171PENINGKATAN KOMPETENSI PENELITIAN PENGEMBANGAN DAN PENULISAN KARYA ILMIAH GURU

Authors

  • Teguh Triwiyanto Universitas Negeri Malang
  • Bambang Budi Wiyono Universitas Negeri Malang
  • Desi Kusumaningrum Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um050v1i22018p171-177

Keywords:

kompetensi, penelitian pengembangan, penulisan karya ilmiah

Abstract

Tujuan kegiatan pengabdian untuk peningkatan kompetensi penelitian pengembangan dan penulisan karya ilmiah guru. Jumlah peserta sebanyak 68 orang dengan rincian, 15 orang kepala sekolah, selebihnya guru dari TK, SD, dan SMP di Kota Malang. Untuk mentransfer dan merealisasi inovasi pendidikan di bidang penelitian dan penulisan karya ilmiah ini, tim pengabdian menggunakan empat metode, yaitu: pelatihan, workshop, simulasi terbimbing, dan konsultasi dan pendampingan. Evaluasi kegiatan dilakukan melalui 4 tahap evaluasi, yaitu: input, proses, hasil, outcome, dan evaluasi impact. Berdasarkan hasil evaluasi proses , tampak bahwa sebagian besar guru antusias mengikuti pembahasan hasil. Sebesar 93% guru aktif mengikuti, memperhatikan, menanggap dan mengemukakan pendapat dalam proses pembahasan. Sebagian besar guru dapat memahami materi dengan baik, dan pemahaman terhadap penelitian pengembangan. Jika ditinjau dari sasarannya, lebih dari 94% memamahi penelitian pengembangan.

References

Adams, C.M and Marie, G.J. 2011. A Diffusion Approach to Study Leadership Reform. Journal of Educational Administration, 49 (4): 354-362

BPSDMK-PMP Kemdikbud. 2015. Profil Guru, Kepala Sekolah, dan Pengawas. Rapat Persiapan Nasional Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan. Rabu, 3 Juni s/d Sabtu, 5 Juni 2015

Komariah, A. 2009. Melaksanakan Supervisi Akademis Melalui Penelitian Tindakan Sekolah (School Action Research). Jurnal Administrasi Pendidikan. 10 (2): 34-42.

Maisyaroh, dkk (Ed.). 2004. Perspektif Manajemen Pendidikan Berbasis Sekolah. Malang: Universitas Negeri Malang.

Mustika, I., Setiartin, T., Odo, H. 2017. Keefektifan Program Peningkatan Kompetensi Guru Rumpun Bahasa Sd-Smp Satu Atap (Satap) Di Wilayah Timur. Lingua. 13 (1):1-3.

Priyatini, E.W. 2007. Persepsi Guru terhadap Program Sertifikasi dan Hubungannya dengan Pengembangan Kemampuan Profesional Guru. Jurnal Manajemen Pendidikan, 20 (2): 98-106.

Rahayu, P., Mulyani S., Miswadi S. S. 2012. Pengembangan Pembelajaran Ipa Terpadu Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Base Melalui Lesson Study. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. 1 (1): 63-70.

Rokhman, F. 2008. Studi Kebutuhan Pengembangan Kompetensi Profesional Guru Sebagai Implementasi Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru Dan Dosen Dalam Rangka Peningkatan Mutu Pendidikan. Makalah disajikan dalam Konvensi Nasional Pendidikan Indonesia VI di Universitas Pendidikan Ganesha Hotel Aston, 17-19 Nopember.

Subandowo, M. 2009. Pengaruh Deferensiasi Motivasi Sosial terhadap Perilaku Profesional Guru. Jurnal Pendidikan & Pembelajaran, 16 (2): 149-161.

Suratman, B. 2010. Komptetensi Manajerial Kepala Sekolah, Ketersediaan Sarana Prasarana, Kapabilitas Mengajar Guru, dan Dukungan Orang Tua, Kaitannya dengan Prestasi Belajar Siswa SMP Negeri di Kota Surabaya. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 17 (1): 89 – 97.

Wiyono, B. B. 2008. Persepsi dan Sikap terhadap Program Sertifikasi, Keikutsertaan dalam Kegiatan Pengembangan dan Profesionalisme Guru. Jurnal Manajemen Pendidikan, 22 (2):124-139.

Downloads

Published

30-04-2018

How to Cite

Triwiyanto, T., Wiyono, B. B., & Kusumaningrum, D. (2018). 171PENINGKATAN KOMPETENSI PENELITIAN PENGEMBANGAN DAN PENULISAN KARYA ILMIAH GURU. Abdimas Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 171–177. https://doi.org/10.17977/um050v1i22018p171-177

Issue

Section

Articles