Dampak Metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) dan Dukungan Orang Tua terhadap Kemampuan Calistung Siswa SD
Keywords:
SAS method, parents, literacy skills, elementary school, early grade, Metode SAS, Orang tua, Calistung, Sekolah dasar, kelas awalAbstract
The lack of research on the impact of the SAS method and parental support on the literacy skills of elementary school students is the background of this study. Literacy skills are the basis that must be possessed by students to support further understanding. The purpose of the study was to determine the impact of the SAS method and parents in improving literacy skills. The research used databases, namely open knowledge maps, publish or perish, and google scholar. Data collection refers to the PRISMA diagram. Out of 600 articles, 34 articles were used in the research. The data analysis technique was descriptive qualitative. The results showed that the SAS method forms the basis of literacy, increases learning motivation, and advances students' visual and numerical abilities. Parents' role in providing a learning environment encourages students' reading habits. The combination of the SAS method at school and parents significantly improved students' literacy skills.
Minimnya penelitian tentang dampak metode SAS dan dukungan orang tua terhadap kemampuan calistung siswa SD melatarbelakangi penelitian ini. Kemampuan calistung menjadi dasar yang harus dimiliki oleh siswa untuk mendukung pemahaman lebih lanjut. Tujuan penelitian untuk mengetahui dampak metode SAS dan orang tua dalam meningkatkan kemampuan calistung. Penelitian menggunakan database, yakni openknowledge maps, publish or perish, dan google scholar. Pengumpulan data mengacu pada diagram PRISMA. Dari 600 artikel, 34 artikel digunakan dalam penelitian. Teknik analisis data berupa deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan metode SAS membentuk dasar literasi, meningkatkan motivasi belajar, dan memajukan kemampuan visual serta numerik siswa. Peran orang tua dalam menyediakan lingkungan belajar mendorong kebiasaan membaca siswa. Kombinasi metode SAS di sekolah dan orang tua secara signifikan meningkatkan kemampuan calistung siswa.
References
Agwianto, R. R., & Manik, Y. M. (2023). Sistem Pembelajaran Menulis dan Membaca bagi Pemula di Kelas Rendah Kategori Sekolah Dasar. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3(01), 196–203. https://doi.org/10.47709/educendikia.v3i01.2412
Aida, S., & Insanistyo, B. (2023). Penerapan Metode Struktural Analitik Sintetik (Sas) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Dan Keterampilan Memahami Gambar. DIADIK: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 13(1), 195–201.
Ainindya, R. (2022). Pemanfaatan Tekhnik (Strukutral, Analitik, Sintetik) pada Anak yang Terkena Disleksia Ketika Anak Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 3(1), 294–301. Retrieved from https://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/jpdf
Almeida, C. S., Oliveira, L. C. de, Artigo, C. E., Em, A. A. R., Em, A. A. R., Palfrey, J. G. , & G., … Lytle, S. (2016). Penelitian Kualitatif.
Revista Brasileira de Linguística Aplicada (Vol. 5). Retrieved from https://revistas.ufrj.br/index.php/rce/article/download/1659/1508%0Ahttp://hipatiapress.com/hpjournals/index.php/qre/article/view/1348%5Cnhttp://www.tandfonline.com/doi/abs/10.1080/09500799708666915%5Cnhttps://mckinseyonsociety.com/downloads/reports/Educa
Anis, D. Z., Murtiningsih, S., Binamadani, S., Guru, P., & Ibtidaiyah, M. (2022). Struktural Analitik Sintetik Sebagai Metode Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa Sekolah Dasar Structural Analytic Synthetic As A Method To Improve Reading Skills Of Elementary School Students. DIRASAH : Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Dasar, 5(2), 152–160.
Anjanie, G., Destiniar, M. (2022). Pengaruh Metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) Terhadap Belajar Membaca pada Siswa Kelas I SD Negeri 138 Palembang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(4), 1124–1131. Retrieved from https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/5405
Dwi, G. A. A., Intan Sari, F., Apreasta, L., & Keguruan Dan, F. (2021). Penerapan Metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) Terhadap Keterampilan Membaca Permulaan Di Kelas I SD Negeri 01 Padang Laweh Kabupaten Dharmasraya. CONSILIUM Journal: Journal Education and Counseling, 1(2), 206–218.
Dwiki, D. Alamsah. , T. A. Arief. , H. (2023). Pengaruh Metode Struktural Analitik Sintetik (Sas) Berbantuan Audio Visual Terhadap Keterampilan Menulis Permulaan Siswa Sekolah Dasar. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(3), 25–33.
