Pelatihan Sistem Informasi Pembelajaran Anak Usia Dini bagi Lembaga PAUD
DOI:
https://doi.org/10.17977/um050v4i12021p26-32Keywords:
Sistem informasi, pembelajaran anak usia dini, pendidikAbstract
Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk (1) meningkatkan pengetahuan pendidik tentang sistem informasi pembelajaran anak usia dini dan (2) meningkatkan kemampuan pendidik PAUD dalam mengaplikasikan sistem informasi pada proses pembelajaran. Kegiatan pelatihan dilaksanakan melalui penyampaian materi, diskusi, dan latihan penggunaan sistem informasi pada proses pembelajaran. Pelatihan dilaksanakan dalam dua tahap yaitu; pengenalan sistem informasi pembelajaran anak usia dini dan praktek langsung penggunaan. Kegiatan ini memberi dampak positif bagi pendidik PAUD hal ini ditunjukkan dengan hasil pelatihan sebanyak 75 persen dari 30 pendidik PAUD se Kecamatan Lowokwaru memiliki pengetahuan tentang sistem informasi pembelajaran anak usia dini dan 83,3 persen pendidik dapat mengoperasikan sistem informasi pembelajaran anak usia dini melalui pendampingan.
References
Aka, K. A. (2017). Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi (Tik) Sebagai Wujud Inovasi Sumber Belajar di Sekolah Dasar. Else (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1(2a), 10.
Anih, E. (2016). Modernisasi Pembelajaran Di Perguruan Tinggi Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi Memasuki Abad 21. Judika (Jurnal Pendidikan Unsika), 4(2).
Badrudin, B., & Nurdin, R. (2019). SIM (Sistem Informasi Manajemen) Kurikulum Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Berbasis CMS Wordpress. Ta'dib, 22(1), 1-12. https://doi.org/10.31958/jt.v22i1.1416
Dewi, S. Z., & Hilman, I. (2019). Penggunaan TIK sebagai Sumber dan Media Pembelajaran Inovatif di Sekolah Dasar. Indonesian Journal of Primary Education, 2(2), 48. https://doi.org/10.17509/ijpe.v2i2.15100
Eliyawati, C. (2005). Pemilihan dan pengembangan sumber belajar untuk anak usia dini. Jakarta: Depdiknas.
Gonadi, L. (2017, September). The Development of Early Childhood E-Port In The Implementation Of Authentic Assessment In Early Childhood Institutions. In 9th International Conference for Science Educators and Teachers (ICSET 2017) (pp. 547-552). Atlantis Press. https://doi.org/10.2991/icset-17.2017.90
Indrajit, R. E. (2011). Peranan teknologi informasi pada perguruan tinggi. Paradigma, Konsep, Strategi Implementasi. Jakarta: APTIKOM.
Keengwe, J., & Onchwari, G. (2009). Technology and early childhood education: A technology integration professional development model for practicing teachers. Early Childhood Education Journal, 37(3), 209.
Kurniawan, F., Rakhmawati, N. A., Zuhri, M., & Sugiyanto, W. T. (2017). Indonesia local government information completeness on the web. Procedia Computer Science, 124, 21-28. https://doi.org/10.1016/j.procs.2017.12.125
Prastowo, A. (2011). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif: Menciptakan Metode Pembelajaran Yang Menarik dan Menyenangkan. Yogyakarta: Diva Press.
Rusman, D. K., & Riana, C. (2011). Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi: Mengembangkan Profesi Guru. Depok: Rajagrafindo Persada.
Surahman, E., Sulthoni, S., Ulfa, S., Husna, A., Ramdiana, H., At Thaariq, Z. Z., Setiawan, A. B., & Qolbi, M. S. (2020). Pelatihan Micro Learning Object Berbasis TPACK bagi Guru-Guru SMA di Garut. Abdimas Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat, 3(1), 1. https://doi.org/10.17977/um050v3i1p1-14
Suyadi. (2011). Manajemen PAUD , TPA-KB-TK/RA: Mendirikan, Mengelola dan Mengembangkan PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini). Pustaka Pelajar.
Swafford, J., & Findell, B. (2001). Adding it up: Helping children learn mathematics (Vol. 2101). J. Kilpatrick, & National research council (Eds.). Washington, DC: National Academy Press.. https://doi.org/10.17226/9822
Yus, A. (2011). Model Pendidikan Anak Usia Dini. Kencana Prenada Media Group.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Leni Gonadi, Retno Tri Wulandari, Ellyn Sugeng Desyanty
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Generic License.