MODEL KEMITRAAN YANG INOVATIF UNTUK MEMBANGUN JARINGAN PEMASARAN KERJASAMA INDUSTRI UMKM DENGAN PONDOK PESANTREN DARUL ULUM JOMBANG (Kajian potensi icon Kabupaten Jombang dalam kerangka membangun kerjasama kemitraan ekonomi)

Authors

  • Mohammad Imsin Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum Jombang
  • Dina Eka Shofiana Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum Jombang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um050v2i12018p28-36

Keywords:

Kurikulum 2013, model pembelajaran, inovatif dan kreatif

Abstract

IKabupaten Jombang memiliki dua icon,( satu) sebutan sebagai kota pesantren karena
bendiri beberapa pondok pesantren besar yang sudah menasional dan( kedua) memiliki prestasi
dalam pembinaan koperasi dan UMKM di jatim sejak tahun 2012, dari dua potensi tersebut
sepatutnya untuk saling melakukan kerjasama. Produk industri UMKM dari jombang sangat
membutuhkan jaringan pemasaran, dan pondok pesantren Darul ulum memiliki potensi jaringan
santri dan alumni yang menasional, modal dan iven-iven.Namun pesantren dan industri UMKM
yang merupakan icon kabupaten Jombang belum optimal untuk bersinergi dan kerjasama.
Menemukan model kemitraan yang inovatif dan produktif untuk menjawab permasalahan
industri UMKM bidang pemasaran,permodalan dan SDM adalah sesuatu hal yang penting dari
penelitian ini. Dan sekaligus untuk memanfaatkan potensi dan jaringan yang dimiliki oleh pondok pesantren Darul Ulum guna menjawab permasalahan industri UMKM di Kabupaten Jombang
tentang pemasaran, permodalam dan SDM. Sebagai lembaga yang memiliki basis yang kuat di
tingkat masyarakat bawah, pesantren Darul Ulum harus ikut mengembangkan ekonomi ummat,
kewirausahaan dan melakukan kegiatan produktif berbasis sumberdaya local. Industri UMKM
dan pondok pesantren Darul Ulum saling bisa memberi dukungan financial, pengembangan
ketrampilan kecakapan hidup (life skills ) , promosi dan pemasaran di lingkungan pesantren.
Kebijakan kabupaten Jombang sampai tahun 2025 menempatkan industri UMKM sebagai
program unngulan yang berbasis di bidang agrobisnis menuju Jombang Agropolitan. Penelitian
ini menggunakan pendekatan partisipatori yang melalui tahapan: identifikasi masalah,analisis
masalah, kodifikasi, penyajian , pendiskusian dan tindakan (langkah nyata).Ditemukan potensi
yang dimiliki oleh industri UMKM Kabupaten Jombang berupa aneka jenis produk yang
siap dan butuh di pasarkan yaitu, 67 jenis produk makanan khas dan minuman (mamin ) , 43
produk cindera mata dan 18 produk fation. Dan potensi yang dimiliki oleh pondok pesantren
Darul Ulum Jombang yang strategis sebagai peluang untuk menjalin kerjasama / bermitra
dengan industri UMKM di Jombang meliputi komunitas besar ( kurang lebih 10 ribu santri dan
guru ), Sumberdaya ( manusia, fasilitas ), Jaringan alumni ( yang tersebar nasional ), Jaringan
modal ( kerjasama bank dan non bank) dan langkahnyata berupa, Galeri produk UMKM santri,
Entrepreneur’s Day dan Jaringan Pemasaran melalui alumni dan wali santri.
model-model tersebut.

References

Imsin al Mustofa, 2011, Industri rumah tangga

di desa Tambar masuk pasar regional Jawa

Timur

Mustofa. H. Dan mulyono. 2010.Profil UMKM

di Kabupaten Jombang menuju pasar bebas

asian 2014.

Bambang S. 2012, Karakteristik kerajianan

Industri UMKM Jombang yang mampu

menembus pasar dunia

Indra k. DKK. 2012, Industri logam di kecamatan

MojoAgung dan penyerapan tenaga kerja

dari kabupaten Jombanag

Wiwik M. 2012. Produk UMKM dari kabupaten

Jombang yang paling diminati oleh turis

manca Negara

Mustaqim Ali, 2012, Peranan pondok pesantren

dalam mempromosikan produk UMKM dari

Jombang melalui jaringan alumni.(jurnal)

Imsin al ustofa, 2012, Analisis potensi pesantren

Darul Ulum Jombang Dalam memasarkan

Produk Industri UMKM melalui iven

pesantren

Sunarto, 2012, Aneka produk UMKM Kabupaten

Jombang, Dinas koperasi dan UMKM

Kabupaten Jombang.

Al-Bary, M.D. 2003. Kamus Induk Istilah Ilmiah.

