PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA GRAFIS DAN MEDIA PAPAN UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN GURU

Authors

  • Sulthoni Sulthoni Universitas Negeri Malang
  • Usep Kustiawan Universitas Negeri Malang
  • Sihkabuden Sihkabuden Universitas Negeri Malang
  • Agus Wedi Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um050v1i12017p82-86

Keywords:

media grafis, media papan, kualitas pembelajaran

Abstract

Guru sekolah dasar (SD) / madrasah ibtidaiyah (MI) sebagai tenaga pendidik
profesional yang berperan sebagai fasilitator dalam pembelajaran dituntut kreativitasnya untuk
menggali potensi sumber dan media pembelajaran yang ada di lingkungannya agar dapat
membelajarkan muridnya secara berkualitas. Agar dapat jadi fasilitator yang baik guru SD/MI
diharapkan dapat membekali diri dengan wawasan dan keterampilan pengembangan desai dan
pembuatan media pembelajaran sehingga guru dapat menjalankan perannya dengan baik. Tanpa
bekal yang cukup guru SD/MI tidak akan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dalam
melaksanakan tugasnya. Kenyataannya menunjukkan bahwa para guru SD/MI Kecamatan
Pujon Kabupaten Malang pada umumnya mengalami kesulitan dalam meningkatkan kualitas
dan efektivitas pembelajaran di SD/MI masing-masing. Keadaan ini disebabkan kurangnya
sarana dan prasarana yang dapar menunjang keaktifan dan kesenangan murid dalam belajar juga
karena para guru belum memiliki wawasan dan keterampilan yang memadai untuk membuat
media pembelajaran yang menyenangkan bagi anak. Oleh karena itu, satuan tugas (satgas)
memberi pelatihan pembuatan media grafis dan media papan untuk meningkatkan kualitas
pembelajaran bagi guru-guru SD/MI Kecamatan Pujon Kabupaten Malang yang pada akhirya
dapat meningkatkan kualitas pendidikan di sekitar khalayak sasaran.

References

Arsyad, A. 2010. Media Pembelajaran. Jakarta:

Rajawali Press.

Criticos, C. 1996. Media selection. Dalam

Plomp, T., & Ely, D. P. (Eds.)., International

Encyclopedia of Educational Technology.

New York: Elsevier Science, Inc.

Dole, J. A. & Sinatra, G. M. 1998. Reconceptualizing

Change in the Cognitive Construction of

Knowledge. Educational Psichologist, 33(3),

-128.

Heinich, R. 1993. Instructional Media and the

New Technologies of Instruction. New York:

McMillan Publishing Company.

Heinich, R., Molenda, M., Russell, J. D., &

Smaldino, S. E. 2002. Instructional Media

and Technology for Learning. New Jersey:

Prentice Hall, Inc.

Ibrahim. 2005. Media Pembelajaran. Malang:

Universitas Negeri Malang.

Kustiawan, U. 2012. Sumber dan Media

Pembelajaran Anak Usia Dini. Malang:

Universitas Negeri Malang.

Morrison, G. S. 1988. Education and Development

of Infanis: Toddlens and Pre-schoolers.

London: Scott, Foresman Company.

Downloads

Published

28-11-2017

How to Cite

Sulthoni, S., Kustiawan, U., Sihkabuden, S., & Wedi, A. (2017). PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA GRAFIS DAN MEDIA PAPAN UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN GURU. Abdimas Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 82–86. https://doi.org/10.17977/um050v1i12017p82-86

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)