MODEL KEMITRAAN YANG INOVATIF UNTUK MEMBANGUN JARINGAN PEMASARAN KERJASAMA INDUSTRI UMKM DENGAN PONDOK PESANTREN DARUL ULUM JOMBANG (Kajian potensi icon Kabupaten Jombang dalam kerangka membangun kerjasama kemitraan ekonomi)
DOI:
https://doi.org/10.17977/um050v2i12018p28-36Keywords:
Kurikulum 2013, model pembelajaran, inovatif dan kreatifAbstract
IKabupaten Jombang memiliki dua icon,( satu) sebutan sebagai kota pesantren karena
bendiri beberapa pondok pesantren besar yang sudah menasional dan( kedua) memiliki prestasi
dalam pembinaan koperasi dan UMKM di jatim sejak tahun 2012, dari dua potensi tersebut
sepatutnya untuk saling melakukan kerjasama. Produk industri UMKM dari jombang sangat
membutuhkan jaringan pemasaran, dan pondok pesantren Darul ulum memiliki potensi jaringan
santri dan alumni yang menasional, modal dan iven-iven.Namun pesantren dan industri UMKM
yang merupakan icon kabupaten Jombang belum optimal untuk bersinergi dan kerjasama.
Menemukan model kemitraan yang inovatif dan produktif untuk menjawab permasalahan
industri UMKM bidang pemasaran,permodalan dan SDM adalah sesuatu hal yang penting dari
penelitian ini. Dan sekaligus untuk memanfaatkan potensi dan jaringan yang dimiliki oleh pondok pesantren Darul Ulum guna menjawab permasalahan industri UMKM di Kabupaten Jombang
tentang pemasaran, permodalam dan SDM. Sebagai lembaga yang memiliki basis yang kuat di
tingkat masyarakat bawah, pesantren Darul Ulum harus ikut mengembangkan ekonomi ummat,
kewirausahaan dan melakukan kegiatan produktif berbasis sumberdaya local. Industri UMKM
dan pondok pesantren Darul Ulum saling bisa memberi dukungan financial, pengembangan
ketrampilan kecakapan hidup (life skills ) , promosi dan pemasaran di lingkungan pesantren.
Kebijakan kabupaten Jombang sampai tahun 2025 menempatkan industri UMKM sebagai
program unngulan yang berbasis di bidang agrobisnis menuju Jombang Agropolitan. Penelitian
ini menggunakan pendekatan partisipatori yang melalui tahapan: identifikasi masalah,analisis
masalah, kodifikasi, penyajian , pendiskusian dan tindakan (langkah nyata).Ditemukan potensi
yang dimiliki oleh industri UMKM Kabupaten Jombang berupa aneka jenis produk yang
siap dan butuh di pasarkan yaitu, 67 jenis produk makanan khas dan minuman (mamin ) , 43
produk cindera mata dan 18 produk fation. Dan potensi yang dimiliki oleh pondok pesantren
Darul Ulum Jombang yang strategis sebagai peluang untuk menjalin kerjasama / bermitra
dengan industri UMKM di Jombang meliputi komunitas besar ( kurang lebih 10 ribu santri dan
guru ), Sumberdaya ( manusia, fasilitas ), Jaringan alumni ( yang tersebar nasional ), Jaringan
modal ( kerjasama bank dan non bank) dan langkahnyata berupa, Galeri produk UMKM santri,
Entrepreneur’s Day dan Jaringan Pemasaran melalui alumni dan wali santri.
model-model tersebut.
References
Imsin al Mustofa, 2011, Industri rumah tangga
di desa Tambar masuk pasar regional Jawa
Timur
Mustofa. H. Dan mulyono. 2010.Profil UMKM
di Kabupaten Jombang menuju pasar bebas
asian 2014.
Bambang S. 2012, Karakteristik kerajianan
Industri UMKM Jombang yang mampu
menembus pasar dunia
Indra k. DKK. 2012, Industri logam di kecamatan
MojoAgung dan penyerapan tenaga kerja
dari kabupaten Jombanag
Wiwik M. 2012. Produk UMKM dari kabupaten
Jombang yang paling diminati oleh turis
manca Negara
Mustaqim Ali, 2012, Peranan pondok pesantren
dalam mempromosikan produk UMKM dari
Jombang melalui jaringan alumni.(jurnal)
Imsin al ustofa, 2012, Analisis potensi pesantren
Darul Ulum Jombang Dalam memasarkan
Produk Industri UMKM melalui iven
pesantren
Sunarto, 2012, Aneka produk UMKM Kabupaten
Jombang, Dinas koperasi dan UMKM
Kabupaten Jombang.
