Peningkatan Kompetensi Konseling Ringkas Berfokus Solusi bagi Konselor SMK dan SMA
DOI:
https://doi.org/10.17977/um050v5i12022p15-22Keywords:
Konseling ringkas berfokus solusi, konselorAbstract
Tujuan kegaiatan untuk meningkatkan kompetensi konselor SMK dan SMA Kota Batu dalam menerapkan konseling ringkas berfokus solusi bagi penyelesaian masalah yang dihadapi siswa. Pelatihan dilakukan dengan pendekatan pembelajaran terstruktur (structured learning approach). Untuk mencapai tujuan tersebut dilakukan pelatihan konseling ringkas berfokus solusi kepada konselor SMA dan SMK Kota Batu dengan pendekatan belajar terstruktur melalui tahapan pembinaan hubungan baik, pemodelan, permainan peran, pemberian balikan, dan pemberian tugas. Secara umum, hasil pelatihan menunjukkan bahwa ada peningkatan kompetensi para peserta pelatihan dalam penerapan konseling ringkas berfokus solusi untuk membantu para konseli mencapai tujuan yang diharapkan dalam menemukan solusi pengatasan masalah yang dihadapi.
References
Arofah, L. 2015. Keefektifan Konseling Kelompok Ringkas Berfokus Solusi untuk Meningkatkan Disiplin-Diri Siswa Menengah Pertama Negeri 5 Malang. Tesis tidak diterbitkan. Malang: Pascasarjana Universitas Negeri Malang.
Capuzzi, D. & Gross, D.R. 2009. Introduction to the Counseling Profession. Columbus, Ohio: Pearson.
Corey, G. 2017. Theory and Practice of Counseling and Psychotherapy. Boston, MA: Cengage Learning.
de Shazer, S. & Dolan, Y. 2007. More Than Miracles: The State ofthe Art of Solution Focused Brief Therapy. London: Routledge.
Eryanti, D. 2015. Keefektifan Konseling Kelompok Ringkas Berfokus Solusi untuk Meningkatkan Percaya Diri Siswa Sekolah Menengah Pertama. Tesis Magister pada PPs Universitas Negeri Malang: tidak diterbitkan
Gladding, S.L. 2009. Counseling: A Comprehensive Profession. New Jersey: Pearson Education, Inc.
Mcdonald, A.J. 2007. Solution-Focused Therapy: Theory, Research, & Practice. London: Sage Publishers.
Mulawarman. 2010. Penerapan Solution-Focused Brief Therapy untuk Meningkatkan Harga Diri (Self-Esteem) Siswa SMA: Suatu Embedded Experimental Design. Tesis Magister pada PPs Universitas Negeri Malang: tidak diterbitkan
Ramli, M. & Hidayah, N. 2013 – 2015. Pengembangan Model Konseling ringkas berfokus solusi Bagi Peningkatan Kecerdasan Emosional Siswa SMK. Malang: LP2M UM.
Sciarre, D. 2004. School Counseling. Belmont, CA: Brooks/Cole-Thomson Learning.
Seligman, L. 2006. Theories of Counseling and Psychotherapy. Columbus, Ohio: Pearson Merril Prentice Hall.
Sharf, R.S. 2004. Theories of Psychotherapies and Counseling: Concepts and Cases. Pacivic Grove, CA: Brooks/Cole.
Sklare, B.G. 2014. Brief Counseling That Works: A Solution-Focused Therapy Approach for School Counselors and Other Mental Health Professionals. Thousand Oaks, CA: Corwin & ASCA.
Sklare, B.G., Sabella, R.A., Petrosko, J.M. 2003. A Preliminary Study of the Effects of Group Solution-Focused Guided Imagery on Recurring Individual Problems. Journal for Specialists in Group Work. 28 (4): 270-381.
Sprafkin, R. P. Gershaw, N. J. & Goldstein, A. P. 1993. Social Skills for Mental Health: A Structured Learning Approach. Massachussetts: Allyn & Bacon.
Ummah, A.H. 2012. Efektivitas Konseling Ringkas Berfokus Solusi untuk Meningkatkan Efikasi Diri Akademik Siswa Sekolah Menengah Pertama. Tesis Magister pada PPs Universitas Negeri Malang: tidak diterbitkan
Wiyono, B.D. 2013. Keefektifan Konseling Kelompok Ringkas Berfokus Solusi untuk Meningkatkan Motivasi Berprestasi Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Tesis Magister pada PPs Universitas.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 M. Ramli, Nur Hidayah, Lutfi Fauzan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Generic License.