Implementasi Pembelajaran Bermuatan Computational Thinking Pada Materi Kegunaan Uang di Kelas III Sekolah Dasa

Authors

  • Fauziah Mas'ula Soffa Universitas Sanata Dharma Yogyakarta
  • Anisa Sifa Yuginanda Universitas Sanata Dharma Yogyakarta
  • Siti Luluk Saniyati Universitas Sanata Dharma Yogyakarta
  • Kintan Limiansih Universitas Sanata Dharma Yogyakarta

Keywords:

computational thinking, use of money, mathematics learning, berpikir komputasi, kegunaan uang, pembelajaran matematika

Abstract

This article describes learning that contains computational thinking (CT) on the use of money material in grade III elementary schools. CT is a basic skill that involves problem formulation, problem-solving, as well as scientific reasoning. The government's policy regarding the need to integrate CT into learning is motivated by the low-quality index of Indonesian education in PISA and efforts to prepare students for 21st-century skills. The material about the use of money has a special urgency, namely instilling financial literacy which can be beneficial for the future of students. The method used is descriptive qualitative with primary data sources, namely class III students at SD Negeri Jatisawit totaling 32 students. The results of this study are that the implementation of CT-charged learning on the use of money material can bring up CT foundational aspects, namely decomposition and algorithms, and the teacher's ability to manage computational thinking-charged learning on the use of money material reaches a score of 91.6 percent or in the "good" category, the results student learning achieved RTP in the high category, namely 85 percent on the decomposition foundation score and 88 percent on the algorithm foundation score, the student's response to the application of CT-loaded learning was positive by achieving a score of 88.75 percent.

Artikel ini mendeskripsikan pembelajaran yang bermuatan computational thinking (CT) pada materi kegunaan uang pada kelas III sekolah dasar. CT adalah keterampilan dasar yang melibatkan perumusan masalah, pemecahan masalah, serta penalaran ilmiah. Kebijakan pemerintah mengenai perlunya pengintegrasian CT dalam pembelajaran dilatarbelakangi oleh rendahnya indeks mutu pendidikan Indonesia dalam PISA serta upaya mempersiapkan peserta didik menuju kecakapan abad 21. Materi kegunaan uang memiliki urgensi khusus yakni menanamkan literasi finansial yang dapat bermanfaat bagi masa depan peserta didik. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan sumber data primer yakni peserta didik kelas III SD Negeri Jatisawit berjumlah 32 peserta didik. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa implementasi pembelajaran bermuatan CT pada materi kegunaan uang dapat memunculkan aspek fondasi CT yakni dekomposisi dan algoritma, kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran bermuatan computational thinking pada materi kegunaan uang mencapai skor 91,6 persen atau dalam kategori “baik”, hasil belajar peserta didik mencapai RTP kategori tinggi yakni 85 persen pada skor fondasi dekomposisi dan 88 persen pada skor fondasi algoritma, respon peserta didik terhadap penerapan pembelajaran bermuatan CT adalah positif dengan mencapai skor 88,75 persen.

References

Aisah, H., Zaqiah, Q. Y., & Supiana, A. (2021). Implementasi Kebijakan Asesmen Kemampuan Minimum (AKM): Analisis Implementasi Kebijakan AKM. Jurnal Pendidikan Islam Al-Affan, 1(2), 128–135. http://ejournal.stit-alquraniyah.ac.id/index.php/jpia/

Akhmad, Amaliah, N., Riskawati, Hamsyah, E. F., Gustina, St. Humaera. Syarif, and Samsi, A. N. (2023). Edukasi Computational Thinking Dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 2(8):5867.

Amalia, A. R. (2022). Model Computational Thinking Pada Kurikulum Merdeka Sebagai Inovasi Pembelajaran Di Sd Annisa Rizky Amalia. DIDAKTIS 7: Proseding Seminar Nasional Pendidikan Dasar 2022, 499–507.

Council, N. R. (2011). Report of a workshop of pedagogical aspects of computational thinking. The National Academic Press.

CSTA. (2016). K-12 Computer Science Framework. 297. https://dl.acm.org/citation.cfm?id=3079760

Fitri, A., Rasa, A. A., Kusumawardhani, A., Nursya’bani, K. K., Fatimah, K., & Setianingsih, N. I. (2021). Buku Guru Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial.

Laila, V., Hadi, S., & Subanji, S. (2019). Pelaksanaan Pendidikan Literasi Finansial pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(11), 1491. https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i11.13016

Lee, J., Joswick, C., & Pole, K. (2022). Classroom Play and Activities to Support Computational Thinking Development in Early Childhood. Early Childhood Eduq J. https://doi.org/https://doi.org/10.1007/s10643-022-01319-0

Mason, S. L., & Rich, P. J. (2019). Preparing elementary school teachers to teach computing, coding, and computational thinking. Contemporary Issues in Technology and Teacher Education, 19(4), 790–824.

Maulana, R. W., & Kurniasih. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Finansial Siswa SD. JPPD: Jurnal Pedagogik Pendidikan Dasar, 8(1), 7–15.

Mustikawati, E. (2020). Pentingnya Literasi Keuangan Anak Sekolah Dasar Melalui Progam Market Day di SDIT LHI. Jurnal Pendidikan: Riset Dan Konseptual, 4(3), 431–436.

Nababana, S. A., and Tanjung, H. S. (2022). Pelatihan Guru Dalam Mengembangan Soal Model Asesmen High Order Thinking Skills ( HOTS ). Prosiding Seminar nasional UNIMUS 5. 1962–1965.

Nasution, S. W. (2021). Assesment Kurikulum Merdeka Belajar Di Sekolah Dasar. Prosding Seminar Nasional Pendidikan Dasar 1(1):135–42. doi: 10.34007/ppd.v1i1.181.

Nuvitalia, D., Saptaningrum, S., Ristanto, S., and Putri, M. R. (2022). Profil Kemampuan Berpikir Komputasional ( Computational Thinking ) Siswa SMP Negeri Se-Kota Semarang Tahun 2022. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika 13(2):211–18. doi: 10.26877/jp2f.v13i2.12794.

OECD. (2019). PISA 2018 Result: What Student Know and Can Do. PISA 2009 at a Glance, I. https://doi.org/10.1787/g222d18af-en

OJK. (2020). Hasil Survei Literasi dan Inklusi Keuangan Nasional Meningkat. https://sikapiuangmu.ojk.go.id/FrontEnd/CMS/Article/20549

Pratiwi, I. (2019). Efek Program Pisa Terhadap Kurikulum Di Indonesia. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 4(1), 51–71. https://doi.org/10.24832/jpnk.v4i1.1157

Rahman, A. A. (2022). Integrasi Computational Thinking dalam Model EDP-STEM untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 6(2), 575–590. https://doi.org/10.26811/didaktika.v6i2.409

Sodiqin, A., Sugiyono, & Tirtowarti, N. (2015). Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Metode Scramble Terhadap Hasil Belajar Ips Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 4(9), 1–17.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta.

Sundayana, R. (2020). Statistika Penelitian Pendidikan. Alfabeta.

Surahman, E., Ulfa, S., Sulthoni, & Sumaji. (2020). Pelatihan Perancangan Pembelajaran Berbasis Computational Thinking untuk Guru Sekolah Dasar. JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 1(2), 60–74. https://doi.org/10.37339/jurpikat.v1i2.277

Sutarsa, D. A., & Puspitasari, N. (2021). Perbandingan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa antara Model Pembelajaran GI dan PBL. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 169–182. https://doi.org/10.31980/plusminus.v1i1.1035

Syafrida. (2016). Demonstrasi Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Menghitung Keliling, Luas Bangun Datar Serta Pengenalan Sejarah Uang Dan Kegunaannya. 2(2), 155–160.

Yang, D., Baek, Y., Ching, Y.-H., Swanson, S., Chittoori, B., & Wang, S. (2021). Infusing Computational Thinking in an Integrated STEM Curriculum: User Reactions and Lessons Learned. European Journal of STEM Education, 6(1), 04. https://doi.org/10.20897/ejsteme/9560

Zamzami, E. M., Tarigan, J. T., Zendrato, N., Muis, A., Yoga, A. P., &

Faisal, M. (2020). Exercising the Students Computational Thinking Ability using Bebras Challenge. Journal of Physics: Conference Series, 1566(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1566/1/012113

Downloads

Published

2023-05-31

How to Cite

Soffa, F. M., Yuginanda, A. S., Saniyati, S. L., & Limiansih, K. (2023). Implementasi Pembelajaran Bermuatan Computational Thinking Pada Materi Kegunaan Uang di Kelas III Sekolah Dasa. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 32(1), 74–87. Retrieved from https://journal-fip.um.ac.id/index.php/sd/article/view/787

Issue

Section

Articles