Al-Bary, M.D. 2003. Kamus Induk Istilah Ilmiah.
Cetakan Pertama. Target Press. Surabaya
A. Halim Rr. Suhartini, (2009) Manajemen
pesantren, Yogyakarta.PT.LKIS printing
cemerlang
Basu, S. 2002. Pengantar Bisnis Modern. Edisi
Kesepuluh. Liberty. Jogjakarta.
Boediono. 2008. Seri Sinopsis Pengantar Ilmu
Ekonomi No. 1 Ekonomi Mikro. Cetakan
keduapuluh empat. BPFE-Yogyakarta.
Yogyakarta.
Mansur Muhamad, Karyadi Fathurrahman,
, Hadratussyeh KH.M. Hasyim Asyari
dimata santri (Wawancara dengan KH.Abdul
Muchith muzadi) Cetakan II Pustaka
Tebuireng, Jombang.
Misbach Lutffie, Moch.(2003) Ekonomi Indonesia,
Surabaya .Airlangga University
Press (AUP)
Mubyarto, (2002) Ekonomi Pancasila, Yogyakarta.
Badan percetakan Fakultas
Ekonomi (BPFE) UGM.
Mubyarto, Prof.Dr.(2002) Membangu sistem
Ekonomi, Yogyakarta.Badan percetakan
Fakultas Ekonomi (BPFE) UGM.
Sulthon, (2006) Manajemen Pondok pesantren
,Yogyakarta,LaksbangPressindo
Damiri, J. 2005. Manajemen Pembelian,
Penerimaan, dan Penyimpanan. Cetakan
Pertama. Graha Ilmu Yogyakarta.
Furqon. 2004. Statistika Terapan untuk Penelitian.
Cetakan Kelima. Alfabeta. Bandung.
Indrajit, R.E. dan J. Pranoto. 2005. Strategi
Manajemen Pembelian . Edisi Pertama. PT
Grasindo. Jakarta.
Kotler, P. dan K. Kotler. 2007. Manajemen
Pemasaran. Edisi Keduabelas. PT Macanan
Jaya Cemerlang. Jakarta.
Milles, B. dan A.M. Huberman 1992. Analisis Data
Kualitatif, Cetakan Pertama. UI Press. Jakarta.
Muhammad, S. 2004. Manajemen Strategik. Edisi
kedua. Unit Penerbit dan Percetakan Sekolah
Tinggi Ilmu Manajemen. Jogjakarta.
Nurgiantoro, N. 2004. Statistik Terapan. Cetakan
Ketiga. UGM Press. Jogjakarta.
Nursakbani, P. 2006. Manajemen Kualitas. Edisi
pertama. Ekonisia. Jogjakarta.
Prawirosentono. S. 2007. Manajemen Operasi.
Edisi Pertama. PT Bumi Aksara. Jakarta.
Priatna, D. dan Rony Setiawan. 2005. Pengantar
Statistik. Cetakan pertama. Graha Ilmu.
Yogyakarta.
Rangkuti, F. 2008. Analisis SWOT Teknik
Membedah Kasus Bisnis. Reorientasi Konsep
Perencanaan Strategis untuk Menghadapi
Abad 21. PT Gramedia Pustaka Utama.
Jakarta.
Madji Rofiq Mohammad. 2012. Jurus Dewa
Mabuk ala Gus Dur , Cetakan pertaa. Pustaka
Tebuireng Jombang.
Sabarguna, B.S. 2005. Analisis Data pada Penelitian
Kualitatif. Edisi Pertama. UI Press. Jakarta.
Sayafa’aat, N., dkk. 2005. Pertanian Menjawab
Tantangan Ekonomi Nasional. Cetakan
Pertama. Lapera Pustaka Utama. Jogjakarta.
Soekartawi. 2005. Agrobisbisnis. Cetakan Kedua.
RajaGrafindo Persada. Jakarta.
Soetriono. 2006. Daya Saing Pertanian dalam
Tinjauan Analisis. Cetakan Pertama.
Bayumedia Publishing. Malang.
Sudjana. 1999. Statistik Deskriptif untuk Ekonomi
dan Niaga. Cetakan Kelima. Tarsito. Bandung.
.Thoha, M. 2003. Prilaku Organisasi. Cetakan
Keempatbelas. Fajar Offset. Jakarta.
Usman, H. dan P. Setiadi Akbar. 2006. Metodologi
Penelitian Sosial. Edisi Keenam. Bumi
Aksara. Jakarta
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Mohammad Imsin, Dina Eka Shofiana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Generic License.