Erlangga, R., Purnia Putri, F., Wardana, B. A., Noviana, R., Larasati, P., & Al Fathin, H. (2022). Upaya Peningkatan Minat Baca Anak Usia Dini Di Kelompok Belajar Jasmin Assalam Desa Gilirejo, Kabupaten Sragen Melalui Metode Sas (Structural, Analytic, Syntatic) Media Bergambar. Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME), 8(4), 2656–5862. https://doi.org/10.36312/jime.v8i4.37976/http
Fikriana, F., Herpratiwi, H., Rusminto, N. E., & Samhati, S. (2024). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Berbasis Metode SAS (Struktural Analitik Sintetik) untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(1), 817–824. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i1.3614
Gahara, H. P. (2023). Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan pada Pembelajaran Bahasa Indonesia dengan Metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) di Kelas 1 SDS PT. Mai Sungai Korang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 27731–27735.
Gundogan, B., Dowlut, N., Rajmohan, S., Borrelli, M. R., Millip, M., Iosifidis, C., … Agha, R. (2020, December 1). Assessing the compliance of systematic review articles published in leading dermatology journals with the PRISMA statement guidelines: A systematic review. JAAD International. Elsevier Inc. https://doi.org/10.1016/j.jdin.2020.07.007
Hetiawati, R. C., Muftianti, A., & Fauzi3, M. R. (2023). Creative of Learning Students Elementary Education Penerapan metode struktural analitik sintetik (SAS) dengan media kartu kata untuk meningkatkan keterampilan menulis permulaan Siswa kelas II. Journal of Elementary Education, 06, 5.
Ikhwah, A. (2023). Penggunaan Metode Membaca SAS (Struktural Analitik Sintetik) untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan pada Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Konsepsi (Vol. 11). Retrieved from https://p3i.my.id/index.php/konsepsi517
Ismu, P. N. D., Setyowati, D., Nahdlatul Ulama Kalbar, U., & Naskah, H. (2022). Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan Analisis Persepsi Guru Kelas I Terhadap Metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) Afiliation. Edu Cendikia : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(1), 157–162. https://doi.org/10.47709/educendikia.v2i1.1506
Isnaeni, D., Rusdiyani, I., & Luluk Asmawati. (2022). Hubungan Antara Perhatian Orangtua Dan Peyediaan Alat Permainan Edukatif (Ape) Dengan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia 4-5 Tahun Di Tk Se Kecamatan Gunung Kencana Kabupaten Lebak. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, 9(1).
Kaunang, M. J. (2021). Peningkatan Hasil Pembelajaran Bahasa Indonesia Menggunakan Model Pembelajaran Struktural Analitik Sintetik (Sas) Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Edu Primary Journal : Jurnal Pendidikan Dasar (Vol. 2). Retrieved from http://ejurnal-mapalus-unima.ac.id/index.php/eduprimar
Latifah, L., & Rahmawati, F. P. (2022). Penerapan Program Calistung untuk Meningkatkan Literasi Numerasi Siswa Kelas Rendah di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 5021–5029. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.3003
Lehan, A. A. D. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Membaca Nyaring Kalimat Sederhana Melalui Penerapan Metode Struktur Analitik Sintetik (SAS) Pada Siswa Kelas I SDK Kateri Kabupaten Malaka (Andriyani Afliyanti Dua Lehan) Peningkatan Hasil Belajar Membaca Nyaring Kalimat Sederhana Melalui Penerapan Metode Struktur Analitik Sintetik (SAS) Pada Siswa Kelas I SDK Kateri Kabupaten Malaka. Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME), 9(2), 2656–5862. https://doi.org/10.58258/jime.v9i1.5057/http
Lestari, T. (2023). Perbandingan Metode Struktural Analitik Sintetik Dengan Metode Abjad Terhadap Ketepatan Dan Kecepatan Membaca Permulaan Siswa Kelas I Sekolah Dasar. VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 14(1), 189–199. https://doi.org/10.31932/ve.v14i1.2265
Litasari, A. (2021). Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas Satu Tunarungu Melalui Metode Struktural Analitik Sintetik. Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus, 5(2), 180–188. Retrieved from http://jpkk.ppj.unp.ac.idhttp://jpkk.ppj.unp.ac.id
Mahendra, Y., Apriza, B., & Rohmani, R. (2022). Learning Loss Pembelajaran Calistung Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(6), 9294–9303. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i6.3798
Mardianto, S., Sugiaryo, & Jumanto. (2023). Pengaruh Metode Struktural Analitik Sintetik terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Peserta Didik Kelas I SD Negeri Gandekan Surakarta Tahun Pelajaran 2022/2023. Jurnal Pendidikan Tambuasa, 7(2), 17112–17129.
