Penerapan Pembelajaran Index Card Match terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Sekolah Dasar

Authors

  • Hanum Aulia Azzahra Universitas Negeri Malang
  • Ni Luh Sakinah Nuraini Universitas Negeri Malang
  • Erif Ahdhianto Univeristas Negeri Malang

Keywords:

pembelajaran, model pembelajaran, model kooperatif, index card match, pemecahan masalah matematika, sekolah dasar

Abstract

This study was conducted to determine whether there are differences in learning outcomes when applying index card match learning with conventional learning to the mathematical problem solving ability of grade V elementary school students. The research method used is an experiment nonequivalent control group design. The sample of the study was 56 students from grade V of SDN Madyopuro 1. The description test was used for the data collection instrument in this study. The results showed that there were significant differences in learning outcomes when applying index card match learning and conventional learning to students' mathematical problem solving abilities.

References

Anggraeni, H. P. T., & Zuhdi, U. (2017). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe icm (index card match) terhadap hasil belajar siswa materi kegiatan ekonomi berdasarkan tempat tinggalnya kelas IV SDN Babatan 1 Surabaya. Jpgsd, 05(03), 358–367. https://media.neliti.com/media/publications/254416-pengaruh-model-pembelajaran-kooperatif-t-34766d66.doc

Annisa, F., & Marlina, M. (2019). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe index card match terhadap aktivitas dan hasil belajar matematika peserta didik. Jurnal Basicedu, 3(4), 1047–1054. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i4.209

Bima, A. F., & Widodo, W. (2017). Penerapan strategi pembelajaran index card match untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi termodinamika. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 8(1), 26–31. https://doi.org/10.26877/jp2f.v8i1.1333

Cahyani, H., & Setyawati, R. W. (2016). Pentingnya peningkatan kemampuan pemecahan masalah melalui pbl untuk mempersiapkan generasi unggul menghadapi MEA. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 151–160.

Djamarah, S. B., & Zain, A. (2014). Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta.

Faturrohman, M. (2015). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Ar-Ruzz Media.

Frasticha, Fathurrohman, M., & Jaenudin. (2016). Pengaruh model pembelajaran assurance , relevance , interest , assessment , satisfaction dengan strategi active learning tipe index card match terhadap kemampuan pemecahan masalah matematik siswa SMA. JPPM (Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika), 9(2), 222–229. http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JPPM/article/download/1000/1778

Hartiningrum, E. S. N., & Ula, N. S. (2019). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe index card match terhadap hasil belajar matematika siswa. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 7(2), 79–86. https://doi.org/10.26858/publikan.v10i3.15159

Khusniah, Z., Linguistika, Y., Ahdhianto, E., & Malang, U. N. (2022). Analisis peningkatan minat belajar siswa dengan menggunakan model game-based learning pada pembelajaran matematika materi pecahan kelas V SDN PW 01. PRIMARY: JURNAL PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR, 11(2), 613–622. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v11i2.8808

Manah, N. K., Isnarto, & Wijayanti, K. (2017). Analysis of mathematical problem solving ability based on student learning stages polya on selective problem solving model. Unnes Journal of Mathematics Education, 6(1), 19–26. https://doi.org/10.15294/ujme.v6i1.10855

Marbun, J., & Nainggolan, J. (2021). Penerapan model active learning tipe indeks card match untuk meningkatkan kemampuan komunikasi dan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi statistika di kelas XI SMA N 1 Kutalimbaru T.A. 2020/2021. Jurnal Curere, 5(2), 68. https://doi.org/10.36764/jc.v5i2.647

Mulyati, T. (2016). Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa sekolah dasar (mathematical problem solving ability of elementary school students). EDUHUMANIORA: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2), 1–20.

Nengsih, L. W., Susiswo, S., & Sa’dijah, C. (2019). Kemampuan pemecahan masalah matematika siswa sekolah dasar dengan gaya kognitif field dependent. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(2), 143. https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i2.11927

Nuraini, N. L. S., Selfi Cholifah, P., & Cahyo Laksono, W. (2018). Mathematics errors in elementary school: a meta-synthesis study. 244(Ecpe), 148–151. https://doi.org/10.2991/ecpe-18.2018.32

Nurhidayah, I., & Syafik, A. (2014). Meningkatkan motivasi dan hasil belajar matematika melalui active learning dengan strategi index card match. EKUIVALEN: Jurnal Pendidikan, 11(1), 23–28. https://doi.org/https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v11i1.1592

Nuryadi, & Anita, A. (2019). Pengaruh metode index card match (mencari pasangan kartu) terhadap keaktifan siswa dan kemampuan pemecahan masalah pada pembelajaran matematika di kelas VIII SMPN 1 Seyegan. Eduscope, 5(1).

Pratiwi, D. T., & Alyani, F. (2022). Kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas V SD pada materi pecahan. Journal for Lesson and Learning Studies, 5(1), 136–142. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jlls.v5i1.49100

Silberman. (2016). 101 Strategi Pembelajaran Aktif. Pustaka Insan Madan.

Sugiyono. (2016). METODE PENELITIAN KUANTITATIF, KUALITATIF, DAN R&D. Alfabeta.

Suprijono, A. (2014). Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Pustaka Pelajar.

Tias, I. W. U., Putri, B. D., & Pratiwi, D. (2020). Pengaruh strategi pembelajaran aktif tipe index card match terhadap hasil belajar peserta didik di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1315–1325. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.553

Yuniantika, D. (2018). Penerapan metode pembelajaran index card match untuk meningkatkan minat dan prestasi belajar matematika siswa kelas III SD N Wirokerten Yogyakarta. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 4, 347–352.

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Azzahra, H. A., Nuraini, N. L. S., & Ahdhianto, E. (2023). Penerapan Pembelajaran Index Card Match terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 32(2), 201–211. Retrieved from https://journal-fip.um.ac.id/index.php/sd/article/view/808

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)