PENDAMPINGAN PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INOVATIF DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013

Authors

  • Imam Gunawan Universitas Negeri Malang
  • Nurul Ulfatin Universitas Negeri Malang
  • Sultoni Sultoni Universitas Negeri Malang
  • Asep Sunandar
  • Desi Eri Kusumaningrum Universitas Negeri Malang
  • Teguh Triwiyanto Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um050v1i12017p37-47

Keywords:

pendampingan, strategi pembelajaran, kurikulum 2013

Abstract

Pengelolaan aspek pembelajaran yang efektif akan mendorong siswa berpartisipasi secara aktif pada saat proses pembelajaran. Tidak ada strategi pembelajaran yang tepat untuk semua materi dan situasi pembelajaran serta menunjang ketercapaian tujuan pembelajaran. Variasi guru dalam menerapkan strategi pembelajaran menjadi hal yang penting dilakukan dalam kegiatan pembelajaran. Khalayak sasaran kegiatan pendampingan penerapan strategi pembelajaran inovatif dalam implementasi Kurikulum 2013 ini adalah para guru MIS Kecamatan Lowokwaru Kota Malang. Kegiatan akan dilaksanakan di salah satu ruang kelas MI Al Fattah, dengan jumlah khalayak sasaran adalah 17 orang guru. Metode yang digunakan adalah ceramah bervariasi dan praktik ( peer teaching ). Hasil kegiatan pendampingan ini mencakup beberapa komponen, yaitu: (1) keberhasilan target jumlah peserta pendampingan yang hadir yakni 17 orang guru (85%) dari total yang diundang sebanyak 20 orang guru; (2) ketercapaian target materi yang diberikan kepada peserta pendampingan, dan juga ada tambahan pengetahuan tentang implementasi lesson study bagi guru; dan (3) ketercapaian luaran kegiatan pendampingan, yakni RPP berbasis model pembelajaran kooperatif yang disusun oleh guru dan video tampilan mengajar guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif

References

Anggara, R., dan Chotimah, U. 2012. Penerapan Lesson Study Berbasis Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) terhadap Peningkatan Kompetensi Profesional Guru PKn SMP Se-Kabupaten Ogan Ilir. Jurnal Forum Sosial, 5(2): 188-197.

Aunurrahman. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Dimyati, M., dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: PT Rineka Cipta.

Djamarah, S. B. 2005. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif: Suatu Pendekatan Teoritis Psikologis. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Djamarah, S. B. 2010. Hasil Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Hamalik, O. 2004. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Ifa, M. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMK Negeri 3 Boyolangu pada Standar Kompetensi Menerapkan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3). Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 2(2): 715-722.

Ismawati, N., dan Hindarto, N. 2011. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif dengan Pendekatan Struktural Two Stay Two Stray untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 7(1): 38-41.

Karmila, Nurjannah, dan Kade, A. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Balaesang. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako (JPFT), 2(2): 48-51.

Kamus Bahasa Indonesia. 2008. Jakarta: Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional.

Katalog Jurusan Administrasi Pendidikan 2014. 2014. Malang: Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang.

Khairudin. 2007. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Yogyakarta: Nuansa Aksara.

Kusuma, F. W., dan Aisyah, M. N. 2012. Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS 1 SMA Negeri 2 Wonosari Tahun Ajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, X(2): 43-63.

Lie, A. 2002. Cooperative Learning: Mempraktikkan Cooperative Learning di dalam Ruang-ruang Kelas. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.

Mirdanda, A. 2013. Peningkatan Aktivitas Pembelajaran IPS dengan Menggunakan Model Kooperatif Teknik Bertukar Pasangan Kelas V SD. Laporan penelitian tidak diterbitkan. Pontianak: Universitas Tanjungpura.

Mustafa, Yusnani, dan Baharuddin. 2011. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Numbered Head Together (NHT) untuk Meningkatkan Keaktifan dan Penguasaan Konsep Matematika. Jurnal PTK DBE3 Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Decentralized Basic Education 3, 1(1): 7-14.

Nurfaidah, Rahmawati, dan Nurhayati. 2011. Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA melalui Penerapan Model Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD). Jurnal PTK DBE3 Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Decentralized Basic Education 3, 1(1): 33-39.

Pardirla, R. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Teams-Assisted-Individualizatiaon (TAI) terhadap Hasil Belajar Geografi di SMAN 1 Bukit Sundi Kabupaten Solok, (Online), (http://unp.ac.id), diakses 23 Juni 2014.

Putranjaya, P. M. D., Wahyuni, D. S., dan Darmawiguna, I. G. M. 2013. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Inside Outside Circle terhadap Hasil Belajar Siswa. Karmapati, 2(6): 720-725.

Rahardjo, M. 2012. Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Gava Media.

Ratriningsih, W., Sapti, M., dan Ika, W. 2015. Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa melalui Model Pembelajaran Snowball Throwing dengan Alat Peraga. Ekuivalen, 23(4): 240-245.

Roseth, C. J., Garfield, J. B., dan Ben-Zvi, D. 2008. Collaboration in Learning and Teaching Statistics. Journal of Statistics Education, 16(1): 1-15.

Rusman. 2011. Seri Manajemen Sekolah Bermutu: Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Rustaman, N., Dirdjosoemarto, S., Yudianto, S. A., Achmad, Y., Subekti, R., Rochintaniawati, D., dan Nurjhani, M. 2003. Common Text Book Strategi Belajar Mengajar Biologi. Bandung: JICA-IMSTEP-UPI.

Santyasa, I. W. 2009. Implementasi Lesson Study dalam Pembelajaran. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Setiawan, I. G. A. N. 2008. Penerapan Pengajaran Kontekstual Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X-2 SMA Laboratorium Singaraja. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 2(1),42-59.

Sjukur, S. B. 2012. Pengaruh Blended Learning terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa Tingkat SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 2(3): 368-378.

Sudrajat, A. 2008. Lesson Study untuk Meningkatkan Proses dan Hasil Pembelajaran, (Online), (http://akhmadsudrajat.wordpress.com), diakses 10 Desember 2010.

Suraya, S. N. 2013. Peran Asisten Guru (Teaching Assistants) dalam Maksimalisasi Proses Pembelajaran di Kelas. Premiere Educandum Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 3(1): 109-117.

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif: Konsep Landasan dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Vitasari, R., Joharman, dan Suryandari, K. C. 2015. Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Matematika melalui Model Problem Based Learning Siswa Kelas V SD Negeri 5 Kutosari, (Online), (http://www.jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdkebumen/article/download/2226/1640), diakses 2 Maret 2016.

Widayati, T., Lukitasari, M., dan Primiani, C. N. 2011. Pengaruh Strategi Pembelajaran Kooperatif Reciprocal Teaching terhadap Prestasi Belajar Biologi Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Karanganyar. Jurnal Pendidikan, 17(1): 1-11.

Yoshida, M., dan Fernandez, C. 2016. Lesson Study: An Introduction. Tokyo: Global Education Resources.

Downloads

Published

28-11-2017

How to Cite

Gunawan, I., Ulfatin, N., Sultoni, S., Sunandar, A., Kusumaningrum, D. E., & Triwiyanto, T. (2017). PENDAMPINGAN PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INOVATIF DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013. Abdimas Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 37–47. https://doi.org/10.17977/um050v1i12017p37-47

Issue

Section

Articles