PELATIHAN IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU BERBASIS INOVATIF DAN KREATIF BAGI GURU
DOI:
https://doi.org/10.17977/um050v1i22018p109-113Keywords:
Kurikulum 2013, Model pembelajaran, Inovatif dan kreatifAbstract
Implementasi kurikulum 2013 di Kota Blitar menimbulkan berbagai kendala guru
dalam mengajar. Tujuan dari pengabdian ini yaitu memberikan pelatihan kepada guru-guru
di Kota Blitar sehingga dapat mengimplematasikan kurikulum 2013 dengan berbagai model
pembelajaran yang kreatif dan inovatif. Metode yang diguakan dalam pelatihan menggunakan
metode ceramah, diskusi, dan partisipasi aktif dari peserta. Hasil yang diperoleh peserta
mengetahui model pembelajaran yang berbasis inovatif dan kreatif dan dapat mempraktikkan
model-model tersebut.
References
Kemendikbud. 2013. Dasar Hukum: Implementasi
Kurikulum 2013 di SD. Jakarta: Direktorat
Pembinaan SD.
Kemendikbud. 2013. Panduan Teknis:
Pembelajaran Tematik Terpadu dengan
Pendekatan Saintifik di SD. Direktorat
Pembinaan SD.
Kemendikbud. 2013. Panduan Teknis: Penyusunan
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran di SD.
Jakarta: Direktorat Pembinaan SD
Mudiono, Alif. 2000. Keefektifan Pembelajaran
Membaca Pemahaman di Sekolah Dasar.
Laporan Hasil Penelitian. Malang: Puslit
IKIP Malang
Mudiono, Alif. 2001. Kemampuan Guru dalam
Pembelajran Membaca Pemahaman di
Sekolah Dasar. Laporan Hasil Penelitian.
Malang: Puslit IKIP Malang.
Mudiono, Alif. 2009. Pengembangan Model
Pembelajaran Guided Reading Thinking
Activities. di SD Laporan. Hasil Penelitian
Tidak Diterbitkan. Malang: Universitas
Negeri Malang.
Mudiono, Alif. 2009. Pengembangan Model
Pembelajaran Guided Reading dengan Teknik
Directed Reading Thinking Activities di
SD. Laporan Hasil Penelitian Tahap Tahun
Pertama. Malang: Puslit Universitas Negeri
Malang
Mudiono, Alif. 2010. Pengembangan Bahan
Pembelajaran Bahasa Indonesia SD. Malang:
Fakultas Ilmu Pendidikan.
Mudiono, Alif. 2010. Pengembangan Model
Pembelajaran Guided Reading dengan
Teknik Directed Reading Thinking Activities
di SD. Laporan Hasil Penelitian Tahap Tahun
Kedua. Malang: Puslit Universitas Negeri
Malang.
Mudiono, Alif. 2013. Pengembangan Model
Pembelajaran Literasi Fokus Menulis
Narasi dengan Teknik Probing-Prompting
di SD Wilayah Kota Blitar. Laporan Hasil
Penelitian. Penelitian Tahap Pertama. Malang:
Universitas Negeri Malang.
Mudiono, Alif. 2014. Pembelajaran Baca Tulis
Permulaan dengan Menggunakan Metode
Kupas rangkai Suku Kata di SD. Artikel
Konseptual. Malang: FIP Universitas Negeri
Malang.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Alif Mudiono, Suhel Madyono, Esti Untari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Generic License.