Cetakan Pertama. Target Press. Surabaya

A. Halim Rr. Suhartini, (2009) Manajemen

pesantren, Yogyakarta.PT.LKIS printing

cemerlang

Basu, S. 2002. Pengantar Bisnis Modern. Edisi

Kesepuluh. Liberty. Jogjakarta.

Boediono. 2008. Seri Sinopsis Pengantar Ilmu

Ekonomi No. 1 Ekonomi Mikro. Cetakan

keduapuluh empat. BPFE-Yogyakarta.

Yogyakarta.

Mansur Muhamad, Karyadi Fathurrahman,

, Hadratussyeh KH.M. Hasyim Asyari

dimata santri (Wawancara dengan KH.Abdul

Muchith muzadi) Cetakan II Pustaka

Tebuireng, Jombang.

Misbach Lutffie, Moch.(2003) Ekonomi Indonesia,

Surabaya .Airlangga University

Press (AUP)

Mubyarto, (2002) Ekonomi Pancasila, Yogyakarta.

Badan percetakan Fakultas

Ekonomi (BPFE) UGM.

Mubyarto, Prof.Dr.(2002) Membangu sistem

Ekonomi, Yogyakarta.Badan percetakan

Fakultas Ekonomi (BPFE) UGM.

Sulthon, (2006) Manajemen Pondok pesantren

,Yogyakarta,LaksbangPressindo

Damiri, J. 2005. Manajemen Pembelian,

Penerimaan, dan Penyimpanan. Cetakan

Pertama. Graha Ilmu Yogyakarta.

Furqon. 2004. Statistika Terapan untuk Penelitian.

Cetakan Kelima. Alfabeta. Bandung.

Indrajit, R.E. dan J. Pranoto. 2005. Strategi

Manajemen Pembelian . Edisi Pertama. PT

Grasindo. Jakarta.

Kotler, P. dan K. Kotler. 2007. Manajemen

Pemasaran. Edisi Keduabelas. PT Macanan

Jaya Cemerlang. Jakarta.

Milles, B. dan A.M. Huberman 1992. Analisis Data

Kualitatif, Cetakan Pertama. UI Press. Jakarta.

Muhammad, S. 2004. Manajemen Strategik. Edisi

kedua. Unit Penerbit dan Percetakan Sekolah

Tinggi Ilmu Manajemen. Jogjakarta.

Nurgiantoro, N. 2004. Statistik Terapan. Cetakan

Ketiga. UGM Press. Jogjakarta.

Nursakbani, P. 2006. Manajemen Kualitas. Edisi

pertama. Ekonisia. Jogjakarta.

Prawirosentono. S. 2007. Manajemen Operasi.

Edisi Pertama. PT Bumi Aksara. Jakarta.

Priatna, D. dan Rony Setiawan. 2005. Pengantar

Statistik. Cetakan pertama. Graha Ilmu.

Yogyakarta.

Rangkuti, F. 2008. Analisis SWOT Teknik

Membedah Kasus Bisnis. Reorientasi Konsep

Perencanaan Strategis untuk Menghadapi

Abad 21. PT Gramedia Pustaka Utama.

Jakarta.

Madji Rofiq Mohammad. 2012. Jurus Dewa

Mabuk ala Gus Dur , Cetakan pertaa. Pustaka

Tebuireng Jombang.

Sabarguna, B.S. 2005. Analisis Data pada Penelitian

Kualitatif. Edisi Pertama. UI Press. Jakarta.

Sayafa’aat, N., dkk. 2005. Pertanian Menjawab

Tantangan Ekonomi Nasional. Cetakan

Pertama. Lapera Pustaka Utama. Jogjakarta.

Soekartawi. 2005. Agrobisbisnis. Cetakan Kedua.

RajaGrafindo Persada. Jakarta.

Soetriono. 2006. Daya Saing Pertanian dalam

Tinjauan Analisis. Cetakan Pertama.

Bayumedia Publishing. Malang.

Sudjana. 1999. Statistik Deskriptif untuk Ekonomi

dan Niaga. Cetakan Kelima. Tarsito. Bandung.

.Thoha, M. 2003. Prilaku Organisasi. Cetakan

Keempatbelas. Fajar Offset. Jakarta.

Usman, H. dan P. Setiadi Akbar. 2006. Metodologi

Penelitian Sosial. Edisi Keenam. Bumi

Aksara. Jakarta

Downloads

Published

30-10-2018

How to Cite

Imsin, M., & Eka Shofiana, D. (2018). MODEL KEMITRAAN YANG INOVATIF UNTUK MEMBANGUN JARINGAN PEMASARAN KERJASAMA INDUSTRI UMKM DENGAN PONDOK PESANTREN DARUL ULUM JOMBANG (Kajian potensi icon Kabupaten Jombang dalam kerangka membangun kerjasama kemitraan ekonomi). Abdimas Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 28–36. https://doi.org/10.17977/um050v2i12018p28-36

Issue

Section

Articles