PELATIHAN IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU BERBASIS INOVATIF DAN KREATIF BAGI GURU

Authors

  • Alif Mudiono Universitas Negeri Malang
  • Suhel Madyono Universitas Negeri Malang
  • Esti Untari Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um050v1i22018p109-113

Keywords:

Kurikulum 2013, Model pembelajaran, Inovatif dan kreatif

Abstract

Implementasi kurikulum 2013 di Kota Blitar menimbulkan berbagai kendala guru
dalam mengajar. Tujuan dari pengabdian ini yaitu memberikan pelatihan kepada guru-guru
di Kota Blitar sehingga dapat mengimplematasikan kurikulum 2013 dengan berbagai model
pembelajaran yang kreatif dan inovatif. Metode yang diguakan dalam pelatihan menggunakan
metode ceramah, diskusi, dan partisipasi aktif dari peserta. Hasil yang diperoleh peserta
mengetahui model pembelajaran yang berbasis inovatif dan kreatif dan dapat mempraktikkan
model-model tersebut.

References

Kemendikbud. 2013. Dasar Hukum: Implementasi

Kurikulum 2013 di SD. Jakarta: Direktorat

Pembinaan SD.

Kemendikbud. 2013. Panduan Teknis:

Pembelajaran Tematik Terpadu dengan

Pendekatan Saintifik di SD. Direktorat

Pembinaan SD.

Kemendikbud. 2013. Panduan Teknis: Penyusunan

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran di SD.

Jakarta: Direktorat Pembinaan SD

Mudiono, Alif. 2000. Keefektifan Pembelajaran

Membaca Pemahaman di Sekolah Dasar.

Laporan Hasil Penelitian. Malang: Puslit

IKIP Malang

Mudiono, Alif. 2001. Kemampuan Guru dalam

Pembelajran Membaca Pemahaman di

Sekolah Dasar. Laporan Hasil Penelitian.

Malang: Puslit IKIP Malang.

Mudiono, Alif. 2009. Pengembangan Model

Pembelajaran Guided Reading Thinking

Activities. di SD Laporan. Hasil Penelitian

Tidak Diterbitkan. Malang: Universitas

Negeri Malang.

Mudiono, Alif. 2009. Pengembangan Model

Pembelajaran Guided Reading dengan Teknik

Directed Reading Thinking Activities di

SD. Laporan Hasil Penelitian Tahap Tahun

Pertama. Malang: Puslit Universitas Negeri

Malang

Mudiono, Alif. 2010. Pengembangan Bahan

Pembelajaran Bahasa Indonesia SD. Malang:

Fakultas Ilmu Pendidikan.

Mudiono, Alif. 2010. Pengembangan Model

Pembelajaran Guided Reading dengan

Teknik Directed Reading Thinking Activities

di SD. Laporan Hasil Penelitian Tahap Tahun

Kedua. Malang: Puslit Universitas Negeri

Malang.

Mudiono, Alif. 2013. Pengembangan Model

Pembelajaran Literasi Fokus Menulis

Narasi dengan Teknik Probing-Prompting

di SD Wilayah Kota Blitar. Laporan Hasil

Penelitian. Penelitian Tahap Pertama. Malang:

Universitas Negeri Malang.

Mudiono, Alif. 2014. Pembelajaran Baca Tulis

Permulaan dengan Menggunakan Metode

Kupas rangkai Suku Kata di SD. Artikel

Konseptual. Malang: FIP Universitas Negeri

Malang.

Downloads

Published

31-07-2024

How to Cite

Mudiono, A., Madyono, S., & Untari, E. (2024). PELATIHAN IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU BERBASIS INOVATIF DAN KREATIF BAGI GURU . Abdimas Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 109–113. https://doi.org/10.17977/um050v1i22018p109-113

Issue

Section

Articles