/-002276/227680epdf).
Lee, Y.J. (2004). Effects of Divergent Thinking Training/Instructions on Torrance of Creative Thinking and Creative Performance. Dissertation. The University of Tennessee, Knoxville. (Online),(http://trace.tennessee.edu-/cgi/view-content.cgi?article=3831&context=utk_graddiss.
Meier, P.S. (2007). Mind-mapping: a Tool for Eliciting and Representing Knowledge Held by Diverse Informants. Universitiy of Surrey Social Research Update, 52, 01-04.
Ranjan, A. & Gabora, L. (2012). Creative Ideas for Actualizing Student Potential. University of British Columbia, 1−16.
Rosalina, I. (2015). Kemanjuran Penerapan Synectic Model dan Mind Mapping Untuk Meningkatkan Kreativitas Pengambilan Keputusan Karir Siswa SMA. Malang: Pascasarjana Universitas Negeri Malang.
Sternberg, R.J. (2012). Assessment of Creativity: An Investmen-Based Approach. Creativity Rsearch Journal, 24 (1), 3−12. (Online), (http://www-tandf-online.com/doi/pdf/10.1080/10400419.2012.652925).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Nur Hidayah, M. Ramli, Lutfi Fauzan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Generic License.