Pelatihan Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Saintifik bagi Guru Anggota IGTKI

Authors

  • Retno Tri Wulandari Universitas Negeri Malang
  • Wuri Astuti Universitas Negeri Malang
  • Sandy Tegariyani Putri Santoso Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um050v2i32019p170-176

Keywords:

K13, pembelajaran, saintifik

Abstract

Berdasarkan observasi, wawancara dengan pendidik PAUD khususnya guru TK di Kecamatan Tumpang diperoleh data sebagai berikut. (1) Belum semua guru TK di Tumpang memperoleh wawasan yang mendalam mengenai hakikat dari kurikulum 2013. (2) Hampir semua guru TK di Kecamatan Tumpang belum menguasai dan terampil dalam menerapkan pembelajaran berbasis pendekatan saintifik. Sehubungan dengan hal tersebut, maka program studi S1 PGPAUD ikut berpartisipasi melalui program pengabdian kepada masyarakat yaitu pelatihan pengembangan perangkat pembelajaran berbasis pendekatan saintifik bagi guru anggota IGTKI Kecamatan Tumpang. Metode yang digunakan dalam pelatihan ini adalah: (1) ceramah dan Tanya jawab tentang konsep dasar pendekatan saintifik dalam pembelajaran di TK, penyusunan RKH (RPPH) berbasis pendekatan saintifik (2) workshop dan pemberian tugas latihan untuk membuat perangkat pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik dan berbasis kurikulum 2013, (3) simulasi untuk mengujicobakan perangkat pembelajaran yang telah dibuat oleh peserta, (4) diskusi untuk melakukan evaluasi dan mendapat balikan tentang proses maupun hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat.

References

Cain, Sandra, E., & Jack, M. Evans. (1990). Sciencing, an Involvement Approach to Elementary Science Methods, 3rd Edition. Colombus: Merrill Publishing Company.

Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini. (2014). Pedoman Penilaian PembelajaranProgram Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini Nonformal Dan Informal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI

Permendikbud, R. I. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014 Tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Mendiknas..

PERMENDIKBUD, N. 146.(2014). Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini.

Seefeldt, C., & Barbour, N. (1994). Early Childhood Education, An Introduction.Third Edition. New York: Macmillan Colledge Publishing Company.

Sujiono, & Nurani, Y. (2009). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT. Indeks.

Downloads

Published

30-10-2019

How to Cite

Wulandari, R. T., Astuti, W., & Santoso, S. T. P. (2019). Pelatihan Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Saintifik bagi Guru Anggota IGTKI. Abdimas Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3), 170–176. https://doi.org/10.17977/um050v2i32019p170-176

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)