PELATIHAN PENILAIAN HASIL BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU

Authors

  • Harti Kartini Universitas Negeri Malang
  • Lilik Bintartik Universitas Negeri Malang
  • Sri Estu Winahyu Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um050v1i12017p30-36

Keywords:

penilaian hasil belajar, kompetensi profesional guru

Abstract

Pelaksanaan pelatihan penilaian hasil belajar diberikan kepada guru-guru SD Kota Blitar karena berdasarkan hasil studi awal yang dilakukan dengan beberapa guru SD di Kota Blitar terungkap bahwa mereka pada umumnya mengalami kesulitan dalam memahami penilaian dalam Kurikulum 2013. Selain itu hasil penilaian kurang dimanfaatkan secara optimal untuk umpan balik dan untuk perbaikan proses pembelajaran. Kurangnya pemahaman tersebut disebabkan karena sosialisasi Kurikulum 2013 belum menjangkau mereka. Hasil kegiatan menunjukkan guru-guru SD Kota Blitar mendapatkan wawasan pengetahuan, pemahaman konsep penilaian, dan terampil menyusun instrumen penilaian untuk mengukur kompetensi sikap spiritual, sikap sosial, pengetahuan dan keterampilan sesuai panduan penilaian pada Kurikulum 2013

References

Gunawan, I. 2016. Evaluasi Program Pendidikan. Malang: Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang.Griffin, P., dan Nix, P. 1991. Educational Assessment and Reporting. Sydney: Harcout Brace Javanovich Publisher.Permendikbud Nomor 53 Tahun 2015 tentang Penilaian Hasil Belajar oleh Pendidik dan Satuan Pendidikan pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. 2016. Jakarta: Kemdikbud.Permendikbud Nomor 23 Tahun 2016 tentang Standar Penilaian Pendidikan. 2016. Jakarta: Kemdikbud.Popham, W. J. 1995. Classroom Assessment. Boston: Allyn and Bacon.Stark, J. S., dan Thomas, A. 1994. Assessment and Program Evaluation. Needham Heights: Simon & Schuster Custom Publishing.

Downloads

Published

28-11-2017

How to Cite

Kartini, H., Bintartik, L., & Winahyu, S. E. (2017). PELATIHAN PENILAIAN HASIL BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU. Abdimas Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 30–36. https://doi.org/10.17977/um050v1i12017p30-36

Issue

Section

Articles