PENINGKATAN WAWASAN KEPEMIMPINAN DAN BUDAYA ORGANISASI PENDIDIKAN

Authors

  • Wildan Zulkarnain Universitas Negeri Malang
  • Sunarni Sunarni Universitas Negeri Malang
  • Burhanuddin Burhanuddin Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um050v1i12017p94-101

Keywords:

kepemimpinan, budaya organisasi, gaya dan tipe kepemimpinan

Abstract

Tujuan kegiatan ini adalah: (1) meningkatkan kompetensi kepemimpinan di sekolah dasar; (2) bertambahnya wawasan terbaru dari hasil-hasil penelitian tentang kepemimpinan pendidikan; (3) mengetahui gaya dan tipe kepemimpinan; dan (4) bertambahnya wawasan terbaru dari hasil penelitian tentang budaya organisasi. Metode yang digunakan adalah seminar dan workshop. Hasilnya bahwa ada peningkatan kompetensi dan wawasan kepemimpinan dan budaya organisasi serta terdeteksinya gaya dan tipe kepemimpinan pendidikan.

References

Arikunto, S. 2002. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.Bartol, K., Martin, D., Tein, M., & Matthews, G. 2002. Management: a Pacific Rim Focus. New York: The McGraw-Hill Companies, Inc.Benty, D. D. N., dan Sunarni. 2015. Pengembangan Instrumen Deteksi Gaya dan Tipe Kepemimpinan Pendidikan Berbasis Teknologi Informasi. Laporan penelitian tidak diterbitkan. Malang: Universitas Negeri Malang

Burhanuddin, dan Sunarni. 2016. Pengembangan Model Pengukuran Budaya Organisasi dan Efektivitas Kepemimpinan Sekolah Dasar. Laporan penelitian tidak diterbitkan. Malang: Universitas Negeri Malang.Burhanuddin. 2013. Participative Management and its Relationships With Employee Performance Behaviour: A Study in the University Sector in Malang Indonesia. Disertasi tidak diterbitkan. Adelaide: The University of Adelaide.Bush, T., & Middlewood, D. 2005. Leading and Managing People in Education. London: Sage Publications.Daryanto. 1997. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.Fakhruddin, M. 2011. Tipe-tipe Kepemimpinan dan Teori Kepemimpinan, (Online), (http://mahardikhareza.blogspot.com/2011), diakses 26 Februari 2013.Koontz, O’Donnell, dan Weihrich. 1984. Manajemen. Terjemahan oleh Antarikso, Firman, A., Dharma, A., dan Hendardi. 1990. Jakarta: Erlangga.Kruger, M. L., Witziers, B., & Sleegers, P. 2007. The Impact of School Leadership on School Level Factors: Validation of a Causal Model. School Effectiveness and School Improvement, 18(1), 1-20.Makawimbang, J. H. 2012. Kepemimpinan Pendidikan yang Bermutu. Bandung: Alfabeta.Mulyasa. E. 2007. Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: PT Remaja Rosdakarya. Riva’i, V. 2005. Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.Riyadi, B. 2012. Tupoksi Kepala Sekolah, (Online), (http://riyadi bambang.blogspot.com/2011), diakses 26 Februari 2013.Soetopo, H. 2010. Kepemimpinan Pendidikan.Malang: FIP UM.Sukardi. 2008. Evaluasi Pendidikan: Prinsip & Operasionalnya. Yogyakarta: Bumi Aksara. Thoha, M. 2003. Kepemimpinan dalam Manajemen, Suatu Pendekatan Perilaku. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.Thoha, M. C. 1990. Teknik Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada. Uchtiawati. 2010. Penjaminan Mutu Pendidikan pada Perguruan Tinggi Muhammadiyah di Jawa Timur. Disertasi tidak diterbitkan. Malang: PPs UM.Wahjosumidjo. 2005. Kepemimpinan Kepala Sekolah: Tinjauan Teoritik dan Permasalahannya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.Wiyono, B. B., & Tumardi. 2003. Evaluasi Pembelajaran. Malang: Elang Mas

Downloads

Published

28-11-2017

How to Cite

Zulkarnain, W., Sunarni, S., & Burhanuddin, B. (2017). PENINGKATAN WAWASAN KEPEMIMPINAN DAN BUDAYA ORGANISASI PENDIDIKAN. Abdimas Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 94–101. https://doi.org/10.17977/um050v1i12017p94-101

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)