Maya Sari, R., Nuzulia Armariena, D., Rizhardi, R., & PGRI Palembang, U. (2022). Pengaruh Metode Struktural Analitik Sintetik (Sas) Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas 1 Sd. | ANTHOR: Education and Learning Journal, 1(2), 101–105.
Mayadiana, S. D., Munir, M., Ayu Wijayanti, D., Pandapotan Marpaung, M., Weraman, P., Putu Agus Dharma Hita, I. (2023). Pendampingan Belajar Siswa Untuk Meningkatkan Kemampuan Calistung Dan Motivasi Belajar. Communnity Development Journal, 4(2), 1234–1239.
Mindaudah, & Edowati Nama Daz, D. (2022). Penggunaan Metode Sas (Struktur Analitik Sintetik) Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Dalam Membaca Permulaan Siswa Kelas Ii Sdn Pucangro 2 Gudo Jombang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 12915–12920.
Novia, Y., Syafitri, V., Apriyanti, S. N., & Yuliyanto, A. (2023). Pemanfaatan Media: Implementasi Metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) Berbantuan Media Papan Bergaris terhadap Keterampilan Menulis Tegak Bersambung Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambuasa, 7(1), 1513–1521.
Nurjanah, S. R. D. W. A. F. (2023). Efektivitas Metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) Berbasis Media Kartu Kata Bergambar terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas 1 SD N 157 Palembang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5(2), 742–749.
Nursuci, A. K., & Kaltsum, H. U. (2022). Penggunaan Metode SAS (Struktural Analitik Sintetik) dalam Pembelajaran Keterampilan Membaca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 5714–5720. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3118
Prawiyogi, A. G., Suparman, T., Prihamdani3, D., & Nadzilah, H.
(2022). Penggunaan Metode Struktural Analitik Sintetik Terhadap Keterampilan Menulis Permulaan, 2(1), 1759–1763.
Purnomo, Sukarjo, & Hartati. (2021). Pengembangan Metode Sas Berbasis Multimedia Berdasarkan Paradigma Pembelajaran Abad 21 Untuk Meningkatkan Keterampilan Literasi Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar. Kreatif : Jurnal Kependidikan Dasar, 11(2), 70–91.
Putri, F. P., Halidjah, S., Pranata, R., Suparjan, & Salimi, A. (2022). Pengaruh Penerapan Metode Struktural Analitik Sintetik Terhadap Keterampilan Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas I Sekolah Dasar Negeri 42 Pontianak Kota. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(6), 9787–9798.
Sari, R. H. Y., Astuti, A. D., & Azzakiyah, L. F. (2023). Implementasi Metode SAS (Struktural Analisis Sintesis) Untuk Stimulasi Calistung Bagi Siswa Sd Islam Terpadu Al-Furqon Palangka Raya. MARTABE : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(2), 387–398.
Siten, D., & Anggita. (2023). Patisipasi Orang tua dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Calistung pada Anak SD Kelas Awal di Pendidikan Luar Sekolah. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(12).
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D.
Suyatno. (2021). Use of Synthetic Analytic Structural Methods (SAS) in Improving Beginning Reading Skills Indonesian Learning. Social, Humanities, and Education Studies (SHEs) : Conferences Series, 4(5), 1238–1249.
Utami, A. A., Nurasiah, I., & Khaleda, I. (2022). Analisis Kemampuan Membaca Nyaring Dengan Metode Struktural Analistik Sintetik (Sas) Pada Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar It Adzkia 3 Sukabumi. ELSE (Elementary School Education Journal) : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 6(1), 194. https://doi.org/10.30651/else.v6i1.11933
Wulandari, H., & Fachrani, P. D. (2023). Analisis Perspektif Orang Tua Terhadap Anak Mahir Calistung Sebagai Persiapan Transisi PAUD. Jurnal Pelita PAUD, 7(2), 423–432. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v7i2.2996
Yang, H. S., Zheng, L., & Huang, Y. (2012). Critical success factors for MES implementation in China. IEEE International Conference on Industrial Engineering and Engineering Management, 9, 558–562. https://doi.org/10.1109/IEEM.2012.6837801