Pengembangan Stimulasi Motorik Kasar sebagai Metode Optimalisasi Tumbuh Kembang Anak Usia Dini Bagi Guru-Guru di TPA/KB

Authors

  • Wuri Astuti Universitas Negeri Malang
  • Munaisra Tri Tirtaningsih Universitas Negeri Malang
  • Farah Adiba Nailul Muna Universitas Negeri Malang
  • Sri Indah Perwitasari Universitas Negeri Malang
  • Resita Galuh Purnomo Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um050v4i12021p38-45

Keywords:

Desain program, guru TK, stimulasi fisik motorik

Abstract

Program latihan motorik kasar ditujukan kepada guru TPA/KB di Kecamatan Kedungkandang Kabupaten Malang. Pelatihan ini diberikan karena masih kurangnya tenaga pengajar TPA/KB yang memiliki wawasan tentang cara merangsang aspek fisik motorik kasar sesuai dengan tahapan tumbuh kembang anak dan kegiatan desain yang menarik. Metode yang digunakan dalam pelatihan ini menggunakan metode ceramah diskusi dan pemecahan masalah. Metode diskusi dan pemecahan masalah digunakan untuk menyampaikan tentang ciri-ciri perkembangan motorik kasar anak usia dini, penyampaian materi tentang program stimulasi motorik kasar, penyampaian materi mengenai perkembangan kegiatan bermain berbasis program stimulasi motorik kasar untuk anak usia 3 sampai dengan 4 tahun, penerapan kegiatan bermain berbasis program stimulasi motorik kasar untuk anak usia 3 sampai dengan 4 tahun dilaksanakan di lembaga sekolah dengan menggunakan metode praktek langsung dan kooperatif, diskusi dan tanya jawab untuk mengevaluasi dan memperoleh wawasan proses dan hasil kegiatan. Hasil kegiatan pelatihan bahwa peserta telah mampu membuat permainan yang merangsang motorik kasar dengan kreativitas dan inovasi serta keterampilan motorik kasar juga memiliki keterkaitan dengan aspek lain dari kemampuan anak.

References

Agrina, Sahar, J., & Haryati, Rr. T. S. (2012). Karakteristik orang tua dan lingkungan rumah memengaruhi perkembangan balita. Jurnal Keperawatan Indonesia, 15(2), 83–88.

Aisyah, S., Tatminingsih, S., Novita, D., Setiawan, D., Budi, U. L., & Amini, M. (2014). Perkembangan dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini. Universitas Terbuka.

Baggerly, J. (2006). Service learning with children affected by poverty: Facilitating multicultural competence in counseling education students. Journal of Multicultural Counseling and Development, 34(4), 244-255.

Cramer, J. R. (2008). Reviving the Connection Between Children and Nature through service-learning restoration partnerships. Native Plants Journal, 9(3), 278–286.

Fox, L., Han, W.-J., Ruhm, C., & Waldfogel, J. (2013). Time for children: Trends in the employment patterns of parents, 1967–2009. Demography, 50(1), 25–49.

Ismail, A. (2006). Menjadi Cerdas dan Ceria dengan Permainan Edukatif. Yogyakarta: Nuansa Aksara.

Jenkins, A. A., & Sheehey, P. (2009). Implementing Service Learning in Special Education Coursework: What We Learned. Education, 129(4), 668–682.

Montessori, M. (2016). Rahasia Masa Kanak-Kanak. Translated by Ahmad Lintang. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Puspita, W. A. (2014). Pengembangan Program Stimulasi Gerak Untuk Mengoptimalkan Perkembangan Motorik Kasar Bayi Usia 0-< 12 Bulan. Jurnal Ilmiah Visi, 9(1), 36-46..

Rismayanthi, C. (2013). Mengembangkan Keterampilan Gerak Dasar sebagai Stimulasi Motorik Bagi Anak Taman Kanak-Kanak Melalui Aktivitas Jasmani. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 9(1).

Santrock, J. W. (1995). Life Span Development terjemahan Ahmad Chusairi. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Santrock, J. W. (2007). Perkembangan Anak (11th ed.). Jakarta: Penerbit Erlangga.

Suarta, I. N., & Rahayu, D. I. (2018). Model Pembelajaran Holistik Integratif di PAUD Untuk Mengembangkan Potensi Dasar Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 3(1), 37–45.

Ulfah, M. (2019). Pendekatan Holistik Integratif Berbasis Penguatan Keluarga pada Pendidikan Anak Usia Dini Full Day. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 10. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.255

Wahyuni, S., Antara, P. A., & Magta, M. (2020). Stimulasi Metode Service Learning dalam Menumbuhkan Perilaku Prososial Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 8(2), 91-100.

Widodo, W. (2017). Kompetensi Guru Dalam Pengembangan Keterampilan Motorik Kasar Anak Usia Dini Berdasarkan Kualifikasi Akademik. JIV-Jurnal Ilmiah Visi, 12(1), 29–44. https://doi.org/10.21009/JIV.1201.4.

Downloads

Published

29-04-2021

How to Cite

Astuti, W., Tri Tirtaningsih, M., Nailul Muna, F. A., Indah Perwitasari, S., & Galuh Purnomo, R. (2021). Pengembangan Stimulasi Motorik Kasar sebagai Metode Optimalisasi Tumbuh Kembang Anak Usia Dini Bagi Guru-Guru di TPA/KB. Abdimas Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 38–45. https://doi.org/10.17977/um050v4i12021p38-45

Issue

Section

Articles