Peningkatan Kualitas Pendidik PAUD Pandan Wangi Melalui Pelatihan dan Penataan Administrasi
DOI:
https://doi.org/10.17977/um050v3i22020p118-123Keywords:
kompetensi pendidik, pelatihan guruAbstract
Permasalahan di lembaga PAUD Pandan Wangi salah satunya adalah bidang ekonomi yang mengacu pada permasalahan tentang kondisi keuangan lembaga dan material kearifan lokal yang belum dimanfaatkan dengan maksimal. Bidang pendidikan mengacu pada permasalahan kurangnya kualifikasi dan kompetensi pendidik PAUD disebabkan oleh latar belakang pendidikan yang belum sesuai dengan standar pendidik PAUD. Program pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi pendidik PAUD dengan melakukan pelatihan guru yang berfokus pada program pengelolaan PAUD, metode pembelajaran, dan pengelolaan kelas serta pelatihan pembuatan produk berbasis kearifan lokal yang bernilai jual. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa materi sesuai dengan kebutuhan dan harpan peserta pelatihan.
References
Danoebroto, S. W. (2015). Teori belajar konstruktivis Piagetdan Vygotsky. Indonesian Digital Journal of Mathematics and Education, 2(3), 191–198.Mathis, R. L. dan J. J. H. (2010). Human Resource Management (13th ed.).Cengage Learning.Nugraha, A. (2005). Pengembangan Pembelajaran Sains Pada Anak Usia Dini. Depdiknas RI.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Febru Puji Astuti, Tuti Hestinarini, Yuli Surohmah, Khilati Adrikni, Melati Retnandhia Putri, Ratih Putri Cahyani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Generic License.