Pengembangan Media Pembelajaran Canva Berbasis Model Problem Based Learning di Kelas IV Sekolah Dasar
Keywords:
learning media, Canva, Problem Based Learning, ADDIEAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran Canva berbasis model Problem based learning pada pembelajaran Pendidikan Pancasila di Kelas IV SD yang valid dan praktis. Metode penelitian ini merupakan metode penelitian dan pengembangan dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari 5 langkah: 1) Analysis 2) Design 3) Development 4) Implementation 5) Evaluation. Data yang didapatkan dari angket validasi serta angket praktik. Dimana subejk penelitiannya yakni 3 validator ahli, 1 guru, serta 23 peserta didik kelas IV SDN 18 Air Tawar Selatan. Hasil penelitian pengembangan media pembelajaran Canva memiliki tingkat validitas yang sangat valid, validitas materi 90% dengan kategori sangat valid, validitas bahasa 95% dengan kategori sangat valid, validitas media 98% kategori sangat valid. Kemudian, didapatkan hasil praktikalitas respon siswa sejumlah 89,31% dengan kategori sangat praktis serta respon dari guru mendapatkan hasil 91,66% yang berkategori sangat praktis. Hasil dari penelitian tersebut memaparkan bahwa penggunaan media pembelajaran Canva berbasis model Problem Based Learningsangat valid dan praktis digunakan dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila di Kelas IV Sekolah Dasar.
References
Annisa, A. R., Putra, A. P., & Dharmono. (2020). KEPRAKTISAN MEDIA PEMBELAJARAN DAYA ANTIBAKTERI EKSTRAK BUAH SAWO BERBASIS MACROMEDIA FLASH. Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 11(1), 72–0716. https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/16613
Candra Kurniawan, D., Kuswandi, D., & Husna, A. (2018). PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN IPA TENTANG SIFAT DAN PERUBAHAN WUJUD BENDA KELAS IV SDN MERJOSARI 5 MALANG. Jurnal Inovasi Dan Tekonologi Pembelajaran, 4(2), 119–125.
http://journal2.um.ac.id/index.php/jinotep/index
Deswita, E., & Amini, R. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunanakan Canva Untuk Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Journal of Basic Education Studies, 5(1), 950–961. https://www.ejurnalunsam.id/index.php/jbes/article/view/5274
Desy Ratnasari, A., Wahyudi, & Permana, I. (2022). Penerapan Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik. Scholaria: Junal Pendidikan Dan Kebudayaan, 12(3), 261–266. https://doi.org/https://doi.org/10.24246/j.js.2022.v12.i3.p261-266
Eliyasni, R., Anita, Y., & Hanafi, A. S. (2020). PROSES PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Mutiara Pendidikan Indonesia, 5(2), 1–8. http://e-journal.sari-mutiara.ac.id/index.php/JMT
Fasa, I. A., & Purwanti, K. L. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Website Mata Pelajaran Matematika untuk Siswa Madrasah Ibtidaiyah. Sekol;Ah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 32(01), 15–24. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/um009v32i12023p15-24
Guspita Sari, R., & Erita, Y. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berupa Komik Digital Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Di Kelas IV Sekolah Dasar. Journal of Basic Education Studies, 4(1), 3126–3136.
Kamila, Z., & Kowiyah. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Canva pada Materi Pecahan untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 72–83. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i1.1663
Mashuri, D. K., & Budiyono. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Materi Volume Bangun Ruang untuk SD Kelas V. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(5), 893–903. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/35876
Maulita, S. A., & Erita, Y. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Online Menggunakan Aplikasi Schoology pada Pembelajaran Tematik Terpadu di SD. Journal of Basic Education Studies, 4(1), 3650–3665. https://ejurnalunsam.id/index.php/jbes/article/view/4208
Mubarak, I., & Ariani, Y. (2021). Jurnal Elementary PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR. Jurnal Elementary, 4(2), 70–79. https://doi.org/10.31764/elementary.v4i2.4491
Nugraha, T. S. (2022). Kurikulum Merdeka untuk Pemulihan Krisis Pembelajaran. Jurnal UPI, 19(2), 251–262. https://doi.org/https://doi.org/10.17509/jik.v19i2.45301
Nurhayati, Vianty, M., Nisphi, M. L., & Sari, D. E. (2022). Pelatihan dan Pendampingan Desain dan Produksi Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Canva for Education bagi Guru Bahasa di Kota Palembang. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 171–180. https://doi.org/https://doi.org/10.31849/dinamisia.v6i1.8340
Purwanto. (2013). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Rayanto, R. H., & Sugianti. (2020). Penelitian Pengembangan Model ADDIE dan R2D2 : Teori dan Praktek. Pasuruan: Lembaga Academic dan Research Institute.
Reinita. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Tematik Terpadu dengan Model Problem Based Learning di Sekolah Dasar. Journal of Moral and Civic Education, 4(2), 88–96. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/8851412422020230
Reinita, & Fitria, A. (2022). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDIO. Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Kependidikan, 13(2), 98–101. https://doi.org/https://doi.org/10.31764/paedagoria.v13i2.9021
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukmadinata, N. S. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sumarsih, I., Marliyani, T., Hadiyansah, Y., Hernawan, A. H., & Prihantini. (2022). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Penggerak Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8248–8258. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3216
Sumarsih, Sr. M., Susanti, L. R. R., & Slamet, A. (2021). Pengembangan Multimedia Pembelajaran PPKn Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 4(4), 329–426. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/um038v4i42021p368
Supriyono. (2018). PENTINGNYA MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA SD. Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 43–48. https://doi.org/https://doi.org/10.26740/eds.v2n1.p43-48
Tanjung, R. E., & Faiza, D. (2019). CANVA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATA. Jurnal Vokasional Teknik Elektronika Dan Informatika, 7(2), 80–85.
Wahyuni, R., & Napitupulu, S. (2022). EduGlobal: Jurnal Penelitian Pendidikan Pengembangan Media Pembelajaran Aplikasi Canva Pada Pembelajaran Tematik Tema Kayanya Negeriku Kelas IV SD. EduGlobal: Jurnal Penelitian Pendidikan, 01(4), 333–349. https://doi.org/https://doi.org/10.2246/eduglobal.v1i4.1545
Wulandari, R., Susilo, H., & Kuswandi, D. (2017). PENGGUNAAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERMUATAN GAME EDUKASI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(8), 1024–1029. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v2i8.9759
Yudasmara, G. A., & Purnami, D. (2015). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKIF BIOLOGI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMP. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 48(1–3), 1–8. https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v48i1-